inspirasi

Contoh Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui, Wajib Diketahui

Penulis:   | 

Berdasarkan sifat kelestariannya, sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Kedua jenis sumber daya alam tersebut memiliki peran dan manfaat masing-masing.

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang kemudian dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak menggunakan sumber daya alam secara berlebihan dan sebaiknya menggunakannya secara bijaksana.

Tujuannya, agar kelestarian ekosistem tidak terganggu sehingga bisa menunjang keberlangsungan hidup manusia.

Kali ini kita akan membahas tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui beserta contoh dan manfaatnya.

Baca juga: 4 Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Pengertian sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui yang Wajib Diketahui

(foto: istockphoto)

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang tidak akan pernah habis walaupun digunakan dalam jumlah besar secara terus menerus.

Berbeda dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, yang akan habis jika penggunaanya tidak dibatasi dan secara berlebihan.

Dikatakan sebagai sumber daya alam yang tidak akan pernah habis karena memiliki kemampuan untuk regenerasi atau pemulihan.

Sehingga, jika keberadaannya sedikit berkurang, ia maka akan melakukan regenerasi agar pulih kembali.

Akan tetapi, meskipun keberadaannya sangat melimpah, namun harus penggunaannya harus dibatasi agar tidak menimbulkan kesenjangan.

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Ada beberapa contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, yakni air, tumbuhan, udara, tanah, dan matahari.

Masing-masing dari mereka juga memiliki manfaat penting. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak penjelasannya berikut ini.

1. Air

Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui yang Wajib Diketahui

(foto: pexels)

Air merupakan senyawa kimia yang memiliki peran sangat penting bagi semua makhluk hidup, khususnya manusia. Tanpa adanya air, tidak akan ada kehidupan di bumi.

Air tersusun dari dua unsur kimia yakni hidrogen dan oksigen. Kedua unsur kimia tersebut kemudian berubah bentuk menjadi sebuah gas, cair, dan padat.

Dikatakan air memiliki peran penting bagi kehidupan manusia adalah karena ia bersifat pelarut sehingga bisa melarutkan apa saja, khususnya pada metabolisme manusia.

Tidak hanya itu, air juga dikatakan sebagai sumber kehidupan di bumi. Sebab, Semua makhluk di bumi ini sangat membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup. Bisa dipastikan bahwa jika tidak ada air, maka tidak akan ada kehidupan.

Air memiliki beberapa manfaat penting, yang pertama adalah sebagai air minum. Semua makhluk hidup, terutama manusia membutuhkan air untuk minum agar bisa tetap sehat.

Mengingat, di dalam tubuh manusia terdapat susunan air lebih besar sehingga membutuhkannya untuk bertahan hidup.

Dengan minum air yang cukup, tubuh akan tetap terhidrasi. Tentu saja, berbagai penyakit yang akan timbul karenanya bisa terhindari.

Selain sebagai air minum, manfaat lain dari air adalah untuk memasak. Seperti yang kita tahu, saat kita memasak air sangat diperlukan. Contohnya, saat kita memasak nasi, air berperan penting untuk membantu nasi menjadi tanak lebih mudah dan cepat.

Manfaat air selanjutnya adalah untuk mencuci baju, mandi, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Air bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti sungai, laut, danau, waduk, dan sumur.

2. Tumbuhan

Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui yang Wajib Diketahui

(foto: pexels)

Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang cukup mudah ditemui di sekeliling kita. Ia memiliki ciri seperti berdaun hijau, karena terdapat klorofil di dalamnya. Ia juga tidak bisa bergerak sendiri.

Terdapat ribuan bahkan jutaan jenis tumbuhan yang hidup di bumi. Masing-masing dari mereka memiliki ciri yang berbeda

Tumbuhan memiliki struktur diantaranya, akar, batang, ranting, dan daun. Dimana semua struktur tersebut memiliki peran dan fungsi masing-masing.

Tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri, yakni dengan cara berfotosintesis dengan bantuan cahaya matahari.

Itulah mengapa daun berwarna hijau karena terdiri dari susunan klorofil di dalamnya yang berperan penting dalam proses fotosintesis.

Manfaat tumbuhan bagi manusia adalah sebagai obat-obatan. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak jenis tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan.

Tidak hanya itu, tumbuhan juga bermanfaat sebagai bahan makanan, mengingat manusia juga membutuhkan konsumsi sayur untuk mencukupi serat dan vitamin harian agar metabolisme berjalan dengan lancar.

Akan tetapi, manfaat tumbuhan yang paling penting adalah sebagai pemasok oksigen, dimana zat tersebut sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk khususnya manusia untuk bernapas dan bisa bertahan hidup.

Oleh karenanya, diwajibkan bagi seluruh masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat tumbuhan agar bisa mendapatkan manfaat baiknya.

Baca juga: 4 Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia, Cara Menyikapi dan Manfaat

3. Udara

Sumber Daya Alam yang dapat Diperbaharui yang Wajib Diketahui

(foto: istockphoto)

Udara merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup, terutama manusia. Tanpa adanya udara, maka kita akan mati karena tidak bisa bernapas.

Udara terdiri dari berbagai gas yang ada di permukaan bumi. Ia tidak berbau, tidak nampak, dan tidak ada rasa. Lantas, bagaimana kita bisa merasakan adanya udara?

Udara bisa kita lihat dan rasakan ketika ada angin yang menggerakkan benda di sekitar. Selain itu, kita bisa melihatnya ketika sudah berbentuk asap.

Sebab, partikel penyusun asap lebih banyak dan berwarna sehingga bisa menyerap cahaya.

Udara memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Manfaat pertama adalah untuk bernapas.

Hal ini dikarenakan udara mengandung oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan hewan.

Tidak hanya pada manusia dan hewan, manfaat udara juga bisa dirasakan oleh tumbuhan, yakni melalui proses fotosintesis.

Dalam proses tersebut, tumbuhan membuat makanan sendiri dengan bantuan cahaya matahari, klorofil juga udara untuk memasok nutrisi yang dibutuhkan.

Manfaat udara lainnya adalah sebagai penyejuk. Suhu tubuh manusia berubah-ubah, yakni dingin dan panas.

Ketika tubuh melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, maka suhu tubuh akan meningkat dan terasa panas.

Oleh sebab itu, tubuh membutuhkan udara untuk menyejukkan suhu tubuh kembali.

Udara juga memiliki manfaat sebagai jaringan komunikasi pada beberapa alat seperti ponsel, radio, televisi, dan internet.

Semua alat tersebut membutuhkan udara untuk menghantarkan gelombang radio sehingga menghasilkan jaringan komunikasi.

4. Tanah

Tanah

(foto: istockphoto)

Tanah merupakan kumpulan batuan yang telah lapuk dalam waktu yang cukup lama. Umumnya tanah dibagi menjadi dua jenis yakni tanah organik dan tanah nonorganik.

Tanah organik dibentuk dari bahan-bahan organik yang sudah larut, sehingga warnanya hitam. Seiring berjalannya waktu, ia akan berubah bentuk menjadi batu bara.

Kandungan mineral dalam tanah ini sangatlah miskin, namun dengan tingkat keasaman yang tinggi.

Akibatnya, ia tidak bisa menyimpan air dalam waktu yg lama sehingga tanaman yang tumbuh di atasnya tidak dapat menghasilkan buah yang maksimal.

Sementara, tanah nonorganik merupakan tanah yang kaya akan mineral dengan tekstur seperti pasir, lempung, debu, atau campuran ketiganya.

Manfaat tanah adalah sebagai tempat penguraian makhluk hidup. Contohnya, ketika hewan mati dan dikubur, maka seriring berjalannya waktu, ia akan terurai dan menjadi fosil yang akhirnya membentuk strutur tanah.

Tidak hanya itu, tanah juga bermanfaat untuk menjadi media tanam. Kondisi tanah akan menentukan keberhasilan pertumbuhan tumbuhan sehingga dapat menghasilkan panen yang berlimpah.

Manfaat tanah yang tak kalah pentingnya adalah sebagai penyedia air bersih dan penghalang banjir. Kondisi tanah yang masih luas seperti di pedesaan, mampu menyerap air lebih baik sehingga banjir dapat dicegah.

Tanah yang luas juga menyediakan air bersih lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan, air hujan yang masuk akan langsung diserap dan dikelola dengan baik sehingga air bersih melimpah.

Berbeda dengan tanah di perkotaan yang jumlahnya semakin menipis akibat pembangunan. Sehingga, jika terjadi hujan dalam waktu yang cukup lama, akan terjadi banjir karena tanah tidak bisa menyerap air secara maksimal.

5. Matahari

Matahari

(foto: adobestock)

Matahari merupakan pusat tata surya yang dikelilingi oleh bumi. Ia merupakan salah satu bintang yang paling dekat dengan bumi. Oleh sebab itu, cahaya yang dihasilkan cukup terang dan mampu menyinari bumi di siang hari.

Matahari memiliki manfaat yang sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi.

Manfaat pertama adalah sebagai panel surya yang dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik. Dapat dikatakan bahwa sinar matahari merupakan media penerangan bagi kehidupan di bumi.

Selain itu, matahari bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari, seperti menjemur pakaian, menjemur makanan, dan masih banyak lainnya. Sinar matahari juga bisa memberikan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sementara, manfaat sinar matahari bagi tumbuhan adalah untuk membantu proses fotosintesis atau membuat makanan.

Dalam proses fotosintesis ini, tumbuhan akan menghasilkan oksigen yang mana sangat dibutuhkan oleh manusia.

Manfaat sinar matahari bagi hewan adalah untuk menghangatkan tubuh. Sinar matahari akan diserap sehingga tubuh akan menjadi lebih hangat.

Dengan demikian, hewan yang mendapatkan sinar matahari cukup, tubuhnya menjadi lebih sehat.

Akhir kata

Demikianlah penjelasan menganai sumber daya alam yang dapat diperbaharui beserta contoh dan manfaatnya. Bijaklah dalam menggunakan sumber daya alam agar tidak terjadi kesenjangan dan kerusakan alam.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.