film

Sinopsis Dance of the Forty One, Kisah Nyata Penggerebekan Pesta Gay

Penulis:   | 

Film Meksiko yang diangkat dari kisah nyata Dance of the Forty One alias El Baile de los 41 akan diputar perdana secara global oleh Netflix.

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata tentang skandal awal abad ke-20 yang mengguncang masyarakat kelas atas Meksiko.

Aktor dan aktris Latin terkenal membintangi film termasuk Alfonso Herrera, Mabel Cadena, Emiliano Zurita, Fernando Becerril, dan Paulina Alvarez Muñoz.

Ditulis oleh Monika Revilla dan disutradarai oleh David Pablos (The Chosen Ones), Dance the Forty One berfokus pada skandal Ball of the Forty One yang terjadi pada 1901.

Baca juga: Sinopsis Super Me, Ketika Mimpi Jadi Sumber Kekayaan Sekaligus Masalah

Ceritanya berkisar pada seorang anggota kongres gay yang kebetulan adalah menantu presiden Meksiko. Konflik terjadi ketika ia tertangkap basah di pesta gay.

Plot cerita film memang berfokus pada penggerebekan polisi ilegal yang dilakukan pada 17 November 1901 di sebuah rumah pribadi di Mexico City.

Skandal mengejutkan tersebut melibatkan sekelompok pria yang hadir di klub rahasia, di mana ada 19 orang mengenakan pakaian wanita.

Sinopsis Dance of the Forty One, Kisah Nyata Penggerebekan Pesta Gay

(foto: imdb)

Hanya 41 pria yang ditangkap secara resmi, namun ada desas-desus bahwa Ignacio de la Torre y Mier, menantu Presiden Porfirio Diaz juga hadir.

Dari 41 pria yang ditangkap karena melanggar moral, sebagian bebas karena membayar uang jaminan dan hanya 12 yang akhirnya dikirim untuk bekerja di Yucatan.

Terlepas dari upaya pemerintah untuk meredam insiden tersebut, pers sangat ingin melaporkan insiden yang sangat mengguncang masyarakat itu

Alasannya tak lain karena para pesertanya berasal dari eselon atas masyarakat, termasuk menantu Presiden Meksiko yang sedang menjabat.

Baca juga: Sinopsis Monster, Saat Remaja Berbakat Terkunci di Balik Jeruji Besi

Skandal ini unik karena pertama kalinya homoseksualitas dibicarakan secara terbuka di media Meksiko dan memiliki dampak yang bertahan lama pada budaya Meksiko.

Dance of the Forty One sebenarnya sudah ditayangkan perdana pada 1 November 2020 di acara penutupan Festival Film Internasional Morelia.

Film ini kemudian dirilis lagi untuk umum pada 19 November 2020 tapi hanya diputar di bioskop Cinépolis di Meksiko.

Netflix yang mendapatkan hak siarnya akan menghadirkan Dance of the Forty One di seluruh dunia pada 12 Mei 2021.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.