kuliner

10 Macam Keju Terkenal dan Paling Enak di Dunia

Penulis:   | 

Keju merupakan salah satu bahan makanan olahan dari bahan baku susu. Ada banyak macam jenis keju di dunia, dan beberapa di antaranya juga menjadi favorit di Indonesia.

Meskipun sangat populer di dunia, tapi sebenarnya tidak diketahui dengan pasti siapa pembuat keju pertama kali. Keju yang mengandung kalsium tinggi juga baik untuk kesehatan gigi dan tulang dan gigi.

Olahan keju terkenal sebagai tambahan pada pizza, roti, dan berbagai jenis menu masakan. Kali ini kita akan bahas beberapa macam keju paling enak yang mungkin salah satunya adalah favoritmu.

Baca juga: 10 Macam Minuman Kopi yang Paling Populer di Dunia

1. Keju mozzarella

10 Macam Keju Paling Enak dan Terkenal di Dunia

(foto: liputan6)

Mozzarella merupakan keju paling popiler di dunia yang punya ciri khas warna putih, tekstur berserabut lembut dan sedikit kenyal. Keju asal Italia ini dibuat dari bahan susu sapi dan punya aroma yang khas saat dipotong.

Nama mozzarella asalnya dari bahasa Italia yaitu mozzare yang berarti memotong. Seperti namanya, cara membuat keju mozzarella adalah dengan dipotong dan diputar.

2. Keju cheddar

10 Macam Keju Paling Enak dan Terkenal di Dunia

(foto: pearl)

Keju cheddar juga tidak kalah populer dari mozarella. Awalnya keju cheddar dipopulerkan oleh orang Inggris, kemudian semakin populer di seluruh dunia. Ciri khasnya adalah memiliki tekstur yang rapuh setelah diawetkan cukup lama.

Secara alamiah, warna keju cheddar berwarna putih atau kuning pucat. Tapi sekarang banyak keju cheddar yang juga ditambahkan pewarna tambahan oranye..

3. Keju gouda

10 Macam Keju Paling Enak dan Terkenal di Dunia

(foto: theculturetrip)

Keju paling enak selanjutnya adalah keju gouda yang juga merupakan keju terkenal dari Belanda. Namanya terinspirasi dari nama kota yang ada di barat Belanda yakni Gouda.

Yang menjadikan keju gouda sangat terkenal yaitu karena memang kaya rasa dan teksturnya halus.

4. Keju emmental

10 Macam Keju Paling Enak dan Terkenal di Dunia

(foto: checkyourfood)

Keju emmental juga sering disebut dengan keju Swiss. Dilihat dari teksturnya, keju emmental termasuk jenis keju keras dan dibuat dari  bahan susu mentah tanpa pasteurisasi.

Bentuk keju emmental memang unik dan tidak ditemuka dalam keju lain karena memiliki lubang-lubang di bagian dalam dalamnya.

Dalam film-film kartun yang menampilkan keju, biasanya yang ditampilkan adalah keju emmental.

5. Keju limburger

10 Macam Keju Paling Enak dan Terkenal di Dunia

(foto: cheesehouse)

Keju limburger termasuk jenis semi-soft dari Herve Jerman yang juga terkenal dengan aromanya yang cukup menyengat ketika sudah matang.

Aroma menyengat pada keju ini adalah karena bakteri yang bernama Brevibacterium linens. Ciri-ciri keju limburger berbentuk seperti balok dan memiliki kulit berwarna kuning agak kemerahan.

Halaman :

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.