. Kata-Kata Motivasi Menyambut Hari Pahlawan untuk Kobarkan Semangat

inspirasi

Kata-Kata Motivasi Menyambut Hari Pahlawan untuk Kobarkan Semangat

By  | 

10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Di mana pertempuran habis-habisan melawan penjajah Belanda. Banyak darah yang bercucuran. Jiwa-jiwa mengharap kemerdakaan.

Pemuda pemudi bangsa Indonesia. Tidakkah hatimu bergetar mengingat jasanya? Berkat mereka, kamu bisa hidup sejahtera. Untuk kamu generasi bangsa, kobarkan kembali semangat kamu dengan kata-kata motivasi dari pahlawan di bawah ini.

Baca juga: Kata-Kata Motivasi Al-Qur’an yang Memotivasi Kamu Ketika Sedih

1. Selesaikan yang telah dimulai

“Keberhasilan bukan dinilai dari apa yang kita mulai, melainkan dari apa yang kita selesaikan.” – Raden Inten.

Terkadang, kamu suka brhenti di tengah jalan. Entah karena bosan atau karena lelah. Lantas, ingin berhenti saja. Padahal keusksesan sudah di depan mata. Maka dari itu, selesaikan secara baik-baik. Tetaplah semangat dalam prosesnya.

2. Arti pahlawan

“Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.” Bung Hatta.

Pahlawan bukan hanya untuk yang berjuang dalam kemerdekaan. Kamu yang berjuang untuk meraih cita-cita kamu layak disebut pahlawan.

3. Penjara dengan buku

Loading...

“Selama dengan buku, kalian boleh memenjarakanku dimana saja, karena dengan buku, aku merasa bebas.” – Bung Hatta.

Meskipun raga tak bisa pergi, tapi otak kita tetap berjalan. Berkelana bebas dengan buku. Berimajinasi dengan puas setiap detil halaman yang dibaca.

4. Tuntutlah ilmu

“Tuntutlah ilmu lebih dahulu, supaya engkau kelak mempunyai pengetahuan ilmiah sebesar dasar pengetahuanmu dalam praktik nanti. Jangan terburu-buru masuk praktik karena keadaan luar biasa dan gaji sementara. Semuanya itu tidak kekal.” – Bung Hatta.

Kata-kata ini mengingatkan kamu untuk serius dalam menuntut ilmu. Agar kamu tak bingung dalam masuk dunia kerja nantinya. Supaya nanti kamu bekerja dengan baik. Praktik dengan ilmu yang kamu punya.

Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang

(foto: unsplash/davidmarcu)

5. Mau berjuang

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang.” – Abdul Muis.

Setiap orang mempunyai kesempatan untuk selalu sukses, yang membedakan adalah perjuangannya. Apakah kamu mau berjuang atau tidak. Hasil tak akan mengkhianati proses.

6. Berjuang dulu

“Untuk mencapai sesuatu, harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak.” – Mohammad Natsir.

Segala sesuatu itu harus diperjuangkan. Walaupun hal kecil seperti kelapa. Kamu harus memanjatnya dulu sebelum bisa mendapat kelapanya.

7. Perbaiki dengan belajar

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.” – Bung Hatta.

Artinya jujur lebih penting dibandingkan dengan kepintaran. Ketika kamu merasa tidak pintar, kamu bisa memperbaikinya dengan belajar. Berbeda dengan kejujuran, sulit memperbaiki jika sudah terbiasa tidak jujur atau berbohong.

8. Harus berani

“Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.” – Bung Karno.

Artinya kamu harus bersusah payah dahulu untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Seperti untuk mendapatkan mutiara. Harus berani menyelam lebih dalam.

Baca juga: Kata-Kata Motivasi Ulama yang Bisa Buat Kamu Semangat dan Termotivasi

9. Pemuda

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.” – Bung Karno.

Artinya begitu kuatnya pemuda. Dengan energi yang begitu kuat, dia bisa saja mengubah dunia.

Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang

(foto: unsplash/von_co)

10. Cita-cita setinggi langit

“Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.” – Bung Karno.

Artinya kamu harus mempunyai cita-cita yang tinggi. Seandainya kamu terjatuh, kamu tak akan menyesal. Kamu akan jatuh diantara biantang-bintang. Tetap gemerlap meski dari kejauhan.

11. Pemimpin besar

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti orator.” – H.O.S Cokroaminoto.

Artinya kamu harus pandai mengurai persoalan, seperti wartawan yang pandai mengurai berita. Kamu juga harus pintar mempengaruhi orang lain dan membuat mereka segan kepadamu. Seperti orator yang pandai mempengaruhi orang lain untuk semangat dan segan terhadapnya.

12. Menuju kemuliaan

“Dengan ilmu kita menuju kemuliaan.” – Ki Hajar Dewantara.

Kamu harus menuntut ilmu jika ingin sebuah kemuliaan, karena kemuliaan akan didapat dari penatnya belajar. Siapa yang tak tahan dengan penatnya belajar akan menanggung perihnya kebodohan.

13. Hal yang dapat menjatuhkan kamu

“Banyak hal yang dapat menjatuhkanmu. Tapi hal yang benar-benar dapat menjatuhkanm adalah sikapmu sendiri.” – R.A Kartini.

Orang lain, halangan atau rintangan adalah hal yang mungkin dapat menjatuhkan kamu. Namun, hal terbesar yang kamu luput adalah sikap dari dirimu sendiri. Kadang kamu lupa, bahwa sikap itu yang pertama. Percuma ilmu yang tinggi, tapi kamu mempunyai sikap yang buruk. Maka itu akan menjatuhkan kamu.

14. Guru

“Setiap orang adalah guru. Setiap rumah adalah sekolah.” – Ki Hajar Dewantara.

Artinya kamu bisa belajar dengan siapa saja. Anggap dia seorang guru yang harus kamu hormati. Kamu juga bisa belajar dari rumah. Setiap rumah, memiliki ajarannya masing-masing yang bisa kamu dapatkan.

15. Pertaruhan

“Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.” – Sutan Syahrir.

Untuk memenangkan sesuatu, harus berani mempertaruhakn sesuatu. Semua perjuangan butuh pengorbanan. Itulah cara agar kamu bisa memenangkan kehidupan.

Kamu yang memperjuangkan hidup adalah pahlawan. Berjuang mencapai cita-cita. Jadi, kata-kata mana yang memotivasi kamu? Semoga memberi semangat baru di hari pahlawan. Terimakasih.

Loading...