lifestyle

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Cegah Penuaan Dini

Penulis:   | 

Manfaat lidah buaya untuk wajah bisa kamu dapatkan ketika menggunakan tanaman tersebut secara rutin.

Seperti yang kita tahu bahwa lidah buaya atau yang biasa dikenal dengan sebutan aloe vera, memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh, terutama untuk kecantikan.

Ada banyak permasalahan wajah yang kerap datang pada sebagian besar orang, baik pria maupun wanita, seperti kulit kering, kusam, berjerawat, komedo, dan masih banyak lainnya.

Permasalahan pada wajah tersebut jika tidak segera ditangani maka dapat merusak penampilan sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Oleh sebab itu, diperlukan cara untuk merawat kulit dan juga mengatasi masalah kecantikan yang bisa timbul kapan saja.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah yang wajib kamu ketahui, diantaranya:

Baca juga: 8 Obat Batuk Kering Ampuh dan Efektif

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Cegah Penuaan Dini

1. Mencegah penuaan dini

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Cegah Penuaan Dini

(foto: adobestock)

siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah tampak awet muda? Semua orang khussunya pasti wanita pasti menginginkan itu.

Sayangnya, tidak sedikit dari mereka mengalami penuaan dini yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kurang minum, kurang istirahat, tidak mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap, kebiasaan begadang, kebiasaan merokok, tidak menggunakan sunscreen, dan masih banyak lainnya.

Penuaan dini biasanya ditandai dnegan munculnya keriput atau garis halus pada wajah. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan lidah buaya yang terbukti ampuh dalam mencegah penuaan.

Hal tersbeut dikarenakan, tanaman ini mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten yang mampu mengencangkan kulit.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin tersebut juga mampu menghidrasi kulit dengan baik sehingga kulit senantiasa lembab dan tidak mudah kering.

Aloe vera juga memiliki sifat antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan. Selain itu, juga mampu membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

2. Mengatasi jerawat

6 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Cegah Penuaan Dini

(foto: adobestock)

Hampir semua wanita pasti setuju jika jerawat merupakan salah satu permasalahan wajah yang paling menyebalkan. Pasalnya, ia mudah tumbuh dan sangat sulit untuk dihilangkan. Akibatnya, kecantikan wajah berkurang.

Jerawat biasanya terjadi akibat produksi minyak berlebih sehingga menyumbat pada pori-pori dan akhirnya tumbuh lah jerawat.

Kebiasaan malas mencuci muka juga menjadi faktor utama tumbuhnya jerawat karena virus dan bakteri yang ada pada wajah bersarang dan akhirnya mengiritasi kulit.

Lidah buaya rupanya mampu mengatasi jerawat dengan mudah dna cepat. Sebab, tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus, dan antiseptic sehingga mampu membunuh mikroorganisme penyebab jerawat.

Tidak hanya mampu mengatasi jerawat yang meradang, alovera juga mampu menghilangkan bekas jerawat dimana bekas tersebut mampu membuat wajah terlihat tidak mulus.

Caranya, usapkan gel lidah buaya pada wajah secara merata sebanyak tiga kali sehari. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mencerahkan kulit

Manfaat Susu Beruang, untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

(foto: adobestock)

Kulit cerah bebas kusam merupakan impian hampir sebagaian besar wanita. Dengan memiliki kulit cerah alami, maka penampilan akan semakin bersinar, dan tentu saja tampak segar sepanjang hari.

Sayangnya, tidak semua wanita beruntung memiliki wajah cerah seperti yang mereka inginkan.

Bagi kamu yang memiliki permasalah kulit seperti wajah kusam, maka sebaiknya gunakan lidah buaya yang sudah terbukti mampu mencerahkan kulit.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tanaman tersebut terbukti mampu menyeimbangkan kulit dan menurunkan produksi pigmentasi yang menjadi penyebab wajah kusam.

Dengan menggunakan gel lidah buaya secara rutin, maka sel kulit mati pada wajahmu akan mengelupas secara alami.

Baca juga: 8 Cara Memutihkan Badan Secara Alami, Mudah Dilakukan

4. Mengatasi mata panda

8 Manfaat Tomat, Menyehatkan mata dan Mencegah Penuaan Dini

(foto: adobestock)

Mata panda atau lingkaran hitam pada bawah mata kerap menyerang banyak orang, baik pria maupun wanita. Biasanya, mata panda terjadi akibat kurang istirahat aias begadang sehingga pembuluh darah yang ada pada bawah kelopak mata menjadi beku dan tidak mengalir secara sempurna.

Tanaman lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi mata panda. Kandungan yang ada pada gel aloe vera ini terbukti mampu mengurangi lingkaran hitam pada bawah mata.

Tidak hanya itu, gel tanaman tersbeut juga mampu memabntu mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit, dimana pigmentasi tersbeut dapat membuat wajah hitam, terutaam pada bawah mata.

Oleh sebab itu, oleskan gel lidah buaya pada seluruh wajah terutama bawah mata. Jika kamu melakukan cara tersebut secraa rutin, maka wajahmu akan lembab dan terhindar dari masalah mata panda.

5. Mengatasi kulit kering

9 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

(foto: adobestock)

Kulit kering dapat membuat wajah menjadi sensitive dan mudah iritasi. Biasanya, kulit kering terjadi akibat kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

Oleh sebab itu, dibutuhkan cara untuk menjaga dan merawat kulit agar selalu lembab sehingga tidak kering dan mudah iritasi.

Saat ini, ada banyak produk kecantikan yang dapat melembabkan kulit wajah. Namun, jika kamu ingin menggunakan bahan alami, maka sebaiknya gunakan lidah buaya.

Pasalnya, tanaman tersebut diyakini mampu membuat wajah lembab sepanjang hari. Di dalam gel aloe vera terdapat kandungan vtamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, enzim, dan antioksidan yang mampu melembabkan wajah secara alami.

Selain itu, gel tanaman tersebut juga mampu membantu menyerap minyak berlebih pada wajah sehingga dapat terhindar dari jerawat dan komedo.

Oleh sebab itu, rutinlah mengoleskan gel lidah buaya pada wajah setiap hari untuk mendapatkan kelembapan alami, serta untuk menjaga wajah tetap kenyal dan kencang.

6. Membantu membersihkan make up

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

(foto: unplash)

Hampir semua wanita pasti menggunakan riasan make up pada wajah agar telihat lebih cantic dan menarik.

Tak heran, jika make up menjadi kebutuhan yang sangat penting, terutama bagi kamu yang bekerja dengan full make up.

Walaupun dengan mengaplikasikan berbagai macam produk make up pada wajah mampu membuatmu terlihat lebih cantic, namun jika make up tersebut dibiarkan menempel pada wajah dalam waktu yang cukup lama, mampu membuat wajah menjadi rusak dan mengalami permasalahan pada kulit wajah.

Oleh sebab itu, disarankan untuk membersihkan make up sampai bersih sebelum tidur. Ada banyak produk pembersih wajah yang bisa kamu gunakan. Namun, kamu juga bisa menggunakan bahan alami yang dianggap lebih aman untuk wajah.

Lidah buaya bisa menjadi pilihan utama sebagai bahan alami untuk membersihkan make up secara efektif.

Tekstur gel aloe vera yang lembut mampu menjadi penghapus make up yang alami dan lembut untuk wajah, terutama bagi kamu yang memiliki wajah sensitif.

Caranya, ambil daging lidah buaya yang sebelumnya sudah dicuci bersih. Kemudian, haluskan. Setelah halus, usapkan ke seluruh wajah, lalu usap halus menggunakan handuk lembut dan bersih.

Terakhir, cuci wajah sampai bersih. Selain dapat memberishkan wajah, gel lidah buaya juga mamou membuat wajah terasa lebih segar dan kenyal.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.