. Ini 6 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI untuk Ibu Menyusui | Dailysia

lifestyle

Ini 6 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI untuk Ibu Menyusui

By  | 

Semua kaum hawa yang telah menjalani proses melahirkan dan memiliki anak, pastilah mendambakan untuk memiliki produksi ASI yang cukup untuk buah hatinya.

Karena, mereka percaya ASI memiliki nutrisi dan sumber utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi, karena adanya kandungan zat antibodi. Selain itu, dengan memberikan ASI maka akan terjadi sebuah proses ikatan hati antara ibu dan anak.

Namun, tidak semua wanita memiliki produksi yang cukup untuk buah hatinya, ada saja para ibu yang harus mendapati kenyataan tidak bisa memproduksi ASI yang cukup dan terpaksa beralih dengan susu formula.

Sedangkan, faktanya pada enam bulan awal usia bayi, makanan utama mereka adalah ASI. Dan pastinya, keadaan ini akan membuat para kaum ibu-ibu khawatir.

Tenang, tidak perlu khawatir, yang patut kamu syukuri adalah tubuh wanita sebenarnya bisa memproduksi ASI secara alami, asal kamu tahu bagaimana caranya. Dan inilah beberapa langkah-langkah alaminya.

Baca juga: 6 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Cepat Tua, Minum Alkohol Hingga Stress

1. Bersihkanlah puting dan lakukan pijatan

6 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

(foto: unsplash/alan)

Menjelang waktu kelahiran pada trimester ke-3, mulailah untuk membersihkan area puting yang bermanfaat untuk melancarkan keluarnya ASI.

Cara membersihkannya cukup dengan memberikan baby oil sebelum kamu mandi. Berikan pijatan sambil memilin-milin puting, khususnya di area lipatan ujung putting.

Selain membersihkan area puting, sesering mungkin melakukan pijatan pada payudara dengan menambahkan baby oil. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah proses ini beberapa hari sekali.

2. Menyusui setiap 2-3 jam 

6 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

(foto: unsplash/victoria)

Sebuah fakta mengatakan, bayi yang baru saja lahir membutuhkan asupan susu setiap 2-3 jam, baik itu pada siang atau malam hari.

Sedangkan produksi ASI pada tubuh wanita, mengikuti alur supply and demand, dimana memiliki pengertian tubuh memproduksi jumlah ASI sejumlah yang bayi butuhkan.

Itu artinya, ketika kamu rutin menyusui setiap 2-3 jam hingga bayi merasa kenyang, maka secara otomatis payudara kamu akan mengirimkan sebuah perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak yang bayi butuhkan.

Maka konsistensi sangat dibutuhkan, jika kamu tidak konsisten dan jarang menyusui, maka secara tidak kamu sadari, produksi ASI akan berkurang. Solusi terbaik, habiskan ASI di satu payudara, barulah kamu pindah ke area payudara lainnya.

3. Memompa ASI

6 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

(foto: unsplash/angelica)

Tanpa kamu sadari, memompa ASI adalah salah satu cara alami untuk memperbanyak ASI. Bagi kaum hawa yang baru saja menjadi ibu, tentu saja keterampilan kamu untuk menyusui belumlah cukup baik.

Karena, kesalahan posisi ketika kamu menyusui, bisa berefek pada proses menyusui menjadi tidaklah efektif dan otomatis ASI tidak akan keluar dengan lancar.

Gunakanlah pompa setiap kamu selesai menyusui. Jangan terpengaruh dengan berapa banyak ASI yang kamu bisa peroleh, karena tujuan dari memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan stimulasi pada payudara.

Tujuan lain dari memompa adalah untuk mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan oleh si bayi, dengan harapan ASI dapat kembali diproduksi di dalam payudara, sebagai pengganti ASI yang sudah dikeluarkan.

Baca juga: 6 Cara Ini Bisa Buat Hidung Kamu Lebih Mancung Tanpa Operasi

 4. Skin to skin contact

6 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

(foto: unsplash/kevin)

Membiarkan bayi menyusui dalam keadaan telanjang, tanpa kamu sadari bisa meningkatkan ikatan kontak langsung si bayi terutama di area kulitnya ke area dada. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk memperbanyak produksi ASI yang keluar.

Penyebabnya adalah, adanya kedekatan emosi yang kamu miliki dengan bayi, bisa memerintahkan fungsi otak untuk memproduksi lebih banyak ASI. 

Di beberapa negara yang maju dan berkembang, sudah mendukung adanya gerakan program skin to skin contact dalam proses menyusui sebagai cara menyusui yang baik.

5. Kompres payudara

6 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

(foto: unsplash/camille)

Bila area payudara terasa keras dan bayi kamu mengalami kesulitan dalam mengisapnya, bisa jadi payudara kamu mungkin sedang tegang.

Solusinya adalah, kompreslah payudara dengan handuk yang sudah direndam air hangat selama beberapa menit. Hal ini bisa membantu melunaknya payudara dan ASI bisa keluar lebih lancar.

 6. Konsumsi makanan yang memperbanyak ASI

6 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

(foto: unsplash/sharon)

Ada beberapa yang bilang, ketika ibu masih berasa dalam fase menyusui, sangat dianjurkan untuk pandai dan berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi.

Karena tanpa kamu sadari, ada beberapa makanan yang bisa membantu untuk memperbanyak dan bisa jadi menghambat produksi ASI. Makanan yang umum untuk para ibu menyusui adalah pepaya, daun katuk, havermouth, wortel, bayam.

Selain menjaga makanan, hindari juga menggunakan suplemen atau beberapa obat yang katanya bisa memperbanyak ASI.

Jadi, untuk kamu para ibu-ibu muda yang khawatir karena produksi ASInya sedikit, jangan panik dulu, langkah-langkah diatas bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu semua.