lifestyle

13 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Cara Alami hingga Modern

Penulis:   | 

Cara menghilangkan flek hitam di wajah bisa dengan menggunakan bahan alami, yang cukup mudah dijumpai.

Selain lebih hemat biaya karena harganya terjangkau, bahan alami ini juga dianggap aman dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk.

Flek hitam merupakan salah satu masalah kulit wajah yang terjadi karena aktivitas pigmentasi secara berlebihan, sehingga menimbulkan bercak atau noda berwarna hitam di area wajah.

Penyebab utama dari masalah kulit ini adalah paparan sinar matahari berlebih.

Flek hitam umumnya menyerang banyak orang dan tidak berbahaya. Penyebab lainnya, selalin terpapar sinar matahari secara berlebihan, juga karena faktor genetik dan bekas jerawat.

Walaupun tidak menimbulkan resiko buruk, namun jika terus dibiarkan maka akan membuat penampilan kurang sempurna.

Seperti yang kita tahu, bahwa wajah mulus adalah dambaan semua wanita. Jadi, sebaiknya gunakan beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Bruntusan, Bahan Alami hingga Kimia

1. Jangan lupa menggunakan tabir surya

8 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah, Cara Alami hingga Modern

(foto: unsplash/okan)

Untuk menghilangkan atau mencegah flek muncul di wajah, kamu bisa menggunakan tabir surya, atau yang biasa dikenal dengan nama sunscreen. Produk kecantikan ini kini banyak dijual di pasaran dengan berbagai macam merk.

Tabir surya dianggap ampuh melindungi wajah dari paparan sinar matahari, terutama dari sinar UVA dan UVB. Sehingga, flek hitam pada wajah salah dicegah.

Sebaiknya, gunakan produk ini setiap hari, terutama di siang hari agar wajah dapat perlidungan yang maksimal.

2. Minum sari wortel secara rutin

8 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah, Cara Alami hingga Modern

(foto: morningchores)

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki ragam manfaat baik bagi kesehatan. Salah satu manfaat wortel yang kerap dirasakan oleh orang adalah untuk menyehatkan mata.

Tidak hanya untuk mata, wortel rupanya sangat ampuh dalam memelihara dan menjaga kesehatan kulit.

Kandungan provitamin A yang terdapat di dalamnya, mampu memberikan kelembapan pada kulit dan mengatasi kulit kadar serta flek hitam pada wajah.

Caranya, haluskan wortel dengan cara diparut ataupun dengan blender. Ambil airnya dan buang sarinya. Setelah itu, minum secara rutin setiap hari.

3. Konsumsi jus tomat

8 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah, Cara Alami hingga Modern

(foto: unsplash/andriezzo)

Tomat merupakan salah satu buat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, ia juga bisa menyehatkan kulit terutama wajah.

Banyak yang mengsnggsp bahwa tomat bisa menghaluskan kulit dan juga mencerahkan dengan alami.

Menghilangkan flek hitam pada wajah bisa dengan cara memanfaatkan tomat. Kandungan vitamin C di dalamnya dipercaya dapat menyehatkan kulit.

Tidak hanya itu, tomat juga bisa mencegah pertumbuhan melamin yang berlebih. Sehingga, wajah akan terasa lebih halus dan bebas dari flek hitam.

Caranya, ambil beberapa buah tomat segar, kemudian haluskan dengan cara di blender menjadi jus. Minum secara rutin setiap hari.

Selain memberikan rasa segar, jus tomat juga bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Selain diolah menjadi jus, kamu juga bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

4. Minum air putih yang banyak

Ketahui Cara Agar Tubuh Tetap Fit Selama Puasa

(foto: pixabay)

Semua orang pasti tahu manfaat ajaib mengonsumsi air putih. Air putih memiliki ragam manfaat, baik untuk kesehatan tubuh hingga menjaga dan memelihara kulit.

Mengonsumsi air putih yang cukup, bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga tidak kekurangan cairan dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, juga bisa membuat kulit tetap segar dan tidak kering.

Minum air putih yang banyak juga bisa membuat kulit wajah tetap elastis sehingga tidak kering dan pecah-pecah.

Kondisi kulit yang lembab, dapat terhindar dari berbagai macam masalah, salah satunya adalah flek hitam.

Oleh sebab itu, Konsimsilah air putih minimal 2 liter setiap harinya agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Baca juga: 8 Manfaat Jahe Merah, Menambah Stamina & Hilangkan Bau Mulut

5. Konsumsi teh secara rutin

8 Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah, Cara Alami hingga Modern

(foto: unsplash/drew)

Minum teh tanpa gula setiap hari, bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan, diantaranya mengurangi resiko diabetes, menjaga kesehatan jantung, membakar lemak, membuat gigi lebih sehat, tidur lebih lelap, serta melancarkan metabolisme.

Tidak hanya itu, minum teh secara rutin juga bisa membuat kulit lebih sehat dan dapat menghilangkan flek hitam pada wajah.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya, mampu menangkal radikal bebas penyebab masalah kulit, salah satunya flek hitam.

Selain itu, saat kamu minum teh setiap hari maka kamu akan mendapatkan senyawa polifenol, yang mana senyawa tersebut ampuh dalam menangkal pertumbuhan sel tumor penyebab kanker kulit.

6. Menggunakan krim pemutih

Menggunakan krim pemutih

(foto: pinterest)

Sebagian besar wanita ingin memiliki wajah putih dan cerah. Untuk mendapatkannya, mereka melakukan serangkaian perawatan dengan menggunakan berbagai macam produk kecantikan, salah satunya adalah krim pemutih.

Selain dapat memutihkan wajah, krim pemutih yang mengandung hydroquinone juga dapat menekan produksi melanin, sehingga flek hitam pada wajah dapat teratasi. Wajah yang cerah juga dapat menyamarkan bintik atau bercak hitam pada wajah.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan hydroquinone janganlah terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan dampak buruk bagi kulit wajah, seperti kanker kulit. Oleh sebab itu, pilihlah krim pemutih yang memang sudah terbukti aman atau berlebel BPOM.

7. Perawatan laser

Perawatan laser

(foto: pexels/polinatankilevitch)

Selain menggunakan bahan alami dan produk kimia, menghilangkan flek hitam juga bisa dengan cara melakukan perawatan di klinik kecantikan, yakni perawatan laser.

Perawatan ini dilakukan dengan cara menggunakan energi cahaya yang terfokus untuk menghilangkan lapisan kulit mati dan menggantinya dengan lapisan kulit baru.

Cara ini terbilang cukup ampuh dan bisa menghilangkan flek hitam secara cepat, akan tetapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Apalagi, perawatan laser tidak hanya sekali saja dilakukan, melainkan diulangi lagi beberapa kali agar hasilnya maksimal.

Selain itu, efek samping dari perawatan ini juga bisa membuat kulit menjadi bengkak dan kemerahan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena efek samping ini akan hilang seiring berjalannya waktu atau sekitar satu minggu.

Flek hitam akan muncul kembali jika kamu tidak menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

8. Menggunakan masker wajah

Menggunakan masker wajah

(foto: doktersehat)

Masker wajah merupakan salah satu perawatan wajah yang tidak boleh dilupakan. Umumnya, perawatan ini dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Perawatan ini, mampu meregenerasi kulit sehingga kulit mati akan tergantikan dengan kulit baru yang lebih segar.

Masker bisa menutrisi kulit sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan cerah. Selain itu, juga bisa menghilangkan flek hitam pada kulit.

9. Menggunakan lidah buaya

Cara Menghilangkan Bruntusan, dengan Bahan Alami hingga Kimia

(foto: istockphoto)

Lidah buaya merupakan tanaman yang kerap digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik tampilan halaman maupun di dalam rumah.

Tanaman bernama latin aloe vera ini, juga sangat popular sebagai tanaman obat herbal, terutama untuk kecantikan.

Banyal orang menggunakan lidah buaya sebagai perawatan alami rambut agar lebih lebat dan halus. Tidak sedikit pula yang menggunakannya sebagai solusi dari masalah kecantikan, khususnya menghilangkan flek hitam di wajah.

Hal ini dikarenakan, lidah buaya mengandung nutrisi baik yang ampuh menjaga kesehatan kulit.

Caranya, potong lidah buaya menjadi beberapa bagian hingga terlihat gelnya. Kemudian, oleskan pada wajah yang mengalami bitnik hitam.

Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin untuk hasil yang maksimal.

10. Menggunakan papaya

Pepaya California, Buah Asli Indonesia yang Punya Banyak Keunggulan

(foto: okezone)

Semua orang, termasuk kamu pasti tahu akan manfaat dari papaya, bukan? Buah manis satu ini, kerap dikonsumsi untuk memelihara kasehatan mata.

Pasalnya, kandungan vitamin A yang terdapat di dalamnya mampu melindungi mata dari gangguan, salah satunya mata rabun.

Tak heran jika banyak orang menyukai buah ini, baik anak-anak maupun dewasa.

Tidak hanya mampu memelihara kesehatan mata, ekstrak papaya juga diyakini dapat memeliharan kesehatan kulit.

Kandungan nutrisi di dalamnya dipercaya mampu menghilangkan flek hitam pada kulit wajah. Selain menghilangkan bitnik hitam, buah yang cukup mudah ditemui ini rupanya juga dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Dengan demikian, kulit wajah akan terhindar dari kusam dan flek hitam yang mengganggu.

11. Menggunakan cuka apel

cuka apel

(foto: istockphoto)

Sebagian besar orang menggunakan cuka apel untuk masalah kecantikan, terutama oada kulit wajah.

Tidka hanya dapat menghilangkan beruntusan, cuka apel rupanya juga bisa menghilangkan flek hitam pada wajah.

Hal ini dikarenakan, kandungan anti-inflamasi yang terdapat di dalamnya mampu menyamarkan flek hitam di wajah secara efektif.

Tidak hanya itu, ia juga mampu mengangkat sel kulit mati penyebab wajah kusam. Dengan demikian, wajah akan menjadi lebih cerah dan bebas dari bitnik hitam.

Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskannya pada wajah, terutama yang mengalami bitnik hitam. Lakukan cara tersebut secara rutin sectiap hari.

12. Menggunakan yogurt

Gak Gampang Sakit! 6 Tips Agar Kesehatan Tetap Terjaga

(foto: pixabay/poncephotography)

Mungkin, selama ini kamu tahu manfaat yogurt hanya untuk melancarkan pencernaan dan membunuh bakteri jahat di dalam tubuh saja.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa yogurt juga memiliki manfaat baik bagi kecantikan. Makanan atau minuman yang terbuat dari fermentasi susu ini, rupanya mampu membantu mengatasi flek hitam pada wajah.

Sebab, kandungan asam laktat yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan sel kulit mati. Dengan musnahnya sel kulit mati, maka wajah akan menjadi lebih cerah. Secara tidak langsung, bitnik hitam di wajah juga akan memudar dengan sendirinya.

Cara menggunakan yogurt untuk menghilangkan bintik hitam adalah dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

Namun, perlu diingat bahwa, hanya yogurt alami atau plan yogurt yang bisa digunakan. Artinya, yogurt kemasan dengan berbagai macam rasa seperti yang dijual di pasaran, tidka direkomendasikan untuk digunakan karena bahan alaminya sudah tercampur.

13. Oleskan sari lemon

5 Buah Ini Membuat Kulit Mulus, Sehat dan Bebas Jerawat!

(foto: unsplash/mkhaliqi)

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. seperti yang kita tahu, bahwa vitamin C sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh dan juga kulit.

Diketahui, vitamin C mampu menurunkan produksi melanin, yaman mana kita tahu bahwa melanin merupakan penyebab dari timbulnya bintik hitam dan sel kulit mati pada wajah.

Cara menggunakannya cukup mudah. Cukup dengan mengoleskan sari lemon ke seluruh wajah. Gunakan kapas agar lebih cepat menyerap. Tunggu selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam pada kulit wajah. Akan lebih baik jika mencegah daripada mengobati. Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan wajah.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah setiap hari, terlebih lagi sebelum tidur dan setelah bepergian. Sebab, kotoran yang menempel pada wajah akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah.

Selain itu, jangan lupa menggunakan tabir surya atau krim yang mengandung UVA dan UVB untuk pencegahan. Usahakan untuk selalu menggunakannya di siang hari walau saat cuaca mendung sekalipun.

Sebab,paparan sinar matahari langsung dan tidak langsung dapat membuat kulit menjadi terbakar dan meninggalkan bekas hitam di wajah.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.