lifestyle

Persahabatan Awet Hingga Usia Tua Bisa Diciptakan dengan 5 Cara Ini

By  | 

Seperti yang diketahui, setiap manusia pasti membutuhkan manusia lainnya untuk menjalani kehidupan, sahabat misalnya.

Ya, rasanya hampir setiap orang memiliki sahabat di dalam hidupnya. Jika teman hanya ada di saat-saat tertentu saja, maka beda dengan sahabat yang akan selalu ada di samping kamu.

Tidak sedikit persahabatan yang awet hingga tua, dan tidak sedikit juga yang akhirnya kandas karena ada berbagai persoalan yang menyebabkan hubungan persahabatan tidak awet.

Lantas bagaimana caranya agar persahabatan bisa awet hingga usia tua? Dilansir dari psychologytoday, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Inilah 10 Ciri Pria yang Layak Kamu Nikahi, Apa Saja?

1. Jujur

Persahabatan Awet Hingga Usia Tua Bisa Diciptakan dengan Cara ini

(foto: unsplash/bewakoofofficial)

Hubungan yang dilandaskan atas dasar kepura-puraan atau kebohongan pastinya tidak akan bertahan lama dan nantinya akan mengecewakan kedua belah pihak.

Untuk mendapatkan hubungan persahabatan yang baik, tentunya kejujuran sangan dibutuhkan. Kalau memang tidak ada kejujuran diantara kalian, berarti hubungan kalian bukanlah persahabatan.

Jika sebelumnya hubungan persahabatan memburuk, dengan berkata jujur pastinya akan menghangatkan hubungan kembali.

Seorang sahabat akan sangat membantu untuk kamu lebih mengenal diri, karena secara tidak langsung sebenarnya dia lah yang memang lebih mengenal dirimu.

2. Meminta maaf sesuai kepribadian si dia

Persahabatan Awet Hingga Usia Tua Bisa Diciptakan dengan Cara ini

(foto: freepik)

Kata “maaf” memang sederhana tapi berjuta maknanya. Dengan kata maaf, hubungan yang buruk akan dapat terjalin dengan baik kembali.

Meminta maaf selama ini identik dengan seseorang yang membuat kesalahan, padahal kenyataannya tidak selalu begitu.

Bisa saja orang yang meminta maaf bertujuan untuk merekatkan hubungan kembali dan tidak ingin ada perselisihan di dalam hidupnya, apalagi dengan sahabat sendiri.

Setiap orang punya kepribadian yang berbeda-beda jadi cobalah untuk meminta maaf sesuai dengan kepribadian sahabatmu itu.

Setelah bersahabat sekian lama, tentunya kamu akan mengenal kepribadian si dia lebih jauh lagi bukan? Jadi kamu akan tau bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan egonya yang tinggi.

Karena jika kamu minta maaf yang tidak sesuai dengan kepribadiannya, bisa saja si dia malah makin menjauh ataupun kesal denganmu.

3. Meluangkan waktu untuk bertemu dan berkomunikasi

Persahabatan Awet Hingga Usia Tua Bisa Diciptakan dengan Cara ini

(foto: unsplash/reeneyjenkins)

Pernahkah kamu merasakan saat dulu masih kecil pernah memiliki sahabat baik tapi sekarang kamu sudah tidak mengetahui keberadaannya lagi?

Sebenarnya banyak kejadian seperti ini, dan salah satunya disebabkan karena kedua belah pihak tidak meluangkan waktu untuk bertemu secara berkala atau berkomunikasi.

Komunikasi sangat penting dalam hubungan agar hubungan yang renggang bisa menjadi dekat kembali dan menjaga hubungan yang memang sudah dekat.

Jika kamu dan dia memang sama-sama sibuk, jangan lupa untuk sekedar menghubungi via media sosial ya.

Baca juga: Bisa Merubah Hidupmu, Ini 8 Manfaat Time Management

4. Jangan terlalu berharap

Persahabatan Awet Hingga Usia Tua Bisa Diciptakan dengan Cara ini

(foto: unsplash/derstudi)

Hindari terlalu berharap dengan orang lain, meskipun dia sahabatmu sendiri. Karena orang lain (termasuk sahabat) sangat mungkin untuk membuat kamu merasa kecewa.

Sebaiknya kamu mengetahui atau sadar untuk tidak terlalu berharap dengan orang terdekat. Sudah banyak orang yang terlalu berharap kepada orang lain dan akhirnya dikecewakan.

5. Mengasihi

Persahabatan Awet Hingga Usia Tua Bisa Diciptakan dengan Cara ini

(foto: unsplash/jtylernix)

Setiap orang memiliki sifat buruknya dan tidak terkecuali dirimu. Jika kamu merasa bahwa sahabatmu itu melakukan hal buruk atau yang menyinggung perasaanmu, cobalah untuk memaafkannya.

Hindari memusuhi atau menjauhkannya, karena hal ini hanya akan membuat hubungan kalian semakin memburuk.

Persahabatan yang baik tidak akan menuntut, tapi akan selalu saling mengasihi. Jangan biarkan emosi mengendalikanmu ya!

Tidak semua orang bisa dijadikan sebagai sahabat, karena umumnya jumlah sahabat akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan teman. Maka dari itu sangat penting rasanya untuk menjaga persahabatan hingga tua.