film

Sinopsis Chernobyl 1986, Tragedi Bencana Nuklir Terburuk dalam Sejarah

Penulis:   | 

Netflix menghadirkan film blockbuster asal Rusia, Chernobyl 1986. Kisahnya diangkat dari bencana pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl.

Film ini diciptakan oleh Danila Kozlovsky, yang paling dikenal oleh khalayak internasional karena perannya sebagai Pangeran Oleg dalam acara Viking di jaringan History.

Plot cerita Chernobyl 1986 berpusat pada petugas pemadam kebakaran bernama Alexey yang bersatu lagi dengan cintanya yang hilang.

Alexey memutuskan pensiun dari damkar pensiun dan memulai hidup baru. Namun, bencana Chernobyl menjerumuskannya kembali dalam bahaya.

Baca juga: Sinopsis Deep, Empat Mahasiswa Kedokteran Insomnia Terjebak Eksperimen

Sang tokoh utama, Alexey, bekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, tapi berniat pindah ke Kiev, agar tidak menyia-nyiakan hidupnya di daerah terpencil.

Akibat unit listrik meledak, Alexey harus melupakan relokasi dan malah pergi ke episentrum bencana untuk mencegah penyebaran radiasi ke Eropa.

Chernobyl 1986 dibintangi oleh nama-nama yang sudah dikenal di industri perfilman Rusia seperti Danila Kozlovsky, Oksana Akinshina dan Filipp Avdeev.

Sinopsis Chernobyl 1986, Tragedi Bencana Nuklir Terburuk dalam Sejarah

(foto: imdb)

Tragedi Chernobyl, yang mengilhami serial mini HBO yang sukses pada 2019, masih belum pernah diangkat ke dalam film oleh Rusia. Chernobyl 1986 menjadi yang pertama.

Penulis naskah menunjukkan bahwa itu tidak boleh dilihat sebagai upaya lain untuk memeriksa mentalitas struktur manajemen Soviet atau mengidentifikasi pelakunya.

Sebaliknya, ini adalah film bencana yang lebih berfokus pada drama kehidupan karakter utama, dengan latar belakang peristiwa tragis tersebut.

Pada 25 dan 26 April 1986, bencana nuklir terburuk dalam sejarah terjadi di Ukraina Utara ketika sebuah reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir meledak dan terbakar.

Baca juga: Sinopsis A Perfect Fit, Kisah Cinta Refal Hady dan Nadya Arina di Bali

Insiden yang hinga sekarang masih diselimuti kerahasiaan tersebut merupakan momen penting dalam Perang Dingin dan sejarah tenaga nuklir.

Lebih dari 30 tahun kemudian, para ilmuwan memperkirakan zona di sekitar bekas pabrik tidak akan dapat dihuni hingga 20 ribu tahun ke depan.

Diduga penyebab ledakan karena cacat desain reaktor dan pelanggaran protokol yang serius selama uji keamanan pemadaman listrik simulasi.

Chernobyl 1986 bisa disaksikan mulai 21 Juli 2021 di Netflix. Bagi kamu pecinta film bencana, yang satu ini tentu saja tidak boleh terlewatkan.

Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments