inspirasi

10 Festival Unik yang Ada di Dunia, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

By  | 

Bagi kamu yang suka travelling biasanya punya kebiasaan tersendiri. Misalnya destinasi wisata, waktu perjalanan, dan gaya perjalanan dengan traveller lain bisa berbeda. Salah satu hal yang paling dinantikan saat berpergian adalah festival.

Banyak negara didunia yang menjamu wisatawan untuk waktu tertentu dengan festival yang unik. Simak 10 festival unik di dunia yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Baca juga: Inilah 6 Fakta Virus Corona yang Penting untuk Diingat

1. Festival La Tomatina di Spanyol

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/marina_ponce_min)

Festival La Tomatina atau festival tomat merupakan acara tahunan yang dilakukan setiap bulan Agustus. Tempat menyelenggarakannya di Buñol, Spanyol.

Berdasarkan berita yang beredar pada 2015, sebanyak  120 ton tomat dipasok pemerintah setempat agar festival lempar tomat semakin meriah.

Bahkan, keseruan acara melempar tomat ini sering disaksikan para turis dari berbagai belahan dunia. Tidak jarang para turis mancanegara juga turut serta memeriahkannya.

Ternyata informasi festival dapat dilihat dengan membuka website La Tomatina Festival. Anda dapat membooking trip dari jauh-jauh hari untuk mengikutinya dengan membayar 109 euro.

2. Festival Holi di India dan Bangladesh

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/epictravel_official)

Selanjutnya di India dan Bangladesh ada festival holi. Dalam festival tersebut penduduk sekitar mengajak para turis bersenang-senang dengan menggunakan tepung warna-warni. Kedua negara ini memiliki mayoritas penduduk menganut agama Hindu.

Sebenarnya festival holi adalah perayaan dalam ajaran Hindu untuk menyambut awal musim semi. Orang-orang yang mengikuti festival akan diajak menyanyi, menari, dan melemparkan tepung berwarna-warni. Pusat keramaian festival ini di kota Mumbai maupun Delhi.

3. Festival Songkran di Thailand

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/sawaraart)

Festival yang ada di negeri gajah putih ini mengajak para turis bermain air di jalanan. Adanya songkran untuk memperingati tahun baru negara Thailand yang biasanya dilakukan pada bulan bulan April.

Pelaksanaan festival juga dipengaruhi dengan cuaca yang panas. Sehingga masyarakat Thailand beramai-ramai menyambut tahun baru dengan cara menyemprotkan air kepada orang-orang di jalanan. Faktanya festival tersebut sudah berlangsung kurang lebih 15 tahun dan masih dilakukan hingga sekarang.

4. Yee Peng di Thailand

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/livi_abroad)

Tradisi Yee Peng juga dapat dikategorikan sebagai festival di Thailand. Yee peng sudah dilakukan banyak orang turun temurun. Biasanya menggunakan banyak lentera bercahaya dan dilepaskan ke udara sepanjang malam.

Masyarakat Thailand percaya dengan melepaskan lentera berarti melepaskan kesialan. Selain itu agar terlepas dari masalah penyakit dan tidak dihinggapi kemalangan. Saat melepaskan lentera, orang-orang akan memanjatkan doa dan harapan. Apabila yang melepaskan adalah orang baik maka ia akan mendapat karma baik pula.

5. Festival Balon Udara di Amerika

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/chada.srsr)

Amerika juga memiliki festival yang tidak kalah menarik. Kamu wajib mengikuti festival balon udara di Amerika satu kali seumur hidup. Orang-orang menjulukinya dengan sebutan Albuquerque International Balloon Fiesta.

Setiap tahun festival ini diselenggarakan di New Mexico, Amerika Serikat. Waktu perayaannya selalu awal bulan Oktober. Uniknya, orang-orang dapat naik ke balon udara tersebut dan melihat pemandangan Amerika dari ketinggian.

Baca juga: 7 Fakta Unik Sushi, Makanan Khas Jepang yang Asalnya Bukan dari Jepang

6. Dia de los Muertos di Meksiko

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/atxweatherman)

Festival unik Dia De Los Muertos ada di Meksiko. Orang-orang akan memadati jalan raya dengan mengenakan kostum tengkorak. Dilakukan penuh seharian, sehingga orang menyebut hari festival ini Day of the Dead.

Keunikan dari dia de los muertos adalah masyarakat yang mendandani wajah mereka seperti orang mati. Biasanya festival dilakukan di awal November setiap tahun. Ada pula orang-orang yang mengikuti festival ini karena memperingati kematian keluargannya.

7. White Nights Festival Di Rusia

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/eticketglobal.ar)

Festival yang dilangsungkan di Rusia ini adalah malam penuh kembang api. Tidak hanya itu, dalam festival juga menampilkan berbagai tarian, pertunjukan musik, ballet, opera, dan atraksi menarik.

8. Running of The Bulls Festival di Italia

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/baigotravel)

Negara yang terkenal dengan kuliner pizza, ternyata memiliki festival unik. Apabila berkunjung ke Italia, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak melihat Running of The Bulls Festival atau melarikan diri dari kawanan Banteng di dalam kota.

Memang terdengar agak lucu sekaligus menyeramkan. Berlari dari kawanan banteng ini sebenarnya merupakan kebiasaan orang Italia yang dilakukan setiap tahun.

Jadi, kalau kamu tidak berlari cepat atau takut dikejar banteng cukup menontonnya saja dari pinggir tralis. Uniknya para peserta festival yang berlari menggunakan kaos putih dan sleyer berwarna merah.

9. Cheese Rolling Race Festival di Inggris

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/wtgtravelguide)

Cheese Rolling Race merupakan tradisi dari Inggris telah dilakukan sejak sekitar 200 tahun lalu. Festival ini melibatkan banyak orang yang berebut roda keju di sebuah balapan, diselenggarakan tahunan setiap bulan Mei.

Banyak juga turis-turis antusias menonton perayaan ini dan ada yang ikut bertanding. Namun, jika kamu memutuskan ikut bertanding harus berhati-hati karena cukup membahayakan. Bisa mengakibatkan kaki terkilir dan terjatuh.

10. Festival Mermaid and Mermen di Amerika Serikat

10 Festival Unik di Dunia, Recommended Saat Liburan

(foto:instagram/lily_rose_vocals)

Festival lainnya yang seru di Amerika Serikat adalah Mermaid and Mermen Festival. Jika biasanya mermaid identik dengan perempuan, kamu dapat menemukan menemukan mermen di sana. Para laki-laki ini mengenakan pakaian dan dandanan ala duyung.

Acara ini rupanya menunjukkan hasil karya seniman Amerika. Sangking uniknya berhasil mencuri atensi. Biasanya digelar satu tahun sekali di kota New York ketika menyambut musim panas yang akan datang. Hari festival duyung ini ternyata dijadikan hari libur nasional, jadi tidak heran banyak penduduk yang ikut serta.

10 Festival dari berbagai negara diatas sangat unik dan sayang dilewatkan. Agar travelling makin seru, kamu bisa mencocokkan jadwal keberangkatan dan waktu festival yang ingin dilihat.