inspirasi

Annyeonghaseyo, 9 Versi Ucapan Salam & Sapaan dalam Bahasa Korea

Penulis:   | 

Kalimat sapaan sangat penting untuk dipelajari apalagi untuk orang yang harus dan sering bepergian ke luar negeri. Sapaan menjadi kalimat dasar untuk berkomunikasi dengan orang lain, tak terkecuali dengan negara Korea.

Di negara gingseng tersebut juga memiliki kalimat sapaan yang ternyata tak terpaku dengan waktu seperti selamat malam, pagi atau sore.

Di negara ini, kalimat sapaan digunakan tergantung siapa lawan bicara serta situasi. Misalnya kepada orang tua kalimat sapaan halo akan berbeda kepada adik atau teman sebaya.

Termasuk mengatakan halo di telepon akan berbeda dibandingkan dengan mengatakan halo secara langsung.

Untuk itu, ada baiknya mengetahui 9 versi ucapan salam untuk menyapa seseorang dalam bahasa Korea yang sederhana tapi sangat penting ini. Hal ini dilakukan agar tercipta komunikasi yang baik dan sopan.

Baca juga: 3 Cara Memainkan Akor Bm Gitar, Gak Susah Kok

1. “안녕하세요“ (an-nyeong-ha-se-yo)

9 Versi Ucapan Halo Dalam Bahasa Korea

(foto: pexels/ketutsubiyanto)

Kalimat “안녕하세요“ (an-nyeong-ha-se-yo) termasuk kata formal yang digunakan untuk beberapa keadaan. Kalimat ini digunakan orang dewasa untuk menyapa orang yang belum dikenal.

Selain itu, bisa digunakan di kantor sebagai bentuk formalitas walaupun sudah kenal dekat. Serta bentuk penghormatan kepada dari anak-anak ke orang dewasa.

2. “안녕“ (an-nyeong)

9 Versi Ucapan Halo Dalam Bahasa Korea

(foto: pinterest)

Kata “안녕“ (an-nyeong) merupakan singkatan dari kata “안녕하세요“ (an-nyeong-ha-se-yo). Kata ini biasa digunakan oleh sesama anak-anak atau sesama anggota keluarga.

Walaupun orang dewasa jarang menggunakan kalimat sapaan ini, tapi kerap dipakai untuk menyapa anak-anak.

Orang dewasa dengan usia diatas 30 tahun tak lazim memakai “안녕“ (an-nyeong) sebagai sapaan kecuali seorang wanita kepada teman wanitanya.

3. Kalimat sapaan yang dipakai oleh pria

9 Versi Ucapan Halo Dalam Bahasa Korea

(foto: pexels/budgeronbach)

Pria dewasa tak lazim menyapa dengan kata “안녕“ (an-nyeong) yang biasa dipakai anak-anak atau wanita.

Ada beberapa kalimat yang dipakai, diantaranya ”반갑다!” (bang-gap-ta) yang artinya senang bertemu denganmu, ”잘 지냈어?” (jal ji-nae-sseo) yang artinya apa kabar, ”오랜만이야” (o-raen-man-ni-ya) artinya lama tak berjumpa atau ”얼굴 보니까 좋다” (eol-gul bo-ni-kka jo-ta) yang artinya senang melihat wajahmu.

4. “안녕하십니까“ (an-nyeong-ha-shim-mi-ka)

Annyeonghaseyo, 9 Versi Ucapan Salam & Sapaan dalam Bahasa Korea

(foto: pexels/pixabay)

Berbeda lagi sapaan dalam konteks bisnis yang menggunakan “안녕하십니까“ (an-nyeong-ha-shim-mi-ka).

Kalimat sapaan ini digunakan sebagai bentuk penghormatan dalam hal bisnis. Saat naik pesawat terbang akan sering terdengar nih atau saat kamu berkunjung ke tempat-tempat mewah.

5. Etika menyapa dengan membungkuk

Annyeonghaseyo, 9 Versi Ucapan Salam & Sapaan dalam Bahasa Korea

(foto: toughtco)

Selain kata-kata, etika saat menyapa juga harus diperhatikan. Lazimnya di Korea akan membungkuk saat menyapa orang lain, namun jangan membungkuk sembarangan ya.

Untuk sapaan formal membungkuk sebesar 45 derajat, sedangkan kepada orang yang dikenal cukup 15-30 derajat. Jika lawan bicara lebih tua dan jabatan lebih tinggi maka bungkuk akan semakin dalam.

Selain itu yang harus diperhatikan lagi jangan melakukan kontak mata ya karena pertanda tidak sopan.

Baca juga: Harus Diketahui, 5 Hal Saat Mengucapkan “Halo” dalam Bahasa Korea

6. “여보세요“ (yeo-bo-se-yo)

5 Hal yang Harus Diketahui Saat Mengucapkan "Halo" dalam Bahasa Korea

(foto: bangkokpost)

Beda lagi saat menerima telepon, gunakan “여보세요“ (yeo-bo-se-yo) ya. Kata ini khusus digunakan untuk menjawab telepon dimana karta’yo’ pada kalimat tersebut berupa kesopanan.

Namun jika kalimat ini digunakan secara langsung akan dipandang tidak sopan jadi jangan kebalik ya.

7. “좋은 아침“ (jo-eun a-chim)

9 Versi Ucapan Sapaan di K-Drama

(foto: pexels/zenchung)

Seperti dalam prolog, sapaan dalam bahasa Korea tidak tergantung dengan waktu namun jika pagi hari bisa menggunakan “좋은 아침“ (jo-eun a-chim).

Walaupun jarang digunakan, kata ini kerap digunakan untuk seseorang yang sudah saling kenal satu sama lain. Jadi jangan gunakan untuk acara formal ya.

8. “만나서 반갑습니다“ (man-na-seo bang-gap-seum-mi-da)

9 Versi Ucapan Sapaan di K-Drama

(foto: planetdepos)

Kalau “만나서 반갑습니다“ (man-na-seo bang-gap-seum-mi-da) digunakan dalam bentuk formal yang artinya senang bertemu denganmu.

Untuk penggunaannya sesudah diperkenalkan kepada seseorang yang baru dan memiliki jabatan lebih berwenang. Penggunaannya disertai dengan membungkuk ya.

9. “만나서 반가워요” (man-na-seo bang-ga-wo-yo)

9 Versi Ucapan Sapaan di K-Drama

(foto: pexels/fauxels)

Kalau sebelumnya kepada orang yang lebih tua atau lebih tinggi jabatannya, lain halnya dengan “만나서 반가워요” (man-na-seo bang-ga-wo-yo).

Kata ini digunakan dalam situasi profesional kepada orang yang lebih muda atau sebaya. Kata ini bermakna senang bertemu denganmu.

Itu adalah beberapa versi ucapan untuk menyapa dalam bahasa Korea yang bisa diucapkan tergantung dengan situasi dan lawan bicara yang dihadapi. Jangan bingung lagi ya, gunakan dengan tepat agar tidak timbul salah sangka. 

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.