doa

18 Hadits Tentang Wanita Beserta Artinya

Penulis:   | 

Hadits Tentang Wanita – Dahulu di zaman jahiliyah, wanita tak mendapatkan tempat layak di kehidupan sosial.

Wanita hanya dijadikan obyek dan tak segan-segan wanita dipandang sebelah mata dan dikucilkan. Namun hal itu perlahan berubah ketika Alquran datang, wanita dihargai dan ditinggikan derajatnya.

Tak hanya Alquran, hadits juga merekam bagaimana wanita memiliki hak sebagai manusia sama dengan pria.

Dalam berbagai macam hadits, wanita juga disebut berkali-kali dengan berbagai keistimewaan. Hal ini membuktikan bahhwa Islam memiliki tempat khusus untuk para wanita.

Diantara hadits tersebut, ini adalah beberapa hadits tentang wanita. Dimana wanita juga layak dihargai dan dihormati sebagai hamba Allah SWT.

Baca juga: 7 Hadits Tentang Jujur, Beserta Artinya

  Beserta Artinya

(foto: pexels/cottonbro)

1. “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang salihah.” (HR. Muslim).

2. “Datanglah seorang laki-laki kepada Rasulullah saw.. Laki-laki itu bernama Jahimah. Lalu laki-laki itu bertanya, “Wahai Rasulullah, aku ingin berperang, aku ingin meminta pendapatmu.”
Rasulullah pun bertanya kepadanya, “Apakah engkau punya ibu?” Laki-laki itu menjawab, “Iya.” Kemudian Rasulullah memberinya arahan, “Tetaplah bersama ibumu, karena surga ada di bawah kedua kakinya.” (HR. Imam Baihaqi)

3. “Dalam hadits disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, ‘Perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat.’”

4. Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda, “Aku memerintahkanmu untuk memperlakukan wanita dengan baik.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

5. “Paling baiknya kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku paling baik untuk keluargaku. Tidak memuliakan perempuan kecuali laki-laki yang mulia. Tidak menghinakan perempuan kecuali laki-laki hina.” (HR. Imam Hakim)

Hadist-hadist Tentang Wanita, Beserta Artinya

(foto: pexels/annashvets)

6. “Siapa saja wanita yang mengalami haid, maka sakitnya haid yang mereka alami akan menjadi kafarah (tebusan) bagi dosa–dosanya yang terdahulu.”

7. Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda, “Orang beriman yang paling lengkap imannya adalah yang memiliki karakter terbaik. Dan yang terbaik dari kalian adalah mereka yang terbaik untuk wanita mereka.” (HR At-Tirmidzi)

8. “Orang laki-laki mu’min tidak boleh benci pada perempuan mu’min. (Sebab) jika dia membenci suatu budi pekerti darinya, dia (pasti) menyukai budi pekerti yang lain.” (HR. Imam Muslim)

9. “Jika seorang wanita menunaikan salat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: ‘Masuklah ke dalam surga dari pintu mana pun yang kau mau.’” (HR. Ahmad).

10. Aishah meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda, “Wanita adalah bagian kembar dari pria.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Baca juga: 16 Hadits Tentang Sabar, Beserta Artinya

Hadist-hadist Tentang Wanita, Beserta Artinya

(foto: pexels/keiraburton)

11. “Janganlah engkau membenci anak perempuan. Karena sesungguhnya mereka adalah sumber bahagia yang mahal harganya.” (Imam Ahmad bin Hambal)

12. “Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah. Orang yang mati karena thaun, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, orang yang mati sakit perut, orang yang mati terbakar, orang yang mati karena tertimpa benda keras, dan wanita yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud 3111).

13. Abu Hurairah meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ya Allah, saya dengan tegas memperingatkan agar tidak melanggar hak-hak dua orang lemah, yakni anak yatim dan wanita.” (HR Ibn Majah dan Ahmad)

14. “Barang siapa yang menanggung nafkah tiga anak perempuan, lalu dia mendidik mereka, menikahkan mereka, dan baik kepada mereka, maka dia akan mendapatkan surga.” (HR. Imam Ahmad bin Hambal)

15. “Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku harus berbakti pertama kali?’. Rasulullah memberikan jawaban dengan ucapan ‘Ibumu’ sampai diulangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan ‘Ayahmu’.” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Hadist-hadist Tentang Wanita, Beserta Artinya

(foto: pexels/edykurnia)

16. “Tidak seorang pun dari umatku yang menanggung nafkah tiga anak perempuan atau tiga suadari perempuan, lalu dia memperlakukannya dengan baik kecuali mereka akan menjadi tameng baginya dari api neraka.” (HR. Imam Suyuthi)

17. Abu Hurairah meriwayatkan Nabi Muhammad SAW bersabda, “Orang yang beriman tidak boleh membenci wanita yang beriman (yaitu, istrinya); jika dia tidak menyukai salah satu sifatnya, dia akan senang dengan yang lain.” (HR Muslim)

18. Abdullah ibn Abbas meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika seseorang memiliki bayi perempuan dan tidak menguburkannya hidup-hidup atau merendahkannya atau lebih memilih anak laki-lakinya daripada dia, Allah akan membawanya ke surga.” (HR Ahmad disahkan oleh Al-Hakim, dinilai Hasan oleh Ahmad Shakir)

Kepedulian islam terhadap wanita tertuang tak banyak hadits termasuk  salah satu surat di Alquran. Untuk itu jangan minder ya sebagai wanita.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.