doa

Doa dan Amalan yang Bisa Dilakukan Setiap Hari Jumat

Penulis:   | 

Bagi umat Islam di dunia, hari Jumat adalah hari yang mulia. Bahkan hari Jumat disebut dengan rajanya hari karena banyak kemuliaan di hari tersebut.

Pada hari Jumat ini, Allah SWT membukakan pintu rahmat dan ampunan serta mengabulkan semua keinginan asalkan tidak membuat dosa atau memutus silaturahmi.

Untuk itu, hari Jumat adalah hari yang tepat bagi umat Islam untuk memperbanyak ibadah.

Bagi laki-laki wajib salat Jumat, serta buat semua umat bisa perbanyak sedekah, perbanyak salawat serta yang tak kalah penting adalah memanjatkan doa. Dimana banyak sekali macam doa dan amalan yang bisa dilakukan tepat pada hari Jumat.

Untuk itu catat ya beberapa amalan dan doa pada hari Jumat ini. Agar kehidupan dunia akhirat senantiasa mendapatkan rahmat, ampunan dan rezeki yang barokah.

Baca juga: Doa Memohon Kebaikan untuk Terhindar dari Keburukan

Keistimewaan Hari Jumat, Waktu Terkabulnya Doa dan Banyak Peristiwa penting

(foto: pixabay)

Doa Jumat pagi

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”

Bisa juga membaca doa menyambut pagi

مَرْحَبًا بِيَوْمِ الْمَزِيدِ وَالصُّبْحِ الْجَدِيدِ وَالْكَاتِبِ الشَّهِيدِ يَوْمُنَا هَذَا يَوْمُ عِيدٍ اكْتُبْ لَنَا فِيهِ مَا نَقُولُ : بِسْمِ اللَّهِ الْحَمِيدِ الْمَجِيدِ الرَّفِيعِ الْوَدُودِ الْفَعَّالِ فِي خَلْقِهِ مَا يرِيدُ أَصْبَحْتُ بِاللَّهِ مُؤْمِنًا وَبِلِقَاءِ اللَّهِ مُصَدِّقًا وَبِحُجَّتِهِ مُعْتَرِفًا وَمِنْ ذَنْبِي مُسْتَغْفِرًا وَلِرُبُوبِيَّةِ اللَّهِ خَاضِعًا وَلِسِوَى اللَّهِ جَاحِدًا وَإِلَى اللَّهِ تَعَالَى فَقِيرًا وَعَلَى اللَّهِ مُتَوَكَّلًا وَإِلَى اللَّهِ مُنِيبًا أُشْهِدُ اللَّهَ وَأُشْهِدُ مَلَائِكَتَهَ وَأَنْبِيَاءَهُ وَرُسُلَهُ وَحَمَلَةَ عَرْشِهِ وَمَنْ خَلَقَ وَمَنْ هُوَ خَالِقٌ بِأَنَّ اللَّهَ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ وَالنَّارَ حَقٌّ وَالْحَوْضَ حَقٌّ وَالشَّفَاعَةَ حَقٌّ وَمُنْكَرًا وَنَكِيرًا حَقٌّ وَلِقَاءَكَ حَقٌ وَوَعْدَكَ حَقٌ وَوَعِيدُكَ حَقٌّ وَالسَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ عَلَى ذَلِكَ أَحْيَا وَعَلَيْهِ أَمُوتُ وَعَلَيْهِ أُبْعَثُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Artinya: “Selamat datang hari bertambahnya kebaikan, pagi yang baru, dan pencatat yang bersaksi. Hari kami ini adalah hari raya, maka tulislah bagi kami apa yang kami ucapkan di dalamnya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Terpuji, Maha Agung, Maha Tinggi, Maha Sayang, Maha Berbuat terhadap apa yang Dia kehendaki atas makhluk-Nya. Aku masuk pagi dengan beriman kepada Allah, membenarkan perjumpaan dengan Allah, mengakui hujja-Nya, minta ampun dari dosaku, tunduk terhadap ketuhanan Allah, menyangkal kepada selain Allah, butuh kepada Allah, bertawakkal kepada Allah, kembali kepada Allah.

Aku mempersaksikan pada Allah, dan mempersaksikan pada malaikat-Nya, para nabi-Nya, para utusan-Nya, malaikat pemikul ‘Arasy-Nya, dan yang menciptakan bahwa tiada Tuhan kecuali Dia, tiada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, bahwa surga adalah benar, neraka adalah benar, telaga adalah benar, syafaat adalah benar, munkar dan nakir adalah benar, berjumpa dengan Engkau adalah benar, janji-Mu adalah benar, ancaman-Mu adalah benar, dan kiamat akan datang tanpa ada keraguan di dalamnya, dan Allah akan membangkitkan orang-orang yang ada dalam kuburan, atas semua itu aku hidup, aku mati, dan aku dibangkitkan, insyaallah.”

Amalan yang bisa dilakukan pada hari Jumat

Doa Salat Dhuha, Memohon Rezeki dari Semua Arah

(foto: pexels/monstera)

1. Membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas sebanyak 7 kali, memperbanyak salawat serta mengerjakan salat sunnah

 ويقرأ بعد الجمعة قبل أن يتكلم: الإخلاص والمعوذتين (سبعا سبعا). ويكثر من الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم سوم الجمعة وليلة الجمعة.ويصلى راتبة الجمعة التي بعدها في بيته لا في المسجد. وما ذا يفعل بعدها؟ ويمشى بعدها لزيارة أخ أو عيادة مريض أو حضور جنازة أو عقد نكاح 

Artinya: “Nabi SAW membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas usai shalat Jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak shalawat pada hari Jumat dan malamnya. Ia juga mengerjakan shalat sunah setelah shalat Jumat di rumahnya, tidak di masjid. Setelah itu apa yang dilakukan Nabi SAW? Beliau mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.”

2. Membaca surat al-kahfi

 من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

Artinya: “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya diantara 2 Jumat.”

3. Membaca surat Yasin

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Baca juga: Doa Melepas dan Memakai Baju, Ajarkan Pada Anak Sejak Dini Ya!

Doa dan amalan pada hari Jjumat bisa menjadi senjata andalan bagi umat islam. Bisa untuk mempertebal rasa keimanan dan mempertajam tawakkal.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.