inspirasi

10 Contoh Alat Musik Harmonis, dari Tradisional hingga Modern

Penulis:   | 

Ada banyak contoh alat musik harmonis, mulai dari tradisional hingga modern. Masing-masing dari alat music tersebut dimainkan dengan cara yang berbeda dan menghasilkan bunyi yang berbeda pula.

Sebelum memasuki penjelasan lebih lanjut mengenai contoh alat musik harmonis, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu alat music harmonis? Dan apa fungsinya?

Alat music harmonis merupakan alat music yang mampu menghasilkan nada sendiri sebanyak tiga atau lebih secara bersamaan. Adanya nada tersebut dapat menciptakan harmoni pada sebuah lagu yang dimainkan.

fungsi dari alat musik ini adalah untuk memperindah sebuah lagu dengan pengiring dari sebuah melodi serta music, yang biasa ditampilkan pada sebuah pertunjukan musik.

Alat music harmonis dibagi menjadi dua jenis, yakni alat music harmonis modern dan alat musik harmonis tradisional. Adapun penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: 9 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

1. Bonang

10 Contoh Alat Musik Harmonis, dari Tradisional hingga Modern

(foto: istockphoto)

Bonang merupakan alat musik tradisional yang masuk ke dalam golongan alat music harmonis.

Bentuk dari alat musik ini ialah hampir sama dengan gong jika dilihat secara sekilas. Bahan untuk pembuatan-nya pun juga sama, yakni dari bahan logam.

Alat musik yang berasal dari Jawa ini kerap dimainkan pada saat pagelar-an gamelan Jawa. Cara memainkan nya hampir sama dengan gong, yakni dipukul dengan menggunakan tongkat yang dililit dengan kain di bagian ujung yang akan dipukul kan.

2. Gambus

10 Contoh Alat Musik Harmonis, dari Tradisional hingga Modern

(foto: highlight)

Gambus merupakan salah satu alat musik tradisional yang didapatkan dari hasil adaptasi musik dari Arab yang berdana Al’ud.

Alat musik yang berasal dari Riau ini memiliki cara main yakni dengan dipetik. Pada awal kemunculan nya, gambus hanya dimainkan oleh nelayan saja sebagai penghibur saat mencari ikan di tengah lautan.

Akan tetapi, seiring berkembangnya jaman, penggunaan gambus sudah meluas hingga berbagai kalangan.

3. Celempung

10 Contoh Alat Musik Harmonis, dari Tradisional hingga Modern

(foto: orbitmetro)

Sama seperti bonang, celempung juga merupakan alat musik tradisional yang kerap dimainkan pada saat acara pertunjukan gamelan.

Celempung memiliki senar sebanyak 11 buah yang semuanya dapat menghasilkan nada yang indah. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipetik.

alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat ini terbuat dari bahan bambu yang dipotong menggunakan pisau khusus. Untuk menambah nilai seni yang tinggi, terkadang celempung diukir sedemikian rupa.

Biasanya, celempung dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya, seperti kecapi, kerinding, dan angklung.

4. Angklung

10 Contoh Alat Musik Harmonis, dari Tradisional hingga Modern

(foto: istockphoto)

Selain celempung, angklung juga merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Bahan utama dalam pembuatan nya adalah bambu yang dipotong-potong.

Angklung juga termasuk ke dalam alat musik harmonis. Namun, pada dasarnya, alat musik ini hanya menghasilkan satu nada saja, sehingga tidak masuk ke dalam alat musik harmonis,

Akan tetapi, pada saat dimainkan secara bersamaan, angklung dapat menghasilkan nada yang berbeda sehingga mampu membentuk sebuah harmoni yang indah.

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang cukup terkenal, bahkan hingga ke luar negeri. Oleh sebab itu, sebagai generasi selanjutnya kita harus senantiasa melestarikannya agar tidak diakui oleh negara lain.

5. Kecapi

10 Contoh Alat Musik Harmonis, dari Tradisional hingga Modern

(foto: istockphoto)

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipetik.

Alat musik kecapi memiliki 5 tangga nada yang biasa disebut dengan pentasionis. Ke-lima tangga nada tersebut antara lain Da, Mi, Na, Ti, La.

Dalam memainkan nya, kecapi biasa dimainkan bersamaan dengan seruling dalam sebuah pertunjukan.

Baca juga: Sejarah Podcast, Konten Audio yang Digemari Anak Muda

6. Gitar

10 Contoh Alat Musik Harmonis, dari Tradisional hingga Modern

(foto: istockphoto)

Gitar merupakan alat music yang kerap dijumpai dengan mudah. Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini memiliki senar yang berjumlah 6 buah dengan nada yang dihasilkan cukup indah. Gitar masuk ke dalam golongan alat musik harmonis modern.

Dahulu, gitar memiliki wujud berbeda dari sekarang, yakni hanya memiliki sedikit senar. Ada dua jenis gitar, yakni gitar akustik dan gitar elektrik.

Gitar akustik merupakan jenis gitar yang bisa dipetik langsung tanpa ada tambahan alat untuk mengeluarkan bunyi nada.

Sementara, gitar elektrik dimainkan dengan cara memasang kan jack output ke Amplifier sehingga bisa menghasilkan nada dan suara yang berbeda.

Gitar biasanya digunakan dalam berbagai genre music, seperti metal, jazz, reggae, dan lain sebagainya. Namun, salah satu music yang paling identik dengan alat musik ini adalah musik pop.

7. Piano

10 Contoh Alat Musik Harmonis, dari Tradisional hingga Modern

(foto: istockphoto)

Piano merupakan alat musik modern yang terdiri dari papan suara berwarna hitam dan putih. Berdasarkan sumber bunyinya, alat musik ini masuk ke dalam golongan alat musik dipukul.

Piano pertama kali ditemukan oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1700. Oleh sebab itu, alat musik ini dianggap sebagai evolusi sitar.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa piano merupakan alat musik dipukul, sehingga dikatakan sebagai instrumen pertama yang memiliki sistem palu untuk suara yang lembut dan kuat.

8. Keyboard

Keyboard

(foto: istockphoto)

Keyboard merupakan alat music yang cara memainkan nya sama seperti piano. Hanya saja, bentuknya lebih kecil sehingga sangat cocok untuk pecinta music yang sering berpindah tempat karena cukup mudah untuk dibawa dan juga lebih praktis.

Sementara, piano memiliki ukuran sangat besar sehingga tidak memungkinkan untuk membawanya kemana-mana tanpa bantuan alat angkut.

Keyboard terdiri dari style, speaker, voice, parameter monitor, pitch, monulation, potensiometer volume, dan tombol multi track.

Tidak hanya dari segi ukuran, terdapat perbedaan lainnya antara piano dan keyboard, yakni keyboard membutuhkan energi listrik agar bisa mengeluarkan bunyi yang nantinya dapat diatur untuk diperbesar maupun diperkecil, sementara piano tidak memerlukan energi listrik.

9. Harpa

Harpa

(foto: istockphoto)

Harpa merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, sama seperti gitar. Bedanya, harpa dimainkan dengan cara berdiri.

Harpa memiliki ukuran yang cukup besar dan tinggi dengan warna emas sebagai warna umum. Jika gitar hanya memiliki 6 senar, berbeda dengan harpa yang memiliki lebih banyak senar.

Alat musik ini biasanya dimainkan dalam acara orkestra sebab dapat menghasilkan nada dan melodi yang cukup indah.

Dalam memainkan harpa, pemain bisa menggunakan jari tangan untuk memetik nya. Namun, ada pula pemain yang memainkan nya dengan cara dipetik menggunakan jari tangan dan kaki.

Terdapat tiga bagian utama pada alat musik harmonis modern ini, diantaranya papan suara, leher, dan senar.

10. Cello

Cello

(foto: istockphoto)

Cello merupakan alat musik yang mampu menghasilkan music klasik. Bagi kamu pecinta musik klasik, kamu pasti cukup mengenal alat musik ini.

Cello memiliki bentuk hampir sama dengan biola, namun ukurannya jauh berbeda. Alat musik ini memiliki ukuran cukup besar, sementara biola kecil dan bisa diletakkan diantara bahu dan lengan.

Untuk mendengarkan alat music ini secara langsung, kamu bisa menonton pertunjukan atau konser music klasik.

Akan tetapi, kini cello kerap digunakan untuk mengiringi Genre music lainnya seperti metal, pop, rok, dan masih banyak lainnya.

Akhir kata

Itulah 10 contoh alat musik harmonis yang kerap digunakan untuk menghasilkan nada yang indah pada sebuah lagu. Tidak ada salahnya untuk belajar memainkan nya, terutama pada alat music harmonis tradisional.

Tujuannya adalah agar alat musik tersebut dapat lestari dan pastinya tidak diakui oleh negara lain.

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.