. 7 Fakta Unik Sushi, Makanan Khas Jepang yang Asalnya Bukan dari Jepang

inspirasi

7 Fakta Unik Sushi, Makanan Khas Jepang yang Asalnya Bukan dari Jepang

By  | 

Bagi kamu yang penyuka makanan Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sushi. Sushi identic dengan nasi yang digulung bersama lembaran rumput laut dan berbagai isian di dalamnya seperti crabstick, mentimun, telur dadar, wortel.

Warna–warni dari sushi semakin menggoda untuk disantap. Di Indonesia sendiri sushi sudah dimodifikasi dengan cita rasa khas nusantara agar semakin cocok dengan lidah orang Indonesia. Namun, tahukah kamu ternyata ada fakta sushi yang belum banyak orang tahu. Berikut ulasan 7 fakta menarik seputar sushi.

Baca juga: Mayoritas di Asia, Ini 10 Gunung Tertinggi di Dunia Paling Sering Didaki

1. Sushi modern muncul di pertengahan tahun 1800–an

7 Fakta Sushi yang Unik ini Akan Buat Kamu Tercengang

(foto: instagram/sushitooth)

Pada tahun 1820 seorang pria yang bernama Hanaya Yohei yang baru saja pindah di Edo membuka kedai sushi pertama di distrik Ryogoku, Edo.

Di kedainya ini, ia menciptakan sushi modern. Sushi modern milik Yohei ini dibuat dengan proses fermentasi yang sangat singkat tanpa menunggu berhari–hari.

Loading...

Hasilnya, sajian sushi buatan Yohei terbukti sangat popular. Setiap harinya ada kerumuman orang yang datang dan pergi melewati sungai Sumida untuk menikmati sushi buatan Yohei.  Sushi tersebut kemudian dikenal dengan nama Nigiri

2. Wasabi dimakan bersama sushi untuk membunuh bakteri dan parasit pada ikan

7 Fakta Sushi yang Unik ini Akan Buat Kamu Tercengang

(foto: instagram/sstaken1617)

Wasabi merupakan saus yang berasal dari akar tanaman Wasabia japonica dari Jepang, Tanaman ini memiliki kekuatan antimikroba alami yang dapat membunuh mikroba dan parasite potensial dalam makanan laut yang mentah.

Memang rasa wasabi agak tajam namun mengingat khasiatnya yang sangat besar, kamu harus selalu menyertakan wasabi setiap makan sashimi, ya

3. Makizushi tidak selalu digulung dalam rumput laut

7 Fakta Unik Sushi, Makanan Khas Jepang yang Asalnya dari Asia Tenggara

(foto :instagram/sushi_enomoto)

Faktar sushi lainnya, sushi dikenal sebagai makanan yang dibagian luarnya dilapisi nori yang berwarna hijau kehitaman. Jenis sushi ini dinamakan makizushi.

Namun, makizushi terkadang tidak selalu dibungkus dengan nori atau rumput laut kering. Fakta sushi yang lain menyebutkan, para pembuat nori mengganti nori dengan lembaran tipis kedelai.

4. Sushi tertua di Jepang rasanya seperti keju

7 Fakta Sushi yang Unik ini Akan Buat Kamu Tercengang

(foto: instagram/shingu_heart_of_kumano)

Sushi tertua yang bernama Narezushi terbuat dari ikan yang difermentasi dan diisi dengan nasi cuka memiliki rasa yang sangat khas seperti keju biru (blue cheese). Sushi ini memiliki bau yang sangat tajam dan menyengat. Berani mencicipinya?

Baca juga: Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu

5. Sushi sebenarnya berasal dari luar jepang

7 Fakta Sushi yang Unik ini Akan Buat Kamu Tercengang

(foto: instagram/nare.sushi)

Sushi dikenal sebagai makanan khas Jepang, namun ternyata sushi tidak benar–benar berasal dari Jepang. Sushi diperkirakan telah terlebih dahulu muncul di Asia Tenggara.

Satu jenis sushi tertua yakni Narezushi yang dibuat dari ikan fermentasi yang dibungkus dengan nasi yang telah diberi cuka berasal dari tempat di sekitar Sungai Mekong sebelum menyebar ke Cina dan kemudian sampai ke Jepang  pada abad ke-12.

6. Nama makizushi diambil dari nama alat penggulung sushi

7 Fakta Sushi yang Unik ini Akan Buat Kamu Tercengang

(foto: instagram/sukaluru_alavintage)

Makizushi merupakan nama yang diambil dari alat penggulung sushi yang terbuat dari bamboo bernama Makisu. Makisu memberikan gulungan silindris pada sushi dan kemudian sushi gulung dinamakan makizushi.

Makizushi merupakan jenis sushi paling populer. Di dalam makizushi terdapat isian berupa wortel, mentimun atau daikon.

7. Ada enam jenis sushi dengan rasa yang bervariasi

7 Fakta Sushi yang Unik ini Akan Buat Kamu Tercengang

(foto: instagram/lolitafunnyfoto)

Selama ini sushi dikenal sebagai makanan yang penyajiannya digulung atau ditumpuk seperti sashimi saja, Namun, ternyata sushi memiliki 6 jenis yang bahan dan penyajiannya berbeda.

6 jenis sushi ini antara lain nigiri yang penyajian ikannya dimasak terlebih dahulu, sashimi yang berupa irisan ikan yang disusun di atas nasi, maki roll sushi atau sushi gulung, uramaki yang lapisan rumput lautnya berada di dalam, temaki atau sushi kerucut, tempura roll atau sushi goreng.

Demikian penjelasan tentang fakta sushi yang ternyata memuat banyak sekali sejarah. Semoga bisa menjadi penambah wawasan pecinta sushi.