. Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu | Dailysia

inspirasi

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu

By  | 

Siapa sih yang tidak kenal dengan ramen? Ramen merupakan makanan khas negeri Sakura yang berbahan dasar dari mie yang dimasak kuah kuning dari pasta miso dan diberikan toping beraneka sayur, telur dan baso ikan.

Ramen sangat cocok disantap pada saat cuaca dingin. Makanan ini sangat popular di Jepang dan di Tanah air sendiri, ramen begitu digemari.

Ramen memilik rasa yang sangat berbeda dari mie rebus biasa karena kuah ramen dibuat dengan mencampurkan kaldu ayam atau sapi.

Nah, dibalik kelezatan kuah ramen tersebut ada beberapa fakta ramen yang menarik yang harus kamu tahu.

Baca juga: Berasal dari Timur Tengah, Ini 6 Fakta Wine yang Tak Banyak Diketahui

1. Ramen ternyata berasal dari China

https://www.instagram.com/p/B77MY7tHame/

(foto : instagram/thrivemags)

Identik dengan Jepang, ternyata ramen sebenarnya berasal dari Cina. Fakta ramen ini terungkap ketika ditelusuri dari sejarahnya, ramen merupakan sup khas Cina yang tiba di Jepang bersama pedagang Cina pada abad ke-19.

Hingga saat ini, ramen tetap digemari baik di Jepang maupun di negara lain. Nampaknya Jepang berhutang pada orang Cina untuk nama makanan yang begitu popular ini.

Loading...

Menurut Gil Asakawa, ramen adalah pengucapan bahasa Jepang dari karakter kanji untuk kata dalam bahasa Cina “lo mein” atau “lau mein”.

2. Ramen adalah mie pertama yang dikonsumsi di luar angkasa

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu

(foto: instagram/nympheetaminee)

Penemu mie instant yang bernama Momofoku Ando menemukan mie yang bisa dimakan di luar angkasa di tahun 2005, dua tahun sebelum beliau meninggal.

Beliau menemukan versi mie yang disegel lebih baik dari kemasan vakum yang mana versi tersebut memiliki mie lebih kecil dan kaldu yang lebih tebal agar mudah dimakan meskipun kondisi tanpa gravitasi.

Mie yang ditemukan Momofoku Ando ini diberikan nama Space Ram Noodles.  Pada saat itu, Astronot Jepang yang bernama Soichi Noguchi membawa mie instant penemuan Momofoku Ando ke ruang angkasa bersamanya dalam pesawat ulang alik.

3. Makan ramen terlalu banyak dapat menyebabkan kematian

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu !

(foto : instagram/speysyde)

Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa mengkonsumsi mie instan dua kali atau lebih per minggu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa kondisi seperti diabetes dan stroke.

Hal ini karena ramen instan diproses dengan kalori dan natrium yang sangat tinggi. Selain itu, kemasan Styrofoam pada ramen instan mengandung BPA yang mengganggu hormone dalam tubuh.

4. Makanan Terlaris yang dijual di Penjara Pulau Rikers

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu !

(foto : bbc)

Komisaris dalam Penjara Pulau Rikers di New York harus selalu menyediakan mie instan cup. Mie instan cup yang dijual seharga 35 sen tersebut merupakan makanan terlaris di penjara tersebut.

Para penjaga akan memberikan tahanan fasilitas air panas untuk menyeduh mie kesukaan mereka. Terkadang, tahanan juga menggunakan bumbu mie instan untuk menambah cita rasa makanan di kafetaria penjara yang rasanya hambar.

Baca juga: 6 Fakta Wuhan, Kota Tempat Virus Corona Pertama Kali Ditemukan

5. Salah satu museum di Yokohama, Jepang didedikasikan untuk Mie Instant Cup

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu !

(foto : instagram/salwooboo)

Di Yokohama, Jepang, ada sebuah museum yang diberikan nama Museum Cup Noodles yang didedikasikan untuk memuat sejarah produk dan hasil karya Momofuku Ando. D

alam museum tersebut bukan hanya menampilan produk buatan Momofuku saja, melainkan pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan ramen.

Pengunjung juga dapat menambahkan potongan naruto yang bentuknya lucu di atas ramen. Dilansir dalam situs web museum menyatakan ada 5.460 kombinasi rasa ramen yang bisa mereka cicipi.

6. Warna kuning pada mie ramen bukan berasal dari kuning telur

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu !

(foto : instagram/taniguchiramen)

Dalam pembuatan ramen tidak menggunakan telur sama sekali. Ada 4 bahan untuk membuat mie ramen tradisional yaitu tepung terigu, garam, air dan kansui. Warna kuning pada mie ramen diperoleh dari Kansui.

Kansui adalah larutan alkali yang mengatur tingkat keasaman dalam adonan. Larutan alkali di Jepang mengandung 80% natrium karbonat dan 20 % kalium karbonat. Ini merupakan bahan utama dalam membuat ramen yang menyebabkan mie memiliki warna kuning.

7. Miso ramen lahir di Jepang sekitar pertengahan 1950-an

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu !

(foto : instagram/holly_tasteandsee)

Pada tahun 1955 di Sapporo, Jepang mulai dikembangkan Miso Ramen dengan menggunakan bumbu jepang yang bernama Miso.

Setelah kemunculannya, miso ramen menjadi produk yang popular di Jepang. Selain diracik dengan bumbu miso, miso ramen ini juga ditambahkan kecap dan garam agar cita rasanya bertambah lezat.

8. Perang Dunia II menginspirasi pembuatan ramen instan

Tak Hanya Lezat, Ini 8 Fakta Ramen yang Wajib Kamu Tahu !

(foto : instagram/twigora)

Keterlibatan Jepang dalam perang dunia II menyebabkan kekurangan pangan dan kelaparan di seluruh Jepang dan peraturan pemerintah yang ketat tentang makanan membuat warga Jepang hanya punya sedikit makanan pada saat itu.

Saat itu, seorang pria Jepang Momofuku Ando membuat orang – orang yang kelaparan mengantre panjang  untuk semangkuk mie.

Ternyata pada saat perang dunia, Momofuku telah menemukan mie ramen instan dan mulai menjual ramen buatannya dalam kemasan yang diproduksi secara massal di tahun 1958. Setelah itu, Momofuku Ando kemudian mendirikan Nissin Foods.

Itulah beberapa fakta menarik tentang ramen yang jarang diketahui para pecinta ramen di tanah air. Tak hanya sekedar makan, tapi kamu juga perlu tau lebih dalam tentang yang kamu makan.