inspirasi

9 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

Penulis:   | 

Membuat kerajinan dari barang bekas merupakan salah satu ide cemerlang dalam memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Sesuai dengan namanya, barang bekas merupakan barang yang sudah tidak terpakai dan siap untuk dibuang. Akan tetapi, tidak semua jenis barang bekas bisa dibuang begitu saja ke tempat sampah.

Pasalnya, ada banyak jenis barang yang masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kerajinan.

Oleh sebab itu, daripada dibuang dan tidak menghasilkan apa-apa, lebih baik di sulap menjadi barang manfaat yang memiliki nilai jual dan juga estetika yang tinggi.

Lantas, apa saja sih contoh kerajinan dari barang bekas yang bisa dimanfaatkan sebagai hiasan di rumah atau manfaat lainnya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Sejarah Podcast, Konten Audio yang Digemari Anak Muda

1. Kotak penyimpanan dari kardus

9 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

(foto:istockphoto)

Saat kamu membeli makanan atau pun minuman yang dibungkus dengan kardus, maka sebaiknya kardus tersebut jangan langsung dibuang, ya.

Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas tersebut menjadi kerajinan yang memiliki manfaat penting, salah satunya adalah kotak penyimpanan.

Cobalah untuk membentuk kardus sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Misalnya, kamu ingin membuatnya menjadi kotak penyimpanan sepatu atau pun tas, maka bentuk lah sesuai dengan barang tersebut.

Jangan lupa untuk memberinya hiasan berupa kertas warna yang dibungkus rapi atau hiasan lainnya sesuai dengan selera.

2. Bunga dari sedotan

9 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

(foto: merdeka)

Bunga dari sedotan bekas merupakan kerajinan yang umum dijumpai dan sudah ada sejak beberapa tahun silam.

Kerajinan ini banyak disukai karena cara perbuatannya yang cukup mudah, serta bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak membutuhkan biaya yang cukup besar.

Kamu hanya perlu mengumpulkan sedotan bekas sebanyak mungkin. Namun, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu sampai bersih, ya.

Sebab, sedotan bekas mengandung kuman, virus, dan bakteri yang berasal dari mulut. Sehingga kita tidak tahu kira-kira mikro-organisme tersebut dapat menular masuk ke dalam tubuh kita atau tidak.

3. Kaleng bekas menjadi tempat sendok

9 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

(foto: istockphoto)

Saat kamu membeli minuman dengan wadah kaleng, dan langsung membuang wadah tersebut begitu minumannya habis, maka mulai saat ini henti kan kebiasaan tersebut.

Sebaiknya kumpulkan kaleng bekas tersebut karena masih bisa di sulap menjadi kerajinan yang bermanfaat, salah satunya adalah tempat sendok.

Kaleng bekas yang kamu hias sedemikian rupa bisa menjadi tempat sendok atau peralatan makan lainnya yang cukup aesthetic.

4. Membuat keset dari kaos bekas

9 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

(foto: istockphoto)

Pakaian bekas, khususnya kaos yang memang sudah tidak layak untuk dipakai, sebaiknya jangan dibuang atau dibakar di tempat sampah.

Sebaiknya, sulap lah menjadi kerajinan yang bisa dimanfaatkan dengan baik, contohnya adalah keset.

Kamu bisa memotong nya menjadi bagian-bagian kecil. Agar lebih menarik, campur lah dengan berbagai warna sehingga terlihat lebih ramai.

Kamu juga bisa meletakkan keset tersebut di depan pintu kamar mandi, kamar, pintu masuk, bahkan di dapur.

5. Membuat hiasan dengan CD bekas

9 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

(foto: istockphoto)

Di jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, CD mungkin sudah tidak banyak lagi digunakan. Orang-orang beralih menggunakan Streaming untuk mendengarkan lagu atau pun menonton film.

Oleh sebab itu, jika kamu masih memiliki CD bekas yang sudah tidak terpakai, daripada dibuang sia-sia, cobalah untuk mengubahnya menjadi kerajinan, seperti hiasan.

Contohnya, kamu bisa membuat hiasan untuk gitar atau barang kesayanganmu. Seperti yang kita tahu bahwa CD memiliki bagian yang jika dilihat akan tampak seperti pelangi yang berwarna warni.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan bagian tersebut untuk dijadikan sebagai hiasan. Caranya, potong CD menjadi bagian-bagian kecil, lalu tempel kan menggunakan perekat pada benda kesayanganmu. Maka hasilnya akan mengagumkan.

Baca juga: Keunikan Tari Lengger, Kesenian untuk Mengingat Sang Pencipta

6. Membuat tas dari bungkus kopi

9 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

(foto: teakpalace)

Kopi instan saset yang sering kamu beli di warung, sebaiknya bungkus nya jangan langsung dibuang, ya. Karena, bungkus bekas kopi ternyata memiliki nilai seni yang tinggi, loh.

Bahkan, bisa kamu jual dan mendapatkan pundi-pundi rupiah yang nilainya cukup lumayan.

Caranya, bisa kamu sulap menjadi tas, baik tas jinjing, tas selempang, dompet, dan jenis tas lainnya.

Akan tetapi, untuk membuat kerajinan ini, membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena terasa sulit saat membuatnya.

Walau demikian, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan banyak belajar, maka akan terasa lebih mudah dan lebih cepat menyelesaikannya.

7. Menghias lampu dari kain bekas

Menghias lampu

(foto: istockphoto)

Selain dapat dijadikan keset, kaos bekas juga bisa kamu manfaatkan untuk kerajinan lainnya, seperti hiasan pada lampu.

Jika kamu memiliki lampu berukuran besar yang biasa diletakkan di rang keluarga atau kamar tidur, daripada terlihat polos dan membosankan, alangkah baiknya jika dihias dengan kaos yang sesudah tidak terpakai ini.

Daripada dibuang atau dibakar tidak menghasilkan apa-apa, sebaiknya dimanfaatkan agar memiliki nilai estetika bahkan nilai jual yang tinggi.

8. Pigura dari stik eskrim

Pigura stik eskrim

(foto: merdeka)

Jika kamu pecinta es krim stik, setelah kamu memakannya, apakah stiknya langsung kamu buang ke tempat sampah?

Jika iya, maka mulai saat ini sebaiknya simpan terlebih dahulu stik es krim tersebut sampai jumlahnya lumayan banyak.

Sebab, kamu bisa mengubahnya menjadi kerajinan yang bisa bermanfaat, salah satunya adalah pigura alias bingkai foto.

Caranya cukup mudah, stik es eskrim yang sudah terkumpul di cat dengan berbagai macam warna. Pilihlah warna mencolok agar terlihat lebih indah dan menarik perhatian, seperti merah, kuning, hijau, oranye, dan lain sebagainya.

Kemudian, gabungkan menjadi satu dan bentuk seperti pigura dengan ukuran sesuai dengan fotomu. Rekatkan menggunakan lem kayu agar lebih awet dan menempel dengan sempurna.

9. Pot dari botol bekas

Pot dari botol

(foto: istockphoto)

Botol bekas air mineral rupanya bisa di sulap menjadi kerajinan yang dapat digunakan sebagai hiasan, contohnya adalah pot bunga.

Caranya cukup mudah, pertama-tama sediakan botol bekas air mineral yang jumlahnya sesuai dengan jumlah pot bunga yang dibutuhkan.

Kemudian, potong menjadi dua bagian lalu ambil bagian bawahnya. Untuk kiasannya, buat dua buah telinga kelinci dari sisa potongan botol bagian atasnya tadi. Lalu, rekat kan telinga tersebut di atas botol bagian bawah.

Setelah itu, warnai botol dengan warna sesuai selera. Misalnya, ingin menyerupai kelinci, maka hias lah dengan warna putih.

Setelah cat menempel dan kering, pot bisa digunakan. Kamu bisa meletakkan berbagai macam bunga hias di atasnya.

Akan tetapi, karena ukuran botol bekas sedikit lebih kecil, maka pilihlah jenis bunga yang memiliki ukuran lebih kecil, contohnya bunga kaktus kecil atau Bunga hias gantung lainnya.

Kamu juga bisa meletakkan pot bunga tersebut di teras rumah atau pun di dalam ruangan.

Akhir kata

Demikianlah, 9 kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Jika kamu masih merasa kesulitan dalam membuatnya, maka tidak ada salahnya untuk melihat tutorial cara pembuatan nya di Youtube atau media sosial lainnya.

Dengan memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan yang memiliki nilai seni serta nilai jual yang tinggi, maka secara tidak langsung kita bisa mengurangi jumlah sampah yang tidak bisa di daur ulang, yang nantinya akan mencemari lingkungan, salah satu contohnya adalah sampah plastik.

Tidak hanya itu, kamu bisa melatih Produktivitas sehingga tidak hanya berdiam diri saja di rumah, melainkan melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.