kuliner

10 Jenis Kerupuk Populer dan Punya Rasa yang Enak

Penulis:   | 

Bagi pecinta kerupuk, wajib tahu apa saja jenis kerupuk yang memiliki rasa enak dan cocok dijadikan sebagai cemilan maupun teman makan nasi.

Kerupuk merupakan makanan ringan yang cukup populer dan disukai oleh banyak orang. Makanan ini terbuat dari olahan tepung yang diberi sedikit bumbu sebagai penyedapnya.

Kemudian, campuran bahan tersebut di kukus hingga matang. Setelah itu, dipotong tipis-tipis dengan bentuk sesuai selera.

Setelah itu, adonan kerupuk yang sudah dipotong tipis tadi, kemudia dijemur hingga kering. Terakhir, goreng kerupuk yang sudah dikeringkan dengan minyak goreng panas.

Makan nasi maupun makanan lainnya, akan lebih nikmat jika ditambah dengan kerupuk. Sensasi kriuk saat digigit, mampu menciptakan rasa ketagihan sehingga ingin terus memakannya.

Lantas, apa saja jenis kerupuk yang saat ini tengah disukai oleh banyak orang? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 10 Makanan Khas Jawa Tengah, Bikin Ngiler

1. Kerupuk udang

10 Jenis Kerupuk yang Rasanya tak Pernah Terlupakan

(foto: istockphoto)

Kerupuk udang merupakan salah satu jenis kerupuk yang disukai oleh banyak orang. Kerupuk ini rupanya berasal dari daerah Sidoarjo, Jawa Timur.

Biasanya, kerupuk udang dijadikan sebagai teman makan soto, rawon, dan makanan berkuah lainnya.

Selain dijadikan sebagai teman makan, kerupuk ini juga sangat enak jika dijadikan sebagai cemilan, apalagi dicocol dengan saos sambal.

Sesuai dengan namanya, kerupuk ini terbuat dari bahan dasar rebon atau udang kecil yang telah dihaluskan.

Rasa gurih pada kerupuk ini acapkali membuat orang yang menikmatinya merasa ketagihan sehingga ingin mencoba memakannya lagi.

2. Kerupuk kulit

10 Jenis Kerupuk yang Rasanya tak Pernah Terlupakan

(foto: istockphoto)

Selain kerupuk udang, jenis kerupuk lainnya yang banyak disukai adalah kerupuk kulit atau yang biasa disebut dengan kerupuk rambak.

Sesuai dengan namanya, kerupuk ini terbuat dari bahan dasar kulit sapi yang dipotong sesuai selera. Kemudian, melewati proses sedemikian rupa sebelum akhirnya dijemur hingga kering.

Kerupuk ini memiliki cita rasa gurih dan lezat, tak heran jika banyak orang menyukainya dan menjadikannya sebagai makanan pengganti lauk atau hanya sekedar cemilan.

Tidak hanya dijadikan sebagai kerupuk atau cemilan, rambak juga bisa diolah menjadi sambal krecek yang bisa menjadi lauk teman nasi yang nikmat.

3. Emping

10 Jenis Kerupuk yang Rasanya tak Pernah Terlupakan

(foto: istockphoto)

Emping atau kerupuk melinjo merupakan kerupuk yang terbuat dari bahan dasar biji melinjo. Cara pengolahannya, biji melinco di sangria kemudian dipipihkan lalu kemudian di jemur sampai kering. Setelah kering, kerupuk bisa langsung digoreng.

Walau rasanya sedikit pahit, akan tetapi kerupuk ini snagat laris di pasaran. Kerupuk melinjo paling enak jika dijadikan cemilan saat sedang bersantai. Tak heran jika kerupuk ini dijadikan sebagai suguhan untuk tamu, terutama di hari lebaran.

Tidak hanya dijadikan sebagai cemilan, emping juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan tambahan angsle yakni makanan yang menyerupai kolak khas Jawa Timur.

4. Rengginang

10 Jenis Kerupuk yang Rasanya tak Pernah Terlupakan

(foto: istockphoto)

Sama seperti kerupuk melinjo, rengginang juga kerap dijadikan sebagai suguhan tamu terutama di hari raya idul fitri.

Kerupuk yang satu ini bisa dikatakan sebagai kerupuk yang tidak pernah lekang oleh waktu. Hal tersebut dikarenakan, pecinta kerupuk ini tidak pernah memudar.

Di daerah lain, rengginang memiliki nama yang bereda, sebut saja Jawa Tengah. Masyarakat dari wilayah tersebut menyebutnya dengan nama intip goreng yang artinya kerak nasi.

Tidak hanya terbuat dari nasi, rengginang juga bisa dibuat dari bahan ketan yang memiliki rasa tak kalah nikmat.

Dahulu, kerupuk ini hanya ada satu rasa original saja, yakni gurih. Namun, saat ini ada banyak variasi rasa seperti rasa udang, terasi, rasa manis, dan masih banyak lainnya.

5. Keripik beras

10 Jenis Kerupuk yang Rasanya tak Pernah Terlupakan

(foto: istockphoto)

Keripik beras atau kerupuk nasi merupakan kerupuk yang terbuat dari bahan beras yang sudah menjadi nasi. Kemudian, nasi ditumbuk hingga halus dan diberi tambahan bumbu penyedap.

Setelah itu, dibentuk seperti tabung atau sesuai selera, lalu dikukus. Kemudian, adonan nasi yang sudah dikukus diiris tipis, lalu dijemur hingga kering.

Kerupuk ini juga kerap disebut dengan kerupuk puli. Dahulu, banyak orang yang membuatnya karena ada sisa nasi.

Jika sisa nasi tersebut dibuang, maka akan sangat mubazir. Sehingga mereka menyulapnya menjadi makanan atau cemilan yang memiliki rasa gurih, yakni kerupuk nasi atau puli gendar.

Baca juga: 9 Makanan Pengganti Kue Tart di Hari Ulang Tahun

6. Kerupuk bawang

10 Jenis Kerupuk yang Rasanya tak Pernah Terlupakan

(foto: istockphoto)

Kerupuk bawang menjadi salah satu kerupuk paling populer di Indonesia. Kerupuk ini memiliki cita rasa gurih sehingga banyak orang menyukainya.

Sesuai dengan namanya, kerupuk ini terbuat dari olahan tepung tapioka yang dicampur dengan bawang putih.

Biasanya, kerupuk ini dijadikan sebagai pelengkap makanan, seperti nasi goreng kaki lima, gado-gado, soto, dan masih banyak lainnya.

Ciri khas dari kerupuk ini adalah bentuknya yang bulat dengan ukuran kecil dengan bagian tepi berwarna warni.

Aroma khas bawang putihnya begitu menggoda, sehingga tak heran jika kerupuk ini banyak di buru untuk teman makan nasi ataupun cemilan di waktu santai.

7. Amplang

10 Jenis Kerupuk yang Rasanya tak Pernah Terlupakan

(foto: istockphoto)

Amplang atau biasa dikenal dengan nama kerupuk ikan merupakan jenis kerupuk yang tebuat dari campuran ikan tenggiri.

Wangi dan rasanya yang khas membuat kerupuk ini banyak diburu, terutama untuk oleh-oleh.

Bentuk amplang lebih kecil dibandingkan dengan kerupuk lainnya. Selain itu, rasa ikan yang khas pada kerupuk ini juga tidak bisa didapatkan dari jenis kerupuk lainnya.

Jika ingin menjadikan kerupuk ini sebagai oleh-oleh, maka kamu akan menemukannya dengan mudah di pusat oleh-oleh yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

8. Kerupuk kemplang

kemplang

(foto: istockphoto)

Kerupuk kemplang merupakan salah satu jenis kerupuk yang berasal dari Bangka. Sama seperti amplang, kerupuk ini juga terbuat dari bahan dasar tepung yang dicampur dengan ikan tenggiri.

Bedanya, jika kerupuk amplang bentuknya kecil dan biasanya bulat, lain halnya dengan kerupuk kemplang yang dbiuat bulat pipih menyerupai rengginang.

Kemplang kerap dijadikan sebagai oleh-oleh yang bisa dijumpai dengan mudah, baik di toko oleh-oleh maupun penjual keliling. Biasanya, mereka menjual jenis kemplang panggang dan kemplang mentah.

9. Rempeyek

Rempeyek

(foto: istockphoto)

Rempeyek bisa dikatakan sebagai kerupuk karena memiliki tekstur renyah. Kerupuk ini terbuat dari bahan tepung beras yang diberi aneka rempah dan bumbu penyedap.

Ada banyak jenis isian rempeyek, seperti kacang tanah, kacang kedelai, ikan teri, udang rebon, kacang hijau, dan masih banyak lainnya.

Kerupuk ini menjadi salah satu kerupuk faforit di Indonesia karena rasa gurih dengan bumbu yang khas.

Rempeyek biasanya dijadikan sebagai teman nasi pecel, gudek, dan lain sebagainya. Namun, juga bisa dinikmati sebagai cemilan.

10. Kerupuk tempe

tempe

(foto: istockphoto)

Tempe kerap dijadikan sebagai lauk yang bisa diolah dengan berbagai macam cara, seperti digoreng, ditumis, dikukus, dipanggang, hingga dijadikan sebagai campuran sayur santan.

Tak hanya diolah menjadi lauk, tempe juga bisa dijadikan sebagai cemilan, yakni kerupuk tempe.

Biasanya, kerupuk tempe dijadikan sebagai oleh-oleh karena memiliki rasa gurih dan nikmat. Apalagi jika diberi aroma daun jeruk, rasanya akan terasa semakin nikmat.

Akhir kata

Itulah beberapa jenis kerupuk yang cukup populer dan disukai oleh banyak orang, terutama masyarakat Indonesia.

Meski memiliki rasa gurih dan seringkali menjadi penolong disaat tidak ada lauk, namun perlu diingat bahwa mengonsumsi kerupuk tidak boleh berlebihan.

Sebab, walau dianggap sebagai makanan ringan, kerupuk ternyata mengandung lemak dan kolesterol tinggi karena diolah dengan cara digoreng.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.