inspirasi

Sumber Daya yang Menjadi Keunggulan Tiap Negara ASEAN

Penulis:   | 

Sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN berbeda-beda. Contohnya, sumber daya unggulan Indonesia salah satunya adalah hasil tambang batu bara.

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) salah satu organisasi yang anggotanya negara-negara berasal dari Asia Tenggara. Tujuannya adalah untuk memajukan dan mensejahterakan negara di Asia Tenggara.

Organisasi ini terdiri dari 10 anggota negara, diantaranya Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Dari ke 10 negara tersebut, memiliki sumber daya unggulan yang berbeda. Lantas, apa itu sumber daya?

Sumber daya adalah suatu unsur tertentu dalam kehidupan yang dianggap memiliki nilai potensi, biasanya bersifat fisik maupun nonfisik.

Selain itu, sumber daya juga dibedakan menjadi dua, yakni sumber daya terbarukan dan sumber daya tak terbarukan.

Berikut adalah beberapa contoh sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN, diantaranya:

Baca juga: Mengenal Bridal Shower, Fakta Menarik Serta Inspirasi Tema

1. Brunei Darussalam

Sumber Daya yang menjadi Keunggulan tiap Negara ASEAN

(foto: istockphoto)

Sumber daya yang menjadi keunggulan negara ini adalah berupa sumber daya terbarukan dan sumber daya tak terbarukan. Untuk sumber daya terbarukan diantaranya kelapa sawit dan minyak.

Sementara, untuk sumber daya tak terbarukan, mereka mempunyai gas alam dan cadangan minyak bumi yang mampu mereka produksi sebanyak 180.000 barel setiap harinya.

Negara ini sempat membangun sebuah monumen yang bernama Billionth Barrel di lantai Seria untuk memperingati keberhasilan mereka meproduksi satu miliar tong minyak.

Brunei Darussalam juga termasuk negara yang melakukan kegiatan impor untuk memenuhi kebutuhan logistik.

2. Filipina

Sumber Daya yang menjadi Keunggulan tiap Negara ASEAN

(foto: istockphoto)

Filipina merupakan salah satu negara agrikultural, sehingga tak heran jika sumber daya yang menjadi unggulan negara ini banyak lebih banyak yang terbarukan, diantaranya beras, kelapa, jangung, tebu, dan buah-buahan.

Sementara, untuk sumber daya tak terbarukan terdiri dari emas, perak, tembaga, keramik, dan bijih besi.

3. Indonesia

Sumber Daya yang menjadi Keunggulan tiap Negara ASEAN

(foto: istockphoto)

Indonesia dianggap memiliki paling banyak potensi sumber daya. Sebab, negara ini memiliki potensi alam yang indah, tanah yang subur, dan perairan yang cukup bersih, yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

Sumber daya unggulan Indonesia yang cukup terkenal dari jaman dahulu kala adalah rempah-rempah.

Akibat dari melimpahnya jumlah rempah-rempah di negara ini, sehingga banyak negara yang datang untuk mencarinya sebelum akhirnya berganti menjajah karena ingin mengambil semua keuntungan.

Tidak hanya rempah-rempah, Indonesia juga memiliki sumber daya unggulan lainnya di bidang pertanian, diantaranya beras, tebu, kelapa sawit, teh, kopi, karet, masih banyak lainnya.

Selain dalam bidang pertanian, Indonesia juga juga unggul dalam bidang perikanan. Sebab, negara ini terdiri dari 70% perairan sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi ikan dan hewan air lainnya untuk tinggal.

Sementara, untuk sumber daya tak terbarukan yang menjadi keunggulan Indonesia adalah emas, gas alam, minyak bumi, timah, dan tembaga.

4. Kamboja

Sumber Daya yang menjadi Keunggulan tiap Negara ASEAN

(foto: istockphoto)

Kamboja merupakan salah satu negara ASEAN yang letaknya berbatasan dengan negara Thailand, Vietnam, dan Laos. Negara ini memiliki sumber daya cukup banyak.

Sumber daya alam utama Kamboja adalah kayu, yakni sekitar 80%. Hal ini dikarenakan sebagian besar daratan negara ini ditutupi oleh hutan, seperti hutan gugur, hutan bambu, hutan bakau, hutan rawa, dan hutan semi-hijau.

Selain kayu, hasil sumber daya dibidang pertanian, yakni beras, karet, hingga umbi-umbian.

Sementara, di bidang pertambangan Kamboja menghasilkan minyak bumi, gas alam, dan batu permata berupa ruby dan safir.

5. Laos

Sumber Daya yang menjadi Keunggulan tiap Negara ASEAN

(foto: istockphoto)

Laos merupakan salah satu negara yang tidak memiliki laut. Akan tetapi, masih banyak potensi sumber daya yang menjadi keunggulan negara ini.

Perlu diketahui, bahwa Laos adalah satu-satunya negara yang memberikan energi listrik kepada seluruh warganya secara gratis.

Hal ini dikarenakan, pasokan listrik negara ini sangatlah banyak. Mereka menghasilkannya dari pendaman danau yang sangat besar di Luang Prabang, Laos.

Selain itu, Laos juga memiliki sumber daya unggulan berupa kayu-kayuan, yakni kayu jati dan kayu Cendana.

Baca juga: 10 Gaya Rambut Mullet untuk Membuat Penampilanmu Semakin Kece

6. Malaysia

Sumber Daya yang menjadi Keunggulan tiap Negara ASEAN

(foto: istockphoto)

Malaysia merupakan negara yang masih serumpun dengan Indonesia. Letaknya juga sangat dekat, yakni berada di sisi pulau Kalimantan.

Karena masih serumpun dengan Indonesia, sehingga kondisi geografis dan sumber daya unggulannya juga hampir sama. Di sektor pertanian, mereka menghasilkan karet, kelapa sawit, padi, dan teh.

Sementara, di bidang pertambangan Malaysia memiliki sumber daya unggulan berupa emas, minyak bumi, gas alam, bauksit, dan timah.

7. Myanmar

Sumber Daya yang menjadi Keunggulan tiap Negara ASEAN

(foto: istockphoto)

Myanmar merupakan salah satu negara yang menghasilkan sumber daya di bidang pertambangan yang cukup melimpah. Hasil tambang tersebut diantaranya emas, timah, tembaga, perak, seng, batu permata, nikel, dan gas alam.

Perlu diketahui bahwa negara ini juga memiliki batu permata yang menjadi primadona dan memiliki potensi nilai cukup mahal, ialah batu giok yang kerap dijadikan sebagai perhiasan atau benda berharga lainnya.

Myanmar juga memiliki sumber daya di bidang pertanian yang juga hampir sama dengan Indonesia, yakni berupa beras, karet, dan kacang-kacangan.

8. Singapura

Singapura

(foto: istockphoto)

Singapura merupakan negara terkecil di ASEAN, dengan luas sekitar 720km. Luas tersebut hampir sama dengan kota Jakarta. Maka tak heran jika negara ini tidak memiliki sumber daya alam seperti negara lainnya.

Walaupun demikian, Singapura termasuk negara maju karena pelayaran internasional, yang terletak di selatan di Semenanjung Malaka. Pendapatan negara ini bukan dari bidang sumber daya alam, melainkan sebagain besar dari sektor jasa.

9. Thailand

Thailand

(foto: istockphoto)

Berbicara mengenai Thailand, tentu kita akan terbayang bagaimana keindahan pantai yang dimiliki. Negara ini memang dikenal sebagai negara yang memiliki sumber daya alam pantai paling indah dari negara anggota ASEAN laiinya.

Tidak hanya itu, Thailand juga terkenal dengan hasil pertanian yang melimpah. Di bidang pertanian, negara ini menghasilkan besar, tebu, umbi-umbian, jagung, cengkeh, karet, kayu besi, hingga kayu jati.

Sementara, untuk bidang pertambangan Thailand menghasilkan emas, gas alam, tembaga, minyak bumi, bijih besi, timbal, timah, dan wolfram.

10. Vietnam

Vietnam

(foto: istockphoto)

Vietnam merupakan negara yang memiliki sumber daya alam berupa teluk, yang bernama Teluk Halong. Teluk terebut cukup terkenal dan masuk ke dalam 7 keajiban dunia versi new 7 wonders foundation.

Selain terkenal akan sumber daya alam teluknya, negara ini juga memiliki bentuk yang cukup unik. Dikatakan unik karena bentuknya menyerupai huruf S.

Di bidang pertanian, Vietnam juga dikenal dengan sumber daya alamnya, yakni kopi, karet, beras, kedelai dan teh. Sementara, di bidang pertambangan, negara ini menghasilkan minyak bumi dan batu bara.

Akhir kata

Demikianlah 10 sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara ASEAN. Rupanya, setiap negara memiliki potensi sumber daya yang hampir sama. Hal ini dikarenakan letak mereka yang hampir berdekatan.

Selain itu, ada keunikan dan ciri khas dari masing-masing negara, contohnya negara yang memiliki bentuk unik seperti huruf S.

Sumber daya yang dihasilkan ini nantinya akan digunakan untuk memakmurkan dan mensejahterakan rakyat dari masing-masing negara. Hal ini sesuai dengan tujuan dibentuknya ASEAN, yakni untuk memakmurkan negara di dalamnya.

Oleh sebab itu, setiap negara memiliki hak untuk melakukan perdagangan sumber daya alam dengan negara manapun.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.