style

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat Bagi Pemula

Penulis:   | 

Bagi seorang wanita, merias diri dengan berbagai macam produk kecantikan sangatlah penting untuk menunjang penampilan. Sayangnya, tidak sedikit wanita yang masih belum tahu seperti apa urutan make up yang baik dan benar.

Mengetahui urutan make up sangatlah penting. Tujuannya, agar rangkaian jenis make up yang akan digunakan pada wajah tidak salah urutannya.

Tidak hanya itu, urutan make uo yang benar juga dapat membuat riasan tahan lama.

Nah, bagi kamu seorang pemula yang ingin menggunakan make up namun belum mengerti tentang urutan yang tepat, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: 10 OOTD Celana Kulot Jeans Kekinian, Dijamin Keren

1. Bersihkan wajah

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Hal paling dasar yang wajib dilakukan pertama kali sebelum menggunakan make up adalah membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun wajah hingga bersih.

Selain dengan sabun, kamu juga membersihkannya dengan micellar water. Tujuannya, agar semua kotoran yang menempel pada wajah dapat terangkat dengan mudah.

Sehingga, wajah dalam keadaan bersih sebelum akhirnya diaplikasikan rangkaian make up.

Jika wajah dalam keadaan kotor, maka make up yang dikenakan tidak akan menyatu. Selain itu, kotoran wajah akan semakin menumpuk dan akhirnya menyebabkan jerawat dan komedo.

2. Aplikasikan rangkaian skin care

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Setelah wajah dalam keadaan bersih, kamu bisa mengenakan skin care terlebih dahulu. Biasanya, produk skin care pertama yang digunakan adalah toner.

Toner memiliki fungsi untuk melengembalikan pH kulit setelah mencucinya dnegan sabun ataupun produk pembersih lainnya. Fungsi lainnya adalah untuk menyegarkan wajah sehigga terasa lebih ringan dan segar.

Tidak hanya itu, toner juga memiliki peranan penting dalam mengangkat sel kulit mati yang belum terangkat saat membersihkan wajah.

Seletah menggunakan toner, selanjutnya adalah menggunakan serum wajah. Namun, penggunaan ini bisa dilewatkan jika kamu sudah memiliki pelembab atau moisturizer.

Fungsinya adalah agar wajah tetap lembab dan juga membantu mengontrol minyak yang ada di wajah.

Perlu diingat, penggunaan pelembab jangan dilewatkan ya, agar make up daoat menempel dengan sempurna dan bisa memberikan kesan flawless pada make up.

3. Gunakan Sunscreen

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Sunscreen alias tabir surya merupakan salah satu dari rnagkaian skin care dan make up yang tidak boleh terlewatkan pemakiannya.

Pasalnya, produk ini berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit, seperti muncul bintik hitam, bruntusan. Wajah kusam, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu, setelah menggunakan rangkaian produk skin care seperti toner, serum, dan pelembab, diwajibkan untuk menutupnya dengan menggunakan sunscreen.

Tidak hanya membantu melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen juga berfungsi untuk membantu mencegah iritasi paa kulit dan menangkal radikal bebas.

4. Gunakan primer

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Primer digunakan setelah penggunaan rangkaian skin care selesai dipalikasikan. Produk ini sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang memiliki pori-pori besar dan kulit berminyak.

Sebab, primer dapat membantu menyamarkan pori besar dan menontrol produksi minyak yang berlebih, sehingga mampu membuat make up tahan lebih lama.

Jika kondisi kulitmu kering, maka gunakan primer yang memiliki sifat hydrating agar kulitmu menjadi lebih lembab dan tidak semakin kering.

5. Aplikasikan foundation

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Selain primer, kamu juga bisa menggunakan foundation untuk menutupi bekas jerawat, bintik hitam, hingga pori besar pada wajah secara sempurna.

Penggunaan produk ini sangat wajib digunakan ketika ingin menggunakan make up lengkap agar warna kulit tampak merata dan berubah tekstur menjadi lebih halus.

Cara penggunaannya cukup mudah. Cukup dengan meneteskan beberapa tetes foundation ke punggung tangan,

Setelah itu, aplikasikan pada wajah secara merata dengan menggunakan tangan ataupun sponge. Jika memungkinkan, gunakan kuas make up.

Sebaiknya, pilihlah foundation dengan warna yang sesuai dengan warna kulit agar hasilnya tidak berlebihan.

Jika kulitmu gelap, maka hindari penggunaan foundation yang memiliki warna terang agar tidak terlihat kontras.

6. Gunakan concealer

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Fondation dapat membantu menutupi bercak atau bekas jerawat secara sempurna. Namun, agar lebih sempurna lagi, kamu harus menggunakan concealer.

Produk ini juga membantu meratakan warna kulit, terutama pada area wajah yang tampak lebih gelap seperti sisi kiri dan kanan bibir, bawah mata, kening, dan area lainnya yang terdapat bekas jerawat membandel.

Jangan lupa untuk memilih concealer yang warnanya sama dengan foundation. Tujuannya, ketika diaplikasikan pada wajah, tidak menghasilkan warna yang kontras.

Baca juga: 10 Model Baju Pesta Simple Elegan, Bisa Jadi Inspirasi

7. Gunakan bedak

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Setelah foundation dan concealer diaplikasikan pada wajah, selanjutnya gunakan bedak untuk mengunci penggunakan kedua produk tersebut sebelumnya,

ada dua jenis bedak yang bisa digunakan, yakni bedak padat dan bedak tabur. Cara mengaplikasikan bedak padat umumnya menggunakan sponge, sementara bedak tabur menggunakan kuas.

Kedua jenis bedak tersebut memiliki fungsi yang sama dan dengan kelebihan masing-masing. Kamu bisa memilihnya susuai dengan selera.

Gunakan bedak pada area wajah yang dirasa menghasilkan minyak lebih banyak, seperti bawah mata, dan juga bagian samping bibir atau garis senyum.

Tujuannya, agar area tersebut tampak selalu kering sehingga tidak melunturkan base make up yang sudah digunakan.

8. Lakukan contouring

Urutan Make Up yang Benar dan Tepat bagi Pemula

(foto: istockphoto)

Bagi kamu yang memiliki bentuk wajah bulat dan tembem, maka sebaiknya gunakan teknik make up ini untuk menciptakan ilusi tirus pada pipimu.

Tidak hanya untuk menutupi wajah tembem, contour juga diperlukan untuk membuat garis wajah agar tampak lebih tegas dan terbingkai dengan sempurna.

Aplikasikan produk ini pada area wajah seperti tulang pipi di kedua sisi, kening, dan dagu. Jika kamu menggunakan contour yang jenisnya tabur ataupun bronzer, gunakanlah pada saat selesai menggunakan bedak.

Namun, jika jenis contour yang kamu gunakan berupa stik, maka apalikasikan sebelum penggunaan bedak.

9. Gunakan bulsh on

Gunakan bulsh on

(foto: istockphoto)

Setelah menggunakan contour, jangan lupa untuk menggunakan blush on. Penggunaan produk ini bertujuan untuk menciptakan efek tirus pada pipi dan agar telihat lebih cerah merona. Sehingga, wajah tampak lebih cerah dan tidak pucat.

Pilihlah warna blush on yang sesuai dengan wajahmu. Umumnya, banyak orang menggunakan produk ini yang memiliki warna cerah seperti pink, peach, dan merah.

10. Bingkai alis

Bingkai alis

(foto: istockphoto)

Setalah tahap riasan wajah selesai, selanjutnya bingkai alis sebagus mungkin. Ada banyak kenis dan bentuk alis yang berbeda-beda. Kamu bisa membentuknya sesuai selera.

Agar hasilnya sempurna, kamu bisa membingkainya dengan cara merapikan alis terlebih dahulu. Setelah itu, buatlah dua garis, yakni atas dan bawah sebagai bingkai.

Kemudian, isi secara perlahan dan sisir menggunakan pensil alis agar tampak lebih rapi.

11. Gunakan riasan mata

Gunakan riasan mata

(foto: istockphoto)

Riasan mata yang digunakan bisa berupa eyeshadow, eyeliner, dan maskara. Tujuannya adalah agar mata tampak lebih hidup dan tajam.

Pilihlah warna eyeshadow sesuai dengan tema make up ataupun warna baju yang dikenakan agar tidak terlihat kontras.

Sebelum penggunaan eyeshadow, kamu bisa menggunakan primer terlebih dahulu pada kelopak mata. Tujuannya adalah agar eyeshadow menempel dengan sempurna.

12. Poleskan lipstik

Poleskan lipstik

(foto: istockphoto)

Untuk menyempurnakan tampilan make upmu, selanjutnya adalah gunakan lipstick agar wajah tampak lebih cerah dan segar.

Pilihlah warna yang sesuai dengan tema make up. Jika menginginkan tampilan merona, maka gunakanlah lipstick warna terang, seperti merah.

Namun, jika ingin menciptakan tampilan yang kalem dan tidka mencolok, pilihlah warna nude.

Akhir kata

Nah, itulah beberapa urutan make up yang baik dan benar. Semoga, dengan membaca artikel ini, kamu yang masih pemula dan belum mengetahui make up secara detail, bisa mendapatkan informasi penting dan bisa mencoba mengaplikasikannya pada wajahmu.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.