. Bodata, Profil dan Fakta Menarik DJ Calvin Harris | Dailysia

profil

Biodata, Profil dan Fakta Calvin Harris

By  | 

Trend musik EDM yang merajalela erat kaitannya dengan sosok DJ ternama Calvin Harris. Sosok yang mempopulerkan lagu “How Deep Is Your Love” itu telah menyabet deretan lebih dari 32 penghargaan melalui American Music Awards, Billboard Music Awards, dan masih banyak lagi.

Keteranaran Calvin Harris berawal dari kegigihannya untuk membeli perlengkapan DJ melalui kerja keras di supermarket hingga pabrik ikan.

Tak hanya puas meluncurkan dua lagu, ia pun bertekad untuk mempelajari musik lebih mendalam dengan pindah ke London. Namun setelah mengeluarkan beberapa lagu, ia kembali ke Skotlandia karena kehabisan uang.

Ketika merintis karir kembali melalui media sosial, bakat Calvin Harris mampu menarik perhatian Mark Gillespie yang tanpa ragu menawarkan kontrak untuk bergabung dalam firma manajemen yang baru dibentuk olehnya.

Hal ini pun membuat dirinya terus berkembang hingga mampu meluncurkan album debut “I Created Disco” di tahun 2007. Ia juga mempromosikan album yang sukses tersertifikasi gold oleh British Phonographic Industry ini melalui tur internasional.

Kesuksesan Calvin Harris berlanjut pada album keduanya “Ready for The Weekend” yang rilis pada tahun 2009. Album yang memuncaki UK Albums Chart ini terdiri atas 14 lagu dimana 11 di antaranya ditulis oleh Calvin Harris sendiri.

Tak lama kemudian, Calvin Harris mulai tertarik untuk lebih banyak berperan sebagai produser bagi banyak musisi. Mulai dari single Dizzee Rascal berjudul “Holiday” yang menjadi nomor satu pada tangga lagu Britania Raya.

Loading...

Hingga saat ini, popularitas Calvin Harris kian melejit. Hal ini dibuktikannya melalui banyaknya kolaborasi dengan musisi ternama dunia LMFAO, Rihannya, Kelis, Ne-Yo, Example, dan lain sebagainya.

Di tahun 2012, Calvin Harris meluncurkan album ketiga “18 Months”. Luar biasanya, ia pun berhasil memecahkan rekor Michael Jackson dengan pencapaian delapan single dalam 1 album yang menduduki peringkat 10 teratas pada tangga lagu Britania Raya.

Seiring dengan antusiasme musik EDM, nama Calvin Harris terus melambung. Album kelimanya yaitu “Funk Wav Bounces Vol. 1” mencuri perhatian masyarakat karena menggandeng deretan artis tersohor seperti Travis Scott, Katy Perry, John Legend, Khalid, Nicki Minaj, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Biodata, Profil, Fakta dan Perjalanan Karir Vidi Aldiano

Biodata, Profil dan Fakta Calvin Harris

(foto: instagram/calvinharris)

Biodata & Profil

  • Nama Lengkap: Adam Richard Wiles
  • Nama Panggilan: Adam
  • Nama Panggung: Calvin Harris
  • Tempat, Tanggal Lahir: Skotlandia, 17 Januari 1984
  • Kewarganegaraan: Britania Raya
  • Agama: –
  • Nama Orang Tua: David Wiles & Pamela Wiles
  • Nama Saudara: Edward Wiles, Sophie Wiles
  • Nama Pasangan: Aarika Wolf
  • Pendidikan: Herman Brood Academie, Dumfries High School (SMA)
  • Profesi: DJ, penyanyi, songwriter, produser rekaman
  • Hobi: Bercocok tanam
  • Instagram: @calvinharris
  • Facebook: @calvinharris
  • Twitter: @CalvinHarris

Fakta – Fakta

  • Dilansir oleh Forbes, ia merupakan DJ dengan bayaran tertinggi di dunia sejak tahun 2013 hingga 2018.
  • Inspirasi terbesarnya dalam berkarya berasal dari FatBoy Slim, Outkast, the Chemical Brothers, serta The Isley Brothers.
  • Dari pernyataan majalah Glamour, ia pernah mengatakan bahwa ia telah berhenti minum alkohol sejak tahun 2008.
  • Dengan memilih nama panggung “Calvin Harris” yang berbeda jauh dengan nama aslinya, sosok berzodiak Capricorn itu merasa terdengar lebih keren dan mudah diingat oleh fans.
  • Di tahun 2019, pendapatan bersihnya ditaksir mencapai 190 juta dolar.
  • Pria berwarna mata biru ini pernah bermimpi menjadi pemain sepak bola professional sebelum menekuni dunia musik.
  • Di tahun 2010, pernah mengungkapkan bahwa lagu Chris Brown memiliki persamaan dengan karyanya. Namun saat ini dikabarkan keduanya menjalin pertemanan baik.

Baca juga: Biodata, Profil, Fakta dan Perjalanan Karir Kiki Syarah

Selain fokus menghasilkan karya yang lebih baik, Calvin Harris juga memberikan kontribusi besar sebagai seorang filantropi yang aktif berdonasi dan melakukan kampanye kegiatan sosial untuk anak-anak korban perang, tunawisma, kalangan rohingnya, hingga penderita AIDS.

Kesehariannya terkait selera fashion maupun aktivitas di luar panggung dapat terlihat pada berbagai gambar di bawah ini.

Foto – Foto Calvin Harris

1. Ia merupakan penyanyi solo berkebangsaan Britania Raya pertama dengan lebih dari 1 milyar pendengar di Spotify

Biodata, Profil, dan Fakta Calvin Harris

(foto: instagram/calvinharris)

2. Pada list buatan perusahaan tersohor yaitu Debrett, namanya tergolong ke dalam daftar orang yang berpengaruh se-Britania Raya

Biodata, Profil, dan Fakta Calvin Harris

(foto: instagram/calvinharris)

3. Di atas karpet merah, penampilannya terlihat memukau dengan suit cokelat yang elegan

Biodata, Profil, dan Fakta Calvin Harris

(foto: instagram/calvinharris)

4. Pernah membintangi iklan komersial Pepsi Max dalam kampanye sepak bola melalui single “Let’s Go” bersama megabintang Lionel Messi, Didier Drogba, Fernando Torres, Frank Lampard, hingga Sergio Aguero

Biodata, Profil, dan Fakta Calvin Harris

(foto: instagram/calvinharris)

5. Mantan kekasih Rita Ora dan Taylor Swift ini telah dipercaya sebagai model untuk brand ternama dunia yaitu Emporio Armani untuk produk pakaian dalam, jam tangan, hingga aksesoris mata

Biodata, Profil, dan Fakta Calvin Harris

(foto: instagram/calvinharris)

Sebagai sosok yang menginspirasi, Calvin Harris terus mengembangkan karir melalui kreatifitas style musik bahkan telah memiliki label khusus untuk musik EDM serta layanan streaming musik sendiri.

Berbagai tokoh tersohor seperti Jay Z hingga Chris Martin pun bersedia menjadi stakeholder dalam pengembangan layanan tersebut.

Hal ini membuktikan pentingnya sikap mandiri, kerja keras, dan semangat berinovasi bagi setiap orang sehingga dapat meraih kesuksesan sepertinya.