inspirasi

Ini Beda Kolase, Montase dan Mozaik dalam Seni Rupa

Penulis:   | 

Seni rupa selama ini dipahami sebagai cabang seni yang diungkapkan dan diciptakan secara visual dan dapat dirasakan menggunakan panca indera.

Lalu tahukah kamu tentang kolase, montase, dan mozaik sebagai bagian dari seni rupa?

Karya seni kolase, montase, dan mozaik merupakan seni rupa dua dimensi yang sering dijadikan hiasan atau pajangan untuk memperindah ruangan.

Baik kolase, montase maupun mozaik pada dasarnya sama-sama merupakan suatu jenis karya seni rupa yang dihasilkan dengan cara menempel dan menyusun sehingga sebuah kombinasi bentuk serta makna tertentu bisa terbentuk.

Tapi, ketiganya memiliki konsep teknik yang berbeda dengan jenis karya seni tempel lainnya.

Banyak yang masih sering tertukar penyebutan antara ketiganya dan sering disalah artikan. Nah berikut ini akan kita ulas perbedaannya.

Baca juga: 7 Kendaraan Tradisional Indonesia, Patut Dilestarikan

Kolase

Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik dalam Seni Rupa

(foto: belajarmewarnai)

Kolase sering dihubungkan dengan istilah kolase foto atau kolase bingkai foto. Padahal pengertian kolase itu sendiri mengarah pada penggunaan material yang berbeda yang digabungkan menjadi satu kesatuan bentuk yang harmonis.

Teknik membuat seni kolase adalah teknik seni tempel yang menggunakan berbagai macam bahan dasar berbeda.

Misalnya seperti menempelkan kertas, plastik, maupun kain pada satu permukaan pola sehingga membentuk sebuah karya seni yang unik.

Cara pembuatanya dengan menggunakkan bermacam-macam bahan, selama bahan dasar tersebut dapat dipadukan dengan bahan dasar lainnya yang menyatu menjadi karya yang utuh dan dapat merepresentasikan ungkapan perasaan estetis pembuatnya.

Seniman harus mampu memilliki, mencari dan menemukan bahan yang cocok untuk membuat karya seni rupa ini.

Montase

Perbedaan Kolase, Montase dan Mozaik dalam Seni Rupa

(foto: pinterest)

Potongan dari beberapa gambar jadi yang kemudian ditempel secara bersamaan sehingga membentuk gambar atau makna baru disebut montase.

Istilah montase kemudian lebih dikenal dengan montase foto (photomontage) karena lebih sering diaplikasikan untuk memodifikasi gambar, baik gambar analog maupun digital.

Namun, dalam sinematografi istilah montase adalah rangkaian gambar tidak bergerak.

Montase tidak boleh asal ditempel karena biasanya montase terbuat dari beberapa jenis kumpulan gambar yang memiliki tema yang sama kemudian disatukan menjadi gambar baru.

Tenik pembuatan karya montase biasanya menggunakan software digital atau pun merangkainya secara langsung tapi teknik yang diandalkan adalah teknik esposisi atau layering.

Halaman :

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.