kuliner

10 Inspirasi Kue Hantaran dan Lamaran Adat Jawa

Penulis:   | 

6. Kue kura-kura

10 Inspirasi Kue Hantaran dan Lamaran Adat Jawa

(foto: kulinear)

Kue kura-kura juga dikenal dengan kue ku. Meskipun terkenal di Jawa, tapi sebenarnya kue ini berasal dari orang-orang keturunan Tionghoa.

Seringkali kue kura-kura diberi warna merah dengan isi kacang hijau. Jika diperhatikan memang kue hantaran yang satu ini bentuknya seperti kura-kura.

Baca juga: 10 Fakta Tentang Donat, Pernah Dibawa ke Luar Angkasa

7. Kue lapis

Kue lapis

(foto: kamini)

Kue lapis juga termasuk makanan yang cocok untuk banyak momen, mulai dari yang santai sampai formal.

Bahannya mudah didapat, yaitu tepung beras, tepung kanji, gula pasir, santan, dan garam. Tidak lupa tambahkan perasa pandan, coklat, atau mocca.

8. Putu ayu

Putu ayu

(foto: cookandrecipe)

Kue putu ayu termasuk kue khas Jawa Tengah yang terlihat mirip bolu kukus. Sesuai dengan namanya, tampilan kue putu ayu memang cantik dengan paduan warna hijau dan parutan kelapa putih.

Saat dimakan, aromanya harum karena ada campuran kelapa dan pandan.

9. Bolu kukus

bolu kukus

(foto: cookpad)

Bolu kukus yang mekar warna warni memang menarik untuk banyak suasana. Bukan hanya untuk kue hantaran, tapi juga camilan lebaran atau takjil buka puasa. Teksturnya lembut, jadi semua orang bisa memakannya.

10. Klepon

Klepon

(foto: liputan6)

Bahan kue klepon adalah tepung beras ketan, gula aren, kelapa, dan pandan wangi. Kue klepon juga bisa menjadi hantaran unik yang mudah dibuat sendiri. Ukurannya yang kecil-kecil menjadikannya cocok juga untuk jajanan pasar.

Kue-kue yang ada dalam acara lamaran memang sebagian besar adalah kue-kue bercita rasa manis. karena dalam adat Jawa meyakini bahwa momen lamaran adalah momen yang manis di mana satu tahapan lagi menuju ikatan suci pernikahan.

Halaman :

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.