teknologi

10 Fitur Google Translate yang Makin Canggih, Cepat dan Akurat!

Penulis:   | 

Google selalu berhasil menciptakan software atau aplikasi yang terbaik di kelas-nya. Seperti halnya Google Translate yang sukses menjadi aplikasi penerjemah bahasa terbaik, terlengkap dan terakurat.

Sejak dirilis, Google Translate telah memukau banyak pengguna smartphone lewat fitur terjemahan super cepat nan canggih yang diusung.

Kemampuan aplikasi tentu terus ditingkatkan seiring berjalannya waktu. Ada beberapa fitur baru yang berhasil dihadirkan guna meningkatkan hasil terjemahan bahasa.

Fitur baru ini tentunya akan mempermudah pengguna dalam menerjemahkan bahasa sehingga tidak ada lagi penghalang bahasa antar negara.

Lantas, fitur apa saja yang dihadirkan? Temukan jawabannya pada ulasan 10 fitur Google Translate berikut ini.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Aesthetic, Bikin Fotomu Makin Keren

1. Typing translate

10 Fitur Google Translate yang Makin Canggih, Cepat dan Akurat!

Seperti yang kita tahu selama ini, Google Translate menyediakan fitur typing atau mengetik kata atau kalimat, kemudian Google Translate akan menerjemahkan bahasa secara langsung.

Pada fitur ini, kita dapat mengetik kata hingga 5000 kata dalam satu kali penerjemahan. Sudah barang pasti, hasil translate memiliki keakuratan yang tinggi.

Untuk saat ini, kamu dapat menerjemahkan bahasa hingga 108 bahasa yang beredar di seluruh dunia.

2. Speak to translate

10 Fitur Google Translate yang Makin Canggih, Cepat dan Akurat!

Sesuai dengan nama fitur yang diusung, kamu dapat menerjemahkan bahasa melalui suara. Fitur ini akan sangat berguna ketika kamu enggan untuk menulis atau mengetik kata yang ingin kamu terjemahkan.

Selain itu, fitur Speak To Translate juga akan sangat bermanfaat ketika kita bertemu dengan warga negara asing. Mereka hanya perlu mengucapkan kata dan kalimat yang ingin disampaikan dan proses terjemahan akan berlangsung.

Tak perlu lagi membuka kamus dan mencari kata satu persatu, lewat Google Translate hasil terjemahan muncul dalam hitungan detik saja.

3. Translate kata dari kamera

"10

Kehadiran Google Lens yang notabene telah terintegrasi dengan Google Translate memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan bahasa melalui kamera smartphone.

Hanya dengan membidik sebuah kata atau kalimat pada objek tertentu, seperti buku, papan pengumuman, produk dan barang lainnya, kita dapat  menerjemahkan kata secara realtime.

Aksara Jepang, China, Arab, dan Rusia yang tergolong rumit dapat dengan mudah diterjemahkan berkat bantuan fitur ini.

4. Terjemahan dokumen

10 Fitur Google Translate yang Makin Canggih, Cepat dan Akurat!

Kebutuhan penerjemahan bahasa semakin hari tentu semakin meningkat. Melihat hal ini, Google merilis fitur terjemahan dokumen yang telah mendukung ekstensi dokumen umum seperti docx, ppt, xslx dan masih banyak lainnya.

Berkat fitur ini, pengguna hanya perlu mengunggah dokumen mereka pada situs Google Translate.

Kemudian proses terjemahan bahasa akan berlangsung cepat. Jika sudah selesai, kamu dapat mengunduh file terjemahan.

Hasil terjemahan memiliki ekstensi dokumen yang sama persis seperti yang kamu upload. Jika kamu mengunggah docx tentu file hasil terjemahan juga docx.

5. Terjemahan situs

"10

Tak hanya dokumen, kamu juga mampu menerjemahkan situs secara langsung. Kamu hanya perlu memasukan url atau alamat situs yang ingin diterjemahkan.

Kemudian Google Translate akan me-redirect halaman ke url dan alamat tersebut lengkap dengan hasil terjemahan bahasa.

Tak hanya bahasa Inggris, proses translate situs ini tidak terbatas bahasa tertentu, sehingga kamu dapat menerjemahkan situs bahasa Jepang, China, Arab, Israel, Rusia ke dalam bahasa Indonesia.

Kini kamu takkan kebingungan lagi untuk mencari informasi di situs-situs luar negeri. Cukup dengan Google Translate, kamu dapat memahami isi konten website dengan mudah.

Baca juga: Cara Membuat Share Link Akun Instagram, Bisa Dibuat Promosi

6. Write to translate

"10

Fitur ini sebenarnya dikhususkan bagi negara-negara tertentu yang menggunakan aksara yang berbeda, seperti halnya Jepang dan China.

Di Indonesia sendiri, keyboard dalam dua bahasa tersebut sangat lah jarak ditemui. Tentu akan menyulitkan kita ketika ingin menerjemahkan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia.

Berdasarkan kasus inilah, fitur Write To Translate diciptakan. Ya! Lewat situs ini pengguna dapat menulis aksara melalui keyboard PC atau menulisnya secara langsung pada smartphone touchscreen milikmu.

7. Tap to translate

"10

Bagaimana jika kamu dapat menerjemahkan bahasa hanya dengan menekan kata atau kalimat tertentu? Sangat cepat dan praktis bukan?

Menyalin kata atau kalimat kemudian menempelnya pada kotak terjemahan Google Translate tentu memerlukan waktu dan usaha yang lebih.

Oleh sebab itu, Google menciptakan fitur tap to translate agar pengguna lebih cepat mendapatkan hasil terjemahan bahasa.

Fitur ini akan terintegrasi dengan browser yang kamu miliki. Google Chrome sebagai salah satu browser yang telah mendukung fitur ini.

8. Transcribe

Transcribe

Fitur ini dirilis untuk memudahkan proses penerjemahan obrolan secara langsung. Sampai saat ini bahasa yang tersedia adalah Inggris, Jerman, Perancis, Portugis,Thailand, Rusia dan Spanyol.

Dan tentunya akan terus dikembangkan dalam bahasa lainnya termasuk dalam bahasa Indonesia.

Berbekal fitur ini, pengguna akan mendapatkan hasil terjemahan pada layar mereka bahkan untuk obrolan yang memiliki durasi panjang.

9. Offline translate

"10

Saat menggunakan Google Translate, tentu perangkat kita harus terkoneksi dengan internet. Namun, itu adalah cerita masa lalu. Kini kita dapat menggunakan aplikasi ini secara offline.

Akan tetapi, kita perlu mengunduh terlebih dahulu bahasa yang ingin kita terjemahkan dan bahasa hasil terjemahan.  Setelah terunduh, kita dapat menerjemahkan kata atau kalimat lewat database lokal.

Tak perlu khawatir lagi ketika paket data habis dan tidak ada Wi-Fi di sekitar lokasimu. Lewat fitur ini, kamu dapat menerjemahkan bahasa kapan pun dan di mana pun.

10. Riwayat translate

"10

Ada kalanya kita membutuhkan data mengenai riwayat terjemahan kata atau kalimat. Apalagi jika kata dan kalimat tersebut adalah penting, seperti halnya kalimat template untuk keperluan marketing dan pekerjaan.

Kita dapat dengan mudah menemukan riwayat terjemahan pada aplikasi dan situs Google Translate. Riwayat ini tentu akan tersinkronasi dengan akun Google yang kamu miliki.

Download Google Translate

Aplikasi Translate Bahasa Jawa-Indonesia

(foto: playstore)

Sampai detik ini, Google Translate masih menjadi aplikasi terjemahan terbaik di dunia. Bahkan Yandex Translate dan Bing Translator belum mampu mengalahkan fitur dan kemampuan dari Google Translate.

10 fitur di atas juga mengindikasikan betapa berkualitas dalam menerjemahkan bahasa. Kemampuannya akan terus ditingkatkan, karena pada dasarnya Google Translate membawa teknologi AI yang akan terus berkembang.

Database katanya juga akan bertambah seiring dengan seringnya pengguna menerjemahkan bahasa.

Selain itu, Google juga membuka peluang bagi para kontributor untuk membantu pihak Google dalam memperkaya kata sehingga memiliki keakuratan dan kecerdasan yang terus meningkat.

Google Translate dapat kamu unduh dan gunakan secara gratis tanpa ada biaya yang harus dibayar.

Namun, jika kamu adalah seorang pengembang aplikasi atau web, API Google Translate dapat kamu gunakan setelah terdaftar sebagai anggota resmi Google Cloud Platform.

Download Google Translate

Akhir kata

Demikianlah ulasan kami mengenai fitur dari Google Translate. Tak ada alasan lagi untuk tidak belajar menggunakan bahasa asing terutama bahasa Inggris.

Tak bisa dipungkiri, bahasa Inggris akan menjadi bahasa paling penting di era meta verse yang akan segera dimulai.

Sebagai bahasa Internasional tentunya akan menjadi modal utama untuk berbisnis atau berbagi informasi antar negara.

Kamu dapat melatih diri dan memperkaya bahasa dengan menggunakan Google Translate sebagai aplikasi terjemahan paling akurat dan cepat saat ini.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.