kuliner

10 Makanan Terjorok di Dunia, Berani Coba Mencicipi?

Penulis:   | 

Pada umumnya makanan yang dikonsumsi manusia diolah sedemikian rupa agar cita rasanya lezat dan juga menyehatkan. Pembuatannya pun dibuat dari bahan-bahan terbaik dan bernutrisi.

Ketika manusia banyak mengonsumsi makanan sehat, maka tubuhnya pun jadi lebih sehat dan kuat untuk beraktivitas.

Tapi, apa jadinya jika ternyata ada makanan terjorok di dunia? Meskipun tampak jorok dan mengerikan, ternyata ada juga yang mencicipinya.

Terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya, beberapa makanan yang dianggap jorok dan mengerikan ternyata rasanya tidak semengerikan bentuknya. Penasaran apa saja yang termasuk makanan terjorok?

Baca juga: 10 Inspirasi Kue Hantaran dan Lamaran Adat Jawa

1. Thit chuot 

10 Makanan Terjorok di Dunia, Berani Coba Mencicipi?

(foto: nbtv)

Thit chuot berasal dari negara Vietnam yang artinya daging tikus. Makanan ini termasuk jenis makanan ekstrem lantaran bahannya dibuat dari seekor tikus yang masih utuh.

Umumnya tikus yang dipakai merupakan tikus sawah yang dianggap bersih. Sebelum dihidangkan, tungkai, usus, dan ekor dibuang dulu kemudian dipanggang dengan bara api. Cara menyantapnya bisa ditambahkan cabai dan kecap.

2. Balut 

10 Makanan Terjorok di Dunia, Berani Coba Mencicipi?

(foto: pinterest)

Balut berasal dari negara Filipina yang bentuknya mengerikan untuk sebagian orang. Wujudnya adalah telur itik dengan embrio di dalamnya yang sudah terbentuk hampir sempurna.

Sebelum dimakan, balut harus direbus dahulu sampai matang. Meskipun menjijikkan, tapi balut memiliki kandungan protein tinggi dan diyakini bisa menambah stamina. Makanan ini biasa dijual oleh pedagang kaki lima saat malam hari.

3. Casu marzu 

10 Makanan Terjorok di Dunia, Berani Coba Mencicipi?

(foto: imago)

Casu marzu adalah keju tradisional dari susu domba Sardinia, dekat laut Mediterania. Yang membuatnya disebut-sebut jadi makanan paling jorok adalah karena di dalamnya ada ribuan belatung.

Belatung memakan keju kemudain mengeluarkan enzim yang menjadikan keju membusuk.

Bisakah dibayangkan ketik makan casu marzu bersama belatung yang masih hidup. Sejauh ini penjualan casu marzu lebih banyak di pasar gelap karena dilarang di Uni Eropa.

4. Duong dua 

10 Makanan Terjorok di Dunia, Berani Coba Mencicipi?

(foto: vietnamnet)

Apakah kamu pernah membayangkan bila ulat pohon kelapa dijadikan sebagai menu makan siang? Di Vietnam ada duong dua yang dibuat dari bahan ulat pohon kelapa yang bernama duong dua.

Cara menghidangkannya bisa menjadi sup atau yang dipanggang di atas bara api. Meski terlihat jorok, tapi duong dua berasa seperti daging asap dengan kandungan protein tinggi.

5. Surstromming 

10 Makanan Terjorok di Dunia, Berani Coba Mencicipi?

(foto: ajheris)

Surstromming berasal dari Swedia dengan bahan ikan herring baltik dalam kondisi mentah, difermetasikan, lalu dimasukan dalam kaleng.

Aromanya sangat menyengat karena fermentasi selama beberapa bulan. Penyajian surstroming biasanya dihidangkan dengan roti tunnbord, kentang, dan bawang. Disarankan untuk tidak memakannyad dalam ruangan.

Halaman :

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.