quotes

35 Ucapan Belasungkawa, Tunjukkan Keprihatinan & Turut Berduka Cita

Penulis:   | 

Kehilangan orang terdekat dan tersayang memang menjadi luka tersendiri. Rasa kehilangannya tidak mudah untuk dilupakan namun tetap harus diikhlaskan.

Namun bagi kita yang tak merasakannya mungkin hanya bisa memberikan rasa belasungkawa sembari membesarkan hatinya.

Ucapan belasungkawa memang hanya kata-kata biasa. Namun dampaknya bisa saja membuat orang berduka lebih merasa kuat karena dukungan yang diberikan.

Dukungan dan doa yang diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan seperti asupan semangat bagi mereka.

Untuk itu, ucapan belasungkawa sebaiknya dikatakan kepada seseorang yang berduka. Tapi jika bingung mau ngomong apa, mungkin beberapa ucapan belasungkawa ini bisa ditiru.

Baca juga: 45 Kata-Kata Mellow Bikin Mewek, Cocok Saat Lagi Galau & Sedih

30 Ucapan Belasungkawa, Tunjukkan Keprihatinan

(foto: pexels/pixabay)

1. “Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya.”

2. “Turut bersedih atas kehilanganmu. Berdoalah untuk kebaikannya serta berusahalah agar kamu bisa ikhlas dan menerima ketentuan Tuhan dengan sabar. Aku ada di sini menguatkanmu.”

3. “Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tak perlu mengungkitnya kembali.”

4. “Saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya atas yang telah terjadi. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketenangan untuk menjalani semua ini.”

5. “Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian.”

6. “Saya turut bersedih mendengar berita kehilangan yang mendadak ini. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan.”

7. “Selamat jalan teman sejatiku, aku teman sejatimu hanya bisa mendoakanmu dari sini. Semoga seluruh doa yang kupanjatkan untukmu ini didengar dan diijabah oleh Tuhan Yang Maha Esa. Serta semoga Tuhan menempatkanmu di tempat yang terbaik.”

8. “Turut berduka atas berpulangnya kerabatmu. Semoga mendiang beristirahat dalam damai. Kiranya Tuhan memberikan kekuatan dan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan.”

9. “Semua orang merasa kehilangan atas kepergiannya dan kita semua pasti merindukannya, kita doakan yang terbaik untuknya.”

10. “Kehilangan memang berat. Semoga kamu tidak terlalu lama bersedih dan menyadari bahwa segala sesuatu pasti akan kembali pada-Nya.”

30 Ucapan Belasungkawa, Tunjukkan Keprihatinan

(foto: pexels/cottonbro)

11. “Turut duka cita yang mendalam untuk beliau, semoga Surga Tuhan tetapkan untuk beliau.”

12. “Mendiang (nama) adalah orang yang baik. Saya turut berduka cita atas berpulangnya mendiang (nama).”

13. “Saya turut berduka cita dengan mendalam. Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberkati Tuhan dengan kedamaian.”

14. “Semangat ga usah ada duka lagi, beliau udah tenang di sana semangat kamu bahagia pasti beliau bahagia, jangan lupa selalu kirim doa untuk dia – Turut Berduka Cita.”

15. “Nggak ada yang bisa mengerti beratnya perpisahan, terutama perpisahan seperti ini. Turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk kamu dan keluarga ya. Semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan untuk melalui masa-masa sulit ini.”

16. “Innalillahi wainna ilaihi raji’un. Nderek belasungkawa kagem ahli waris sedoyo ingkang pikantuk pacobaning Gusti Allah, inggih meniko kunduripun almarhum/almarhumah wonten ngarsanipun Allah.” (Innalillahi wainna ilaihi raji’un. Turut berduka cita untuk ahli waris yang mendapat cobaan dari Allah atas kepergian almarhum/almarhumah kembali kepada-Nya)

17. “Nderek belosungkawa kagem sederek ingkang ditingal, mugi-mugi keluarga saget tabah lan ikhlas nampi cobaan sing diparingi Gusti Allah.” (Turut berbelasungkawa untuk seluruh keluarga yang ditinggalkan, semoga keluarga dapat tabah dan ikhlas menerima cobaan dari Allah)

18. “Innalillahi wainna ilaihi raji’un, turut belasungkawa. Mugi-mugi keluarga sing ditinggalaken saget ikhlas lan nompo lapang dada.”(innalillahi wainna ilaihi raji’un, turut belasungkawa, semoga keluarga yang ditinggalkan dapat ikhlas dan menerima dengan lapang dada)

19. “Donya mung ngeterke tekan pecate nyawa. Ananging derma nggandeng manungsa tekan lawange suwargonipun Gusti Allah.” (Dunia hanya mengantarkan hingga hilangnya nyawa. Akan tetapi, sedekah membawa manusia hingga ke surga Allah)

20. “Nderek belasungkawa, mugi arwahipun saget dipun tampi dumateng ngarsanipun Pangeran.” (Turut berdukacita, semoga arwahnya diterima oleh Tuhan)

30 Ucapan Belasungkawa, Tunjukkan Keprihatinan

(foto: pexels/lukasrychvalsky)

21. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berhadap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani semua ini. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.”

22. “Semoga Allah merahmatimu dan menambah ketabahan dalam hatimu. Ikhlaskan dengan lapang dada, semoga Almarhum diterima sang pencipta.”

23. “Inna lillahi wainna ilaihi rojiun, segala sesuatu yang bernyawa pasti akan kembali pada-Nya. Bersabarlah atas kejadian yang menimpamu, kawan. Yakinlah pasti ada hikmah di balik ini semua.”

24. “Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Ya Allah, ampunilah temanku, kasihilah dia, berilah dia kekuatan, maafkanlah dia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es.”

25. “Allahummaghfirlaha warhamha wa’aafihi wa’fu’anha (jika yang meninggal wanita). Kamu adalah sahabat baik saya. Selamat tinggal. Semoga kelak kamu ditempatkan di surga-Nya yang paling indah. Aamiin.”

26. “Sesungguhnya kami adalah milik Allah SWT dan kepada-Nya-lah kami kembali.Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin.”

27. “Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.”

28. “Rezeki, jodoh dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman.”

29. “Ya Allah, ampunilah ia dan berilah rahmat kepadanya, selamatkan ia dari beberapa hal yang ia tidak sukai di alam sana. Maafkanlah ia dan tempatkanlah di tempat terbaik. Lapangkan kuburnya dan mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan yang ia perbuat.”

30. “Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu (jika yang meninggal pria). Ya Allah, ampunilah dosa sahabatku, sayangi dia. Hindarkanlah dia dari azab kuburnya. Perkenankanlah ia kelak menghuni surga-Mu.”

30 Ucapan Belasungkawa, Tunjukkan Keprihatinan

(foto: pexels/minan)

31. “Semoga hati dan jiwa mendiang (nama) menemukan kedamaian dan kenyamanan.”

32. “Kabar berpulangnya mendiang (nama) sangatlah menyedihkan. Semoga kamu dan keluarga diberi ketabahan.”

33. “Mendiang (nama) adalah orang yang baik. Saya turut berduka cita atas berpulangnya mendiang (nama).”

34. “Saya menyampaikan rasa duka mendalam atas kepergian mendiang (nama).”

35. “Semoga mendiang (nama) mendapatkan kedamaian surga.”

Baca juga: 40 Kata-Kata Sindiran untuk Pacar, Auto Salting

Ucapan belasungkawa bisa memberikan energi bagi siapapun yang merasakan kehilangan. Katakan dengan tulus agar sampai ke hatinya ya.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.