. Bikin Geleng-Geleng, Intip 10 Hewan Misterius di Dunia | Dailysia

inspirasi

Bikin Geleng-Geleng, Intip 10 Hewan Misterius di Dunia

By  | 

Diantara jutaan spesies makhluk hidup ini terlihat paling berbeda, beberapa manusia menganggapnya unik dan ada yang menganggapnya aneh.

Keberadaan hewan-hewan ini menunjukkan bahwa masih banyak rahasia alam semesta yang belum terkuak.

Keindahan alam yang diciptakan oleh Yang Maha Esa memang mengagumkan. Dibalik itu semua ada hal-hal misterius sampai kini belum terpecahkan. Seperti 10 hewan misterius di dunia dengan bentuk tidak biasa.

Baca juga: 10 Ilustrasi Lanskap Pemandangan Minimalis untuk Pecinta Kucing

1. Atretochoana Eiselti

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/galitcrip)

Tidak sedikit orang berfikiran negatif ketika melihat hewan yang satu ini. Bentuk atretochoana eiselti memang tampak eksotis. Sejenis amfibi yang berwujud ular baru ditemukan pada tahun 2011 di Brazil.

Uniknya kulit hewan ini sangat licin dan tidak bersisik seperti ular, bedanya tidak mengeluarkan bisa yang beracun. Penemuan hewan ini cukup mencengangkan karena ilmuan menganggap sebagai spesies yang hampir punah. Jumlah spesies ini sangat sedikit dan sulit ditemukan.

2. Blobfish

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/ignorant_andy)

Saat mendengar ikan tentu terbayangkan sirip, sisik, dan badan yang dipenuhi sisik. Blobfish merupakan spesies ikan yang hampir punah.

Loading...

Berasal dari laut dalam wajah blobfish seperti manusia. Terlebih lagi bentuk hidung dan matanya, tetapi sayangnya spesies satu ini disebut sebagai hewan terjelek di dunia.

Tidak jarang ketika pertama kali orang melihatnya menunjukkan perasaan ketakutan. Hewan ini juga dianggap misterius karena lebih sering ditemukan saat malam hari. Blobfish hidup berkelompok dengan keluarganya dan jarang ditemukan secara terpisah.

3. Jerboa

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/adventuretown)

Memikirkan hewan pengerat biasanya diidentikkan dengan tikus yang dianggap sebagai hama di rumah ataupun sawah.

Nah, beda dengan jerboa yang memiliki gigi seperti tikus. Adapun keunikan dari jerboa terlihat dari daun telinga yang besar dengan postur tubuh serupa dengan kangguru.

Faktanya hewan ini ditemukan sekitar area Asia Timur dan Afrika Utara. Kelebihan jerboa memiliki pendengaran yang sangat tajam, sering disamakan dengan pendengaran kelelawar.

Jerboa juga memiliki kecepatan berlari seperti angin, sebab didukung dengan bentuk tubuh yang mungil. Diketahui seekor jeroa mampu berlari dengan kecepatan 24 kilometer per jam.

4. Naked Mole Rat

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/juniortheatre)

Lagi-lagi tikus menjadi hewan menjijikkan untuk dipelihara. Namun, spesies tikus tanah yang satu ini bukan tikus biasa.

Dari bentuk tubuhnya saja tidak tertutupi bulu sama sekali, hanya terlihat kulitnya. Memang ketika melihat naked mole rat tergolong menyeramkan.

Jangan salah kira, spesies ini memiliki kekuatan tersembunyi yang hebat. Bayangkan saja, berdasarkan hasil penelitian laboratorium naked mole rat rupanya kebal dari serangan penyakit kanker.

5. Hiu Goblin

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/twixnesia)

Saat ini spesies hiu memang terancam punah, termasuk hiu goblin. Tergolong sebagai hewan langka dan hanya bisa kamu temukan di area laut dalam dari penjuru dunia.

Bentuk giginya yang tidak biasa serta seperti duri-duri membuat hiu goblin semakin terlihat menyeramkan.

Banyak orang menjuluki spesies hiu tersebut dengan sebutan ‘fosil hidup’. Faktanya hiu goblin merupakan spesies hiu tertua dan sudah hidup sejak 125 juta tahun silam. Jadi, bisa dibayangkan berapa juta tahun umur hiu goblin. Bukankan menakjubkan!

Baca juga: 10 Potret Ilustrasi Imajiner yang Mengajak Kamu untuk Selamatkan Lautan

6. Lamprey

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/theamorrow)

Satu kata ketika melihat lamprey yaitu ‘creepy’. Lamprey adalah hewan laut spesies ikan dengan mulut yang dipenuhi oleh gigi-gigi yang melingkar dari atas hingga awah. Hewan misterius satu ini memang sulit ditemukan bahkan diklaim hampir punah.

Tahukah kamu dibalik rupa lamprey yang menyeramkan dulunya dijadikan bahan makanan. Lebih tepatnya menjadi santapan mewah khusus disajikan golongan atas pada zaman Romawi kuno. Kalau makanan mahal yang seperti ini apakah kamu sanggup menelannya?

7. Fossa

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/blondezookeeper)

Fossa digolongkan sebagai hewan misterius setelah ditemukan di pulau Madagaskar. Hewan karnivora ini diklaim akan mengalami kepunahan.

Fossa memiliki bentuk yang unik seperti kawin silang antara musang dan kucing. Benar saja karena badan fossa tampak setengah musang dan setengahnya lagi serupa kucing.

8. Glass Frog

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/arkada_sozial)

Tentunya melihat katak hijau adalah hal biasa. Namun, bagaimana ketika kamu melihat katak berkulit transparan seperti glass frog. Ada yang menyebutkan menakjubkan tetapi ada pula yang menganggapnya menyeramkan.

Organ dalam glass frog dapat dilihat secara kasat mata. Faktanya glass frog ditemukan di wilayah Amerika Latin, surganya berbagai makhluk unik. Bahkan, telur glass frog juga berbentuk transparan loh!

9. Aye-aye

10 Hewan Misterius di Dunia

(foto:instagram/pelokghale_wildlife)

Hewan misterius yang satu ini memang sangat menyeramkan, apalagi saat berkeliaran malam hari. Secara harfiah aye-aye merupakan spesies primata yang hidupnya noktural.

Hewan unik tersebut hanya dapat kam temukan di pulau Madagaskar. Aye-aye memiliki kemampuan memanjat pohon dengan sangat cepat. Makanan kesukaannya adalah buah-buahan dari dahan yang tinggi seperti buah kelapa.

10. Semut Panda

10 hewan misterius di dunia

(foto:instagram/jacquesnuzzo)

Semut panda dinobatkan sebagai salah satu hewan misterius yang dinamakan Mutillidae. Berbeda dari kebanyakan spesies serangga yang tubuhnya dipenuhi bulu.

Meskipun tubuhnya seperti semut, sebenarnya mutillidae merupakan lebah. Hewan yang satu ini memiliki berbagai corak warna bulunya.

Wah, 10 hewan misterius di dunia sangat menakjubkan. Bumi dan semesta memang menyimpan banyak misteri yang masih tersimpan rapi.