film

Sinopsis The Dig, Cerita Penemuan Arkeologi Kuburan Kapal Anglo-Saxon

By  | 

Tahun 2021 menjadi tahun bersejarah untuk novel The Dig yang ditulis oleh John Preston. Mengawali tahun ini, versi film dari novel ini resmi dirilis.

Novel tersebut ditulis pada 2007 dan diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama melalui arahan sutradara Simon Stone.

Ia sendiri memulai debut sebagai sutradara lewat The Daughter yang secara perdana dirilis pada Festival Film Internasional Toronto pada 2015.

Sutradara Stone juga pernah memenangkan kategori Skenario Adaptasi Terbaik dalam The Australian Academy of Cinema and Television Arts (AACTA) Awards.

Baca juga: Sinopsis Finding Ohana, Petualangan untuk Mencari Harta Karun

Pada film terbarunya ini, Carey Mulligan menjadi pemeran utama. Sebelumnya ia menjadi pengisi suara dalam film animasi A Christmas Carol yang mulai ditayangkan pada 2020.

Tidak sendirian, ada dua nama lagi yang juga terlibat sebagai pemeran utama yakni Ralph Fiennesbdan Lily James.

Adapun beberapa aktor dan aktris yang menjadi pemeran pendamping di antaranya ada Johnny Flynn, Ben Chaplin, Ken Stott, Archie Barnes, dan Monica Dolan.

Sinopsis The Dig, Cerita Penemuan Arkeologi Kuburan Kapal Anglo-Saxon

(foto: netflix)

The Dig mencoba menggambarkan kembali peristiwa penggalian Sutton Hoo yang terjadi pada 1939. Penggalian tersebut merupakan penggalian arkeologi yang paling terkenal yakni penemuan kuburan kapal Anglo-Saxon.

Dikisahkan, Edith Pretty (Carey Mulligan) merupakan seorang janda yang memiliki tanah di mana kuburan kapal itu berada.

Suatu ketika, perempuan kaya raya ini menyadari bahwa ada bangkai kapal yang tersembunyi di dalam tanahnya.

Baca juga: Sinopsis June & Kopi, Jalinan Persahabatan Antara Manusia dan Anjing

Ia kemudian menyewa seorang arkeolog amatir bernama Basil Brown (Ralph Fiennes) untuk melakukan penggalian. Turut serta pula Peggy Preston (Lily James) dalam penemuan ini.

Awalnya, Edith mendanai proyek penggalian ini sendiri. Namun mengingat betapa berharganya penemuan ini, ia mulai menghubungi pemerintah. Proses penggalian berlangsung dramatis diwarnai ketegangan dan air mata.

Cerita penemuan arkeologi kuburan kapal Anglo-Saxon ini dapat kamu tonton dalam The Dig yang tayang pada 29 Januari 2021 di Netlix.