lifestyle

12 Cara Mengatasi Rambut Mengembang, Mudah Dilakukan

Penulis:   | 

Ada banyak cara mengatasi rambut mengembang yang bisa dilakukan sendiri di rumah, baik dengan cara alami maupun menggunakan produk rambut yang dijual di pasaran.

Seperti yang kita tahu bahwa rambut mengembang merupakan permasalahan pada rambut yang kerap terjadi. Salah satu penyebabnya adalah karena terlalu sering keramas.

Terlalu sering keramas dengan menggunakan sampo rupanya dapat menghilangkan minyak alami pada rambut, sehingga rambut menjadi kering dan mengembang.

Saat rambut mengembang, maka akan sulit untuk ditata. Dengan demikian, rambut akan terlihat seperti acak-acakan dan tidak rapi.

Nah, berikut adalah beberapa cara mengatasi rambut mengembang yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Koreng Secara Alami dan Medis

1. Jangan terlalu sering keramas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa penyebab rambut kering dan mengembang adalah karena terlalu sering keramas.

Jika kamu keramas atau mencuci rambut setiap hari, maka sebaiknya hindari kebiasaan tersebut. Sebab, rambut yang terkena sampo dan air setiap hari dapat menghilangkan inyak alami di dalamnya sehingga menjadi kering.

Disarankan untuk keramas selama dua hari sekali saja, jika rambutmu berminyak, maka lebih baik menggunakan dry shampoo saja.

2. Keramas menggunakan sampo yang melembabkan

Bagi kamu yang setiap harinya melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga rambut terkena panas matahari secara langsung, maka sebaiknya untuk mencuci rambut setiap hari.

Akan tetapi, penggunaan air dan sampo harus diperhatikan. Jika diharuskan keramas setiap hari, maka sebaiknya gunakan air dingin dan sampo yang mengandung bahan untuk melembabkan.

Air dingin bertujuan agar kutikula rambut tidak terbuka sehingga kelembapan rambut tidak ikut hilang.

Semetara, sampo yang mengandung pelembab bisa membuat rambut tetap lembab sehingga rambut terhindar dari kerusakan seperti kering dan mengembang.

3. Menyisir rambut setelah keramas dengan tangan

Percaya atau tidak, menyisir rambut dalam kondisi kering dapat merusak kutikula rambut sehingga menyebabkan rambut mengalami kerusakan, salah satunya adalah mengembang.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menyesir rambut dalam keadaan basah namun menggunakan jari tangan.

Cara ini bisa kamu lakukan setelah mencuci rambut untuk menghindari resiko rambut mengembang.

4. Batasi penggunaan pengering rambut dan catokan

Sebagian besar wanita pasti menggunakan pengering rambut dan juga catokan untuk menata rambut agar telihat lebh indah dan rapi.

Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan kedua alat tersebut dapat membuat rambut kering dan mengembang jika digunakan dalam waktu yang cukup sering.

Hal tersebut dikarenakan, pengering rambut dan catokan mengeluarkan panas yang nantinya bisa merusak rambut. Sama halnya seperti kulit yang terpapar sinar matahari secara terus menerus, maka dapat mengalami kerusakan.

Oleh sebab itu, kurangi penggunaan kedua alat tersebut jika tidak terlalu diperlukan. Namun, jika harus menggunakannya, maka sebaiknya oleskan pelembab atau vitamin rambut terlebih dahulu untuk melindungi rambut dari kerusakan.

5. Keringkan rambut dengan ditepuk lembut

Siapa yang suka mengeringkan rambut dengan cara menggosok kasar pakai handuk? Jika kamu termasuk, maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut.

Menggosok rambut terlalu kasar dalam kondisi basah atau kering, dapat membuat rambut mengalami kerusakan, seperti kering dan mengembang.

Hal tersebut dikarenakan, gosokan yang terlalu keras dapat membuat kutikula rambut menjadi rusak, sehingga menyebabkan rambut menjadi megar dan sulit diatur.

Oleh sebab itu, cobalah untuk mengeringkan rambut dnegan cara ditepuk lembut menggunakan handuk.

6. Creambath secara rutin

Creambath merupakan salah satu cara mengatasi rambut mengembang yang cukup mudah dilakukan, baik dilakukan sendiri di rumah maupun di salon kecantikan.

Pilihlah produk yang aman dnegan kandungan bahan yang tidak terlalu berat untuk menghindari ketidak cocokan pada rambut yang justru dapat menimbulkan kerusakan.

Kamu bisa melakukan proses perawatan rambut ini secara rutin, yakni seminggu sekali setelah keramas menggunakan sampo dan kondisioner.

Baca juga: Tepung Terigu Protein Rendah, Jenis-Jenis & Cara Memilih

7. Rajin menggunakan kondisioner

Tidak perlu diragukan lagi bahwa manfaat kondisioner yang paling utama adalah untuk melembabkan rambut. Dengan kondisi rambut yang lembab, maka akan terhindar dari rambut mengembang.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan kondisioner secara rutin terutama setelah keramas. Saat ini terdapat banyak produk kondisioner yang bisa dipilih dan dengan penggunaan yang berbeda-beda.

Kamu bisa memilih kondisioner sesuai dengan kebutuhan, baik yang digunakan saat keramas dan rambut dalam kondisi basah, ataupun setelah keramas dalam kondisi rambut yang sudah kering.

8. Gunakan minyak kelapa

Bagi kamu yang suka menggunakan bahan alami untuk perawatan kecantikan khususnya rambut, kamu bisa coba menggunakan minyak kelapa yang dioleskan pada rambut secara rutin.

Minyak ini juga sama seperti kondisioner, yakni memiliki fungsi untuk melembabkan rambut sehingga terhindar dari rambut mengembang dan kering.

Hal ini disebabkan, terdapat kandungan minyak laurat tinggi di dalamnya yang nantinya akan diserap dengan mudah oleh rambut sehingga kadar protein dalam rambut dapat terjaga dengan baik.

Cara penggunaannya cukup mudah. Ambil beberapa tetes minyak kelapa dengan cara tuangkan pada telapak tangan, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurnag lebih 15 menit. Kemudian, bilas sampai bersih.

Jangan lupa untuk membilasnya dengan menggunakan sampo agar minyak kelapa yang menempal pada rambut bisa hilang dengan mudah.

9. Gunakan telur

Rupanya, telur juga memiliki manfaat untuk mengatasi rambut mengembang, loh. Hal tersebut dikarenakan, telur mengandung nutrisi seperti biotin (vitamin B7) dan juga lemak jenuh yang dipercaya ampuh dalam mengatasi rambut kering.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni pecahkan dua butir telur, kemudian kocok hingga tercampur merata. Setelah itu, oleskan pada rambut secara merata, helai demi helai.

Tutup rmabut yang sudah diolesi telur menggunakan shower cap, lalu diamkan selama 15 menit agar meresap dengan sempurna.

Setelah itu, cuci rambut sampai bersih menggunakan sampo dan air dingin. Kamu bisa menggunakan cara ini secara rutin, yakni selama satu hingga dua kali dalam seminggu.

10. Gunakan madu

Seperti yang kita tahu bahwa madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, kulit, dan juga rambut.

Untuk mengatasi rmabut mengembang, kamu bisa menggunakan bahan alami ini. Hal tersebut dikarenakan, madu mengandung zat yang berfungsi sebagai bahan pengikat.

Dengan demikian, jika kamu menggunakan madu secara rutin, maka rambutmu akan mudah ditata dan bebas dari kering dan mengembang.

11. Gunakan masker rambut

Selain rutin melakukan creambath, mengatasi rmabut mengembang juga bisa dilakukan dengan cara pakai masker rambut secara rutin.

Masker rambut ini sangat bermanfaat untuk melembabkan dan menutrisi rambut hingga akar dengan baik, sehingga rambut bebas kering dan kusut.

Pilihlah masker rambut yang memang dikhususkan untuk rambut kering agar kelembabannya dapat terjaga dengan baik.

Jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin, yakni seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Gunakan serum rambut

Agar rambut tetap lembab dan tidak mengembang, kamu bisa menggunakan serum rambut secara rutin.

Serum rambut memiliki tekstur yang lebih kecil sehingga mampu meresap ke dalam rambut dan kulit kepala dengan mudah.

Selain untuk melembabkan, serum rambut ini juga berfungsi untuk memulihkan kondisi rambut yang telah mengalami kerusakan.

Akhir kata

Demikianlah, cara mengatasi rambut mengembang yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kuncinya, agar rambut tidak mengembang dan kering, kita harus menjaga kelembabannya.

Saat kelembaban rambut bisa didapatkan dengan baik, makau rmabut mengembang akan menjauh dan rambut akan terlihat lebih sehat.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.