inspirasi

Ini 5 Fakta Menarik Gado-Gado, Saladnya Orang Indonesia

By  | 

Nama makanan gado-gado mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kata gado-gado sendiri berarti dimakan tanpa nasi.

Dapat dimakan tanpa nasi, gado-gado memiliki nutrisi yang paling lengkap yang mengandung komposisi yang seimbang antara protein, lemak, karbohidrat dan serat.

Gado-gado terdiri dari banyak sayuran segar yang rasanya nikmat apalagi ditambah siraman saus kacang. Oleh sebab itu, gado-gado dikenal sebagai saladnya orang Indonesia.

Makanan ini cocok dimakan untuk makanan utama maupun sebagai gado-an saja. Tidak hanya itu saja, ternyata makanan ini memiliki sejumlah fakta gado-gado yang menarik. Beriku ini 5 fakta unik seputar gado-gado.

Baca juga: 10 Festival Unik yang Ada di Dunia, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

1. Di Belanda, gado-gado berubah menjadi sup kacang

Fakta Gado-gado, Salad-nya Orang Indonesia

(foto: instagram/tasiaandgracia.mkr)

Kepopuleran makanan gado-gado dibawa hingga ke negeri kincir angin, Belanda. Namun, di Belanda gado-gado ternyata dimodifikasi menjadi sup kacang.

Makanan yang berubah menjadi sup kacang ini awalnya viral setelah unggahan akun instagram @sadfood yang mengulas tentang testimony mahasiswa Indonesia yang kuliah di Belanda.

Di sebuah restoran Belanda, mahasiswa ini menemukan nama salad lokal Indonesia tertulis Indonesian Gado-Gado Soup.

Kuah kacang gado-gado diletakkan dalam panci besar yang  di dalamnya terdapat cairan sup yang kental dan berwarna kekuningan.

Mahasiswa tersebut lantas menceritakan bahwa di Belanda, gado-gado tersebut disajikan tidak memakai sayuran seperti gado-gado di Indonesia.

2. Koki dunia memasaknya menggunakan selai kacang

Fakta Gado-gado, Salad-nya Orang Indonesia

(foto: instagram/nurman_tama)

Salah satu koki dunia seperti Jamie Oliver sempat membuat gado-gado versi dirinya sendiri yang kemudian menjadi viral. Jame Oliver awalnya membagikan video proses memasak gado-gado yang dibuat dengan bahan yang terbatas.

Namun, tanpa disangka Jamie Oliver mengubah cara memasak aneka sayuran dalam gado-gado. Sayuran gado-gado yang dimasaknya dalam kondisi segar dan Jamie membuat bumbu kacang menggunakan selai kacang. Selai kacang tersebut dimasak menggunakan perasan air jeruk, bawang putih serta gula palem.

3. Salah satu makanan nasional yang mendunia

Fakta Gado-gado, Salad-nya Orang Indonesia

(foto: instagram/mamimiko)

Tak hanya rendang yang sudah merambah ke ranah Internasional, gado-gado memiliki nasib yang sama dengan rendang. Bahkan makanan ini menjadi makanan favorit koki dunia, Oliver Jamie.

Menurut Jamie, rasa gado-gado yang original merupakan rasa yang tak tertandingi dan sangat lezat. Bahkan makanan yang satu ini pernah menjadi juara pertama dalam kompetisi masak yang diadakan di Napoli, Italia, di tahun 2010.

Baca juga: Inilah 6 Fakta Virus Corona yang Penting untuk Diingat

4. Serupa dengan karedok dan pecel, namun ternyata jauh berbeda

Fakta Gado-gado, Salad-nya Orang Indonesia

(foto: instagram/idemakansiang)

Karedok, pecel dan gado-gado sama-sama disajikan dengan berbagai sayuran yang disiram dengan saus kacang. Namun, ada yang membedakan gado-gado dan makanan lainnya, yakni dari bumbu kacangnya.

Bumbu kacang pada gado-gado tidak ditambahkan kencur, namun pada pecel dan karedok keduanya menggunakan kencur sebagai penambah cita rasa.

5. Terdapat tiga versi asal-usul penamaan

Fakta Gado-gado, Salad-nya Orang Indonesia

(foto: instagram/chefstephstl)

Ternyata penamaan gado-gado memiliki tiga versi, yang pertama karena makanannya digado atau dimakan tanpa nasi.

Versi penamaan lain berasal dari kata bahasa Portugis, yaitu gadu yang artinya makanan yang mirip dengan makanan ternak yang dicampur aduk menjadi satu.

Alasan ketiga, ada yang berpendapat nama gado-gado diambil karena memiliki persamaan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda tetapi tetap satu jua.

Pelengkap dalam gado-gado memang sangat bermacam-macam seperti tauge, wortel, tempe, telur, selada, kubis yang disiram dengan bumbu kacang dan emping serta untuk menikmatinya semua bahan tersebut harus diaduk menjadi satu.

Itulah beberapa fakta gado-gado yang perlu kam uketahui. Gado-gado memang hidangan yang sangat nikmat, meskipun terkesan sederhana dan merupakan hidangan kaki lima. Namun, siapa sangka hidangan kaki lima ini mampu memikat dunia.