lifestyle

Apa Itu Binge Watching, Ketika Sulit Berhenti Nonton Film

Penulis:   | 

Pernahkah kamu menghabiskan sebagian besar waktumu untuk menonton film? Rasanya tidak ingin beranjak ke mana pun sebelum film atau serial yang kamu tonton tamat. Apalagi, saat ini tren menonton film juga telah berubah.

Tayangan yang semula didominasi di bioskop kini beralih ke berbagai platform streaming. Segala layanan streaming film itu membuatmu mager alias malas gerak, inginnya rebahan sampai film tamat.

Bila pernah mengalami hal itu, mungkin kamu tengah mengalami binge watching.

Baca juga: Mengenal Brain Fog, Kondisi Saat Pikiran Mendadak Linglung

Binge watching bisa menaikkan kadar dopamin dalam otak

Apa Itu Binge Watching, Ketika Sulit Berhenti Nonton Film

(foto:pixabay)

Kata ‘binge’ sendiri memiliki arti senang berlebihan dalam suatu kegiatan. Binge watching dimaknai sebagai kondisi saat seseorang menghabiskan banyak waktu sekaligus untuk menonton banyak episode film serial.

Biasanya ini dilakukan dengan menonton streaming online. Sebelum layanan streaming ini hits, orang-orang menonton film melalui DVD.

Ketika kita menonton film seri yang disukai, tanpa sadar otak melepaskan hormon dopamin, yaitu hormon yang membuat kita nyaman dan puas saat melakukan sesuatu.

Jadi, kadar dopamin ini akan semakin tinggi saat kita sering menonton film.

Itulah kenapa saat sebuah episode habis, ada rasa ketagihan untuk kembali menonton. Apalagi kalau jalan ceritanya bikin penasaran atau tokoh-tokohnya menjadi idola kita.

Semakin sering menonton, semakin tinggi kadar dopamin yang dihasilkan otak. Itulah sebabnya bila satu episode sudah habis, kita seperti merasa ketagihan untuk kembali mendapatkan rasa senang, puas, dan penasaran.

Akhirnya, kita pun memutuskan untuk meneruskan menonton episode lanjutannya.

Rata-rata orang bisa menonton film 2-6 episode dalam satu waktu

Apa Itu Binge Watching, Ketika Sulit Berhenti Nonton Film

(foto: pixabay)

Netflix pernah mempublikasikan survei terkait durasi yang biasa dihabiskan orang-orang dalam menonton film atau serial. Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 73 persen orang menonton film 2-6 episode dalam sekali waktu.

Survei Netflix ini dilakukan pada  3.078 responden berusia 18-34 tahun. Dari jumlah itu, 1.496 di antaranya menonton TV secara streaming satu kali dalam seminggu.

Bisa dibayangkan, bila seseorang menonton 6 episode dalam sehari, berapa banyak waktu yang dihabiskan?

Rupa-rupanya, salah satu penyebab binge watching adalah banyaknya sarana menonton film secara online. Jenis film juga tak terbatas, mulai dari drama, dokumenter, hingga reality show.

Sementara, hal ini tidak ditemukan dalam televisi konvensional yang layanannya terbatas. Selain itu, acara televisi konvensional biasanya juga tidak bisa ditonton ulang sewaktu-waktu.

Baca juga: Apa Itu Mochi Skin, Tren Kecantikan Ala Wanita Jepang

Hati-hati, karena binge watching bisa bikin kecanduan

Apa Itu Binge Watching, Ketika Sulit Berhenti Nonton Film

(foto: pixabay)

Meskipun tampak menyenangkan, kamu tetap harus waspada. Sebab, apabila kebiasaan binge watching dilakukan terus-menerus bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya kecanduan.

Saat menonton film, otak memproduksi dopamin, yaitu  zat kimia yang menimbulkan rasa senang dan bahagia. Pelepasan dopamin ini memicu perasaan ‘high’ seperti halnya saat mengonsumsi obat-obatan.

Saat sudah kecanduan, kebiasaan binge watching akan sulit diubah. Kamu akan terus-menerus menonton film tanpa kenal waktu.

Bahkan, mungkin kamu baru akan berhenti menonton hanya untuk melakukan hal pokok seperti makan dan mandi.

Ini tentu akan berdampak pada kehidupan sehari-hari. Alhasil, kamu tidak bisa konsentrasi pada pekerjaan atau tugas-tugas lainnya karena sudah kadung terdistraksi dengan film.

Binge watching bisa menimbulkan masalah kesehatan

Apa Itu Binge Watching, Ketika Sulit Berhenti Nonton Film

(foto: pixabay)

Selain itu, binge watching juga erat kaitannya dengan binge eating alias ngemil. Saat menonton film, kerap kali kita ditemani camilan seperti popcorn, keripik kentang, dan minuman-minuman bersoda.

Banyak orang yang tanpa sadar mengonsumsi banyak camilan berkalori tinggi tanpa jeda saat menonton film.

Kalau kebiasaan ini terus dilakukan dan tidak diimbangi dengan banyak bergerak atau olahraga rutin, tengoklah timbanganmu.

Kemungkinan berat badanmu akan naik, dan kalau kebiasaan tidak segera diubah akan menimbulkan obesitas.

Binge watching juga bisa membuatmu mengalami sulit tidur alias insomnia. Kamu akan terus-menerus dibayangi jalan cerita, merasa penasaran, hingga akhirnya memutuskan kembali menonton film.

Oleh sebab itu, kamu harus mulai membatasi kebiasaan menonton film overtime. Misalnya, dalam sehari cukup menonton satu episode saja. Jadi kamu masih bisa terus terhubung dengan dunia luar tanpa mengganggu kesehatan.

Setelah memahami tentang apa itu binge watching dan dampaknya, sekarang kamu tahu tentang bagaimana melakukannya dengan bijak.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.