lifestyle

Jangan Sedih, 7 Cara ini Akan Mengatasi Rasa Kesepianmu

By  | 

Pernahkah kamu merasa kesepian? Ya, rasa kesepian ini bukan hanya dirasakan oleh beberapa orang aja lho. Bahkan bisa dipastikan bahwa setiap orang pernah merasakannya.

Kesepian ini biasanya datang disaat kamu memiliki masalah dan tidak ada orang yang membantu atau kamu merasa bingung ingin bercerita ke siapa tentang masalah yang sekarang ini sedang dihadapi.

Ada beberapa orang yang menganggap rasa kesepain bukanlah suatu masalah yang serius, padahal jika di biarkan berlarut-larut dampaknya akan sangat berbahaya untuk tubuh dan mental.

Maka dari itu disaat kamu merasa kesepian, cobalah bebeapa cara ini untuk mengatasinya yang dilansir dari psychologytoday.

Baca juga: Tak Perlu Skincare Mahal, Ini 7 Rahasia Kecantikan Alami Wanita Jepang

1. Istirahat sejenak

Jangan Sedih! 7 Cara ini Akan Mengatasi Rasa Kesepianmu

(foto: unsplash/saseko)

Pada saat-saat yang sulit seperti kesepian, menyalahkan diri sendiri memang hanya akan memperburuk keadaan hatimu.

Maka dari itu hindari mengatakan hal-hal buruk pada diri sendiri atau merasa bahwa kesepian ini terjadi karena salahmu sendiri.

Agar tidak memperburuk keadaan, cobalah untuk istirahat sejenak setelah itu pergi ke beberapa tempat yang memiliki keindahan alam. Seperti yang diketahui, keindahan alam memang bisa membuat hati seseorang menjadi lebih tenang.

2. Curhat

Jangan Sedih! 7 Cara ini Akan Mengatasi Rasa Kesepianmu

(foto: unsplash/priscilladupreez)

Curhat memang sangat ampuh lho untuk mengatasi kesepian. Apalagi kalau curhat dengan seseorang yang sangat dekat denganmu seperti pacar atau sahabat.

Tapi bagaimana kalau tidak punya pacar atau sahabat? Tenang aja, kamu bisa kok memanfaatkan media sosial untuk tempat curhat.

Memang sih di media sosial gak semuanya bisa kamu curahkan, tapi setidaknya bisa membantu hati kamu agar lebih lega.

Selain itu saat memposting curhatan kamu, pasti akan ada beberapa orang yang melihatnya dan kamu akan tersadar bahwa akan tetap ada orang yang mengetahui bahwa kamu sedang kesepian meskipun mereka tidak memberikan feedback apapun.

3. “Tinggalkan” smartphone dan sosial media

Jangan Sedih! 7 Cara ini Akan Mengatasi Rasa Kesepianmu

(foto: unsplash/nordwood)

Kamu pasti setuju kalau sekarang ini smartphone dan sosial media memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Beberapa menit saja tanpa menggunakan smartphone dan sosial media bisa bikin hati kamu jadi gak tenang.

Padahal jika menggunakannya secara terus-menerus kamu akan kehilangan momen berharga secara langsung dengan orang terdekat.

Maka dari itu coba deh tinggalkan kedua hal tersebut dan hiduplah di dalam “kenyataan”. Bertemu dengan orang-orang, mulai berbicara secara langsung dan membangun koneksi yang kuat dengan mereka akan sangat membantu kamu dalam mengatasi kesepian.

4. Lakukan kegiatan

Jangan Sedih! 7 Cara ini Akan Mengatasi Rasa Kesepianmu

(foto: unsplash/anniespratt)

kesepian bisa saja datang karena kamu tidak punya kegiatan apapun. Maka dari itu cobalah sibukan dirimu dan lakukan berbagai kegiatan dengan orang lain.

Memang sih kamu bisa melakukan kegiatan sendiri tapi orang lain akan sangat membantu kamu agar kesepian cepat menghilang.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini 8 Ciri Teman yang Baik

5. Gunakan media sosial

Jangan Sedih! 7 Cara ini Akan Mengatasi Rasa Kesepianmu

(foto: freepik)

Sepertinya hampir sebagian besar masyarakat sudah memiliki media sosial baik itu Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Media sosial ini bisa digunakan selain untuk berbagi aktivitas dengan pengguna lain, juga bisa mengusir rasa kesepianmu.

Berbagai informasi dan hiburan bisa kamu termukan dengan mudah di media sosial. Selain itu kamu juga akan mengenal lebih banyak orang dari berbagai belahan dunia.

6. Hentikan pikiran negatif

Jangan Sedih! 7 Cara ini Akan Mengatasi Rasa Kesepianmu

(foto: freepik)

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa pikiran negatif akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh dan bahkan mental? Ternyata itu benar adanya.

Pikiran negatif akan mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga membuat kamu lebih mudah terserang penyakit. Sekain itu kesehatan mentalmu juga akan terganggu karena terus memikirkan suatu hal yang negatif.

7. Buat rencana untuk melawan kesepian

Jangan Sedih! 7 Cara ini Akan Mengatasi Rasa Kesepianmu

(foto: freepik)

Cobalah untuk membuat berbagai rencana kegiatan untuk menjauhi kesepian dari dirimu sekarang juga!

Berbagai kegiatan mulai dari hal-hal kecil seperti menulis, membersihkan rumah bisa kamu tuangkan dalam to do list. To do list ini bisa untuk harian ataupun mingguan, sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan biarkan kesepian selalu atau berdiam di dalam dirimu, karena akibatnya bisa sangat fatal. Segera atasi kesepianmu dengan mencoba beberapa cara diatas.