inspirasi

10 Cara Mengusir Semut Secara Efektif dan Ampuh

Penulis:   | 

Ada banyak cara mengusir semut secara efektif dan ampuh yang wajib kamu ketahui. Apalagi ketika pasukan semut datang menyerbu makanan yang kita simpan, seperti gula, beras, kecap, dan jenis makanan lainnya.

Semut memang hewan yang berukuran kecil. Namun, ketika mereka datang secara berkoloni dan menyerbu segala isi rumah terutama dapur, maka akan membuat kita kesal.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita harus mencari cara bagaimana untuk mengusir semut yang membandel tersebut.

Nah, berikut adalah beberapa cara mengusir semut yang bisa diterapkan di rumah agar semut bisa menghilang dengan mudah.

Baca juga: Mengenal Ciri Kucing Anggora dan Cara Memeliharanya

1. Semprotkan tea tree oil

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Tea tree oil alias minyak pohon teh terkenal akan khasiat nya bagi kesehatan dan juga kecantikan. Bisanya, orang menggunakan minyak ini untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

Di dalam minyak ini terdapat kandungan antimikroba, antioksidan, dan anti inflamasi yang sangat ampuh dalam membunuh virus dan bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, tea tree oil juga dapat mengatasi peradangan.

Mengusir semut membandel juga bisa dengan cara menggunakan minyak pohon teh. Caranya cukup mudah. Campur kan 5 hingga 10 tetes minyak tersebut dengan 2 cangkir air.

Lalu letakkan dalam wadah semprot. Semprot kan ke arah semut yang bergerombol atau bisa juga ke arah sarang semut.

Cara lainnya adalah gunakan bola kapas dan letakkan di sekitar rumah dimana terdapat tempat semut bersarang.

2. Larutan cuka putih

Asal Usul Cuka, Jenis, dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(foto: adobestockphoto)

Saat semut datang menyerbu tempat tidur, tentu akan membuat tidur terasa tidak nyaman karena gigitan nya.

Terlebih lagi, saat sudah dibersihkan bukannya pergi, malah justru kembali lagi dan jumlahnya juga semakin banyak.

Solusinya adalah gunakan larutan cuka putih untuk mengusir semut-semut tersebut. Caranya, buat larutan cuka putih dengan perbandingan 50:50, antara cuka murni dan air.

Tidak hanya mengusir, larutan ini juga bisa membunuh semut. Jika yang datang menyerang semut merah, maka tidak perlu menggunakan perbandingan air. Kamu bisa langsung menggunakan cuka encer, maka semut akan pergi.

3. Tuangkan air mendidih

Ketahui Cara Agar Tubuh Tetap Fit Selama Puasa

(foto: pixabay)

Mengusir semut juga bisa dengan cara menuangkan air mendidih ke dalam rumah semut. Cara ini cukup efektif dalam membunuh semut dalam jumlah yang banyak walaupun terlihat lebih kejam.

Saat menuangkan air mendidih ke dalam sarang semut, maka semut-semut yang bergerombol di dalamnya akan mati.

Namun, jika masih ada semut yang hidup dan keluar dari sarang tersebut, maka kamu bisa menggunakan cara lain untuk membasmi nya.

4. Kayu manis

10 Ramuan Tradisional  Bantu Cegah Virus, Terbukti Ampuh!

(foto: instagram/sehatpraktis_essenzo)

Tidak hanya dijadikan sebagai bahan penyedap masakan, kayu manis rupanya berfungsi untuk membantu mengusir semut.

Biasanya, semut akan masuk ke dalam rumah pada saat suhu terasa panas, dan mereka cenderung sulit untuk disingkirkan.

Cara efektif untuk mengusir semut dengan menggunakan kayu manis adalah taburkan rempah tersebut di sekitar rumah.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menaburkan kayu manis di garis titik keluar masuk semut, maka mereka tidak akan bisa melewatinya. Sehingga bisa dipastikan bahwa semut tidak akan kembali masuk ke dalam rumah.

5. Bubuk merica

10 Bahan Alami Mengusir Tikus. Dijamin Ampuh!

(foto: pexels/pixabay)

Selain kayu manis, rempah penyedap masakan lainnya yang  bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut adalah merica.

Rempah yang memiliki rasa pedas ini memiliki bau menyengat yang tidak disukai oleh semut. Oleh sebab itu.

Taburkan merica ke setiap sisi meja makan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan menaburkan merica, maka semut akan pergi dan tidak akan berani datang lagi.

Baca juga: 8 Fakta Ikan Kembung, Tinggi akan Kandungan Omega 3

6. Minyak lemon eucalyptus

cara mengusir semut

foto: istockphoto

Mengusir serangga, khususnya semut bisa dengan cara menggunakan minyak lemon eucalyptus. Minyak tersebut mengandung serai yang bisa digunakan sebagai bahan terapi lilin untuk mengusir nyamuk.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa rupanya minyak lemon ini tidak hanya mampu mengusir nyamuk saja, melainkan juga semut yang bersarang di dalam rumah.

Cara menggunakannya cukup mudah, yakni rendam bola kapas dengan minyak tersebut. Kemudian, letakkan bola kapas yang sudah direndam dengan minyak lemon di tempat-tempat yang menjadi sarang semut.

Namun, perlu diingat bahwa jangan sampai minyak ini tertelan karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. oleh sebab itu, tempatkan di tempat yang aman dan se bisa mungkin jauhkan dari jangkauan anak-anak.

7. Tepung jagung

9 Manfaat tepung maizena untuk kesehatan tubuh

(foto: indiamart)

Ada banyak jenis tepung yang bisa digunakan untuk bahan masakan, salah satunya adalah tepung jagung atau yang biasa disebut dengan tepung maizena.

Tepung yang dapat memberikan efek kental pada masakan ini, rupanya dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengusir semut secara efektif.

Caranya, tuangkan tepung maizena ke seluruh kelompok semut, kemudian tambahkan air di atasnya. Dengan memberikan tepung jagung dan air, maka semut akan di bekap dengan mudah.

Jika kamu memiliki vacum cleaner, kamu bisa menggunakan alat tersebut dengan cara menutupi semut dengan tepung maizena terlebih dahulu, lalu menyedot nya sampai bersih.

Setelah melakukan cara tersebut, jangan lupa untuk membuang kantong vakum bersegel ke luar ruangan.

8. Mentimun

Cara Super Gampang dan Murah Atasi Ketiak Gelap!

(foto: unsplash/f17photo)

Mentimun merupakan sayuran yang biasa disantap mentah maupun dalam bentuk olahan. Sayuran ini rupanya tidak hanya menyehatkan tubuh, melainkan juga ampuh dalam mengusir semut.

Hal tersebut dikarenakan, mentimun ditakuti oleh berbagai macam serangga, seperti kecoak, semut, dan lain sebagainya.

Caranya, iris mentimun menjadi beberapa bagian. Kemudian, letakkan iris an tersebut di titik masuk semut yang mungkin ada di dalam ruangan rumah seperti kamar tidur, dapur, dan ruangan lainnya.

Mentimun memiliki aroma yang cukup khas. Aroma itulah yang tidak disukai oleh semut yang akhirnya mereka akan menghindar menjauh.

9. Tutup lubang-lubang di dalam rumah

cara usir semut

foto: istockphoto

Jika dengan cara menggunakan bahan alami maupun kimia kurang ampuh dalam membasmi semut, maka kamu bisa menggunakan cara lain, yakni dengan menutup semua lubang yang berpotensi menjadi tempat keluar masuk semut.

Seperti yang kita tahu bahwa semut dan serangga menyukai lubang-lubang di dalam rumah sebagai sarang dan tempat tinggal mereka.

Bahkan, lubang tersebut meraka jadikan sebagai tempat menyimpan makanan yang mereka kumpulkan. Oleh sebab itu, akan ada banyak semut yang bergerombol dan akhirnya membuat kesal.

10. Bersihkan perabotan rumah

cara usir semut

foto: istockphoto

Adanya koloni semut bukan tanpa sebab. Penyebab utamanya adalah karena kurangnya menjaga kebersihan, terutama pada perabotan rumah.

Saat kamu sedang memakan makanan seperti makanan manis ataupun keripik dan makanan lainnya, pasti akan nada remahan yang jatuh.

Jika remahan tersebut tidak dibersihkan dan dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan menjadi sarang semut.

Adapun beberapa perabot rumah yang harus dibersihkan, seperti peralatan di dalam dapur, bantal sofa, area tempat makan, keranjang sampah, dan tempat-tempat lainnya.

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, maka sebaiknya periksa secara rutin tempat makan hewan tersebut. Pasalnya, semut juga menyukai makanan hewan peliharaan.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa cara mengusir semut yang bisa kamu lakukan. Perlu diingat, dengan kita mengusir dan membunuh semut, bukan berarti semut tidak boleh ber aktivitas dan tidak boleh hidup.

Sebaiknya, usir semut yang masuk ke dalam rumah dan mengganggu kenyamanan. Jika semut bergerombol di tempat yang tidak mengganggu seperti di luar rumah, maka sebaiknya biarkan hidup dan jangan mengganggunya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.