hiburan

Inilah 7 Anime Indonesia Karya Animator Lokal, Tak Melulu Jepang

Penulis:   | 

Anime Indonesia  – Buat kamu para pecinta anime, pastinya sudah akrab dengan berbagai anime dari Jepang. Seperti Naruto, Detektif Conan, One Piece hingga Attack of Titan. Beberapa anime terkenal ini sudah memiliki penggemarnya masing-masing.

Nyatanya anime tak hanya dari Jepang saja. Indonesia pun juga memiliki sederet karya animasi yang tak kalah dari negeri sakura itu.

Jika kamu biasa menonton anime dari Jepang, inilah saatnya berkenalan dengan anime dari Indonesia. Mungkin salah satunya bisa jadi favoritmu.

Baca juga: Urutan Nonton Tokyo Ghoul, Biar Lebih Paham Ceritanya

1. PaperPlane

Tak Melulu Jepang, Inilah Deretan Anime Karya Kreator Indonesia

(foto: youtube)

Jika kamu suka dengan genre drama, anime ini bisa kamu masukkan ke watchlist-mu. PaperPlane merupakan animasi dengan latar kota Solo.

Rilis tahun 2015, anime ini bercerita tentang gaya hidup masyarakat masa kini yang seputar teknologi dan gadget.

PaperPlane dibuat oleh Aji Nugroho dan untuk ceritanya ditulis oleh Bhyan Apriliyan.

2. CHANGE!

Tak Melulu Jepang, Inilah Deretan Anime Karya Kreator Indonesia

(foto: bedaunik.com)

Anime ini menceritakan tentang kisah seorang karyawan minimarket BetaMart, Aditya Dika. Selain Aditya Dika, serial ini juga menampilkan karakter lainnya yaitu Suci Aisyah dan Bani. CHANGE! Diproduksi oleh Mi Motion dan sudah tayang di youtube.

Anime ini rilis tahun 2014 lalu. Tampilan grafisnya tak kalah bagus dengan anime lain namun karena beberapa kendala, anime ini belum dilanjutkan ceritanya.

3. PDKT Animation

Tak Melulu Jepang, Inilah Deretan Anime Karya Kreator Indonesia

(foto: goodnewsfromindonesia)

PDKT Animation menjadi salah satu anime buatan anak bangsa ini ternyata sudah dilirik beberapa studio luar negeri loh. Salah satunya studio asal Amerika, Eternality Studio, yang tertarik untuk bekerjasama.

Serial ini memiliki genre romance yang meneritakan kisah antara Derry dan Bella yang baru saja pacaran selama 2 minggu.

Namun sayangnya Derry adalah playboy yang kerap mempermainkan perasaan pacarnya. Anime ini tayang pada 2015 lalu dan dibuat oleh kreator asal Bekasi, NuLi.

4. Angel Dives

(foto: imdb)

Tidak hanya CHANGE!, Mi Motion ternyata juga pernah menggarap anime lainnya yaitu Angel Dives. Anime ini menceritakan soal banyaknya manusia yang memiliki penyakit hati hingga akhirnya berubah menjadi sosok Arogym.

Arogym adalah monster yang dikuasai hawa nafsu dan berakibat membawa kehancuran dan membantai umat manusia. Anime ini dirilis tahun 2017.

Sosok yang bisa menghentikan Arogym adalah Angel Dives yang memiliki kekuatan malaikat.

Kisah Angel Dives yang berusha menghentikan Arogym inilah yang menjadi fokus dalam anime ini. Namun sama seperti CHANGE!, Mi Motion juga belum melanjutkan serial ini.

Baca juga: 10 Artis Jepang yang Cantik, Populer, dan Berbakat

5. Tikam Samurai

Tak Melulu Jepang, Inilah Deretan Anime Karya Kreator Indonesia

(foto: youtube)

Tikam Samurai merupakan film pendek yang menceritakan kisah pemuda bernama Bungsu yang menjual negaranya untuk mendapatkan uang agar bisa berjudi.

Suatu hari segerombolan penjajah Jepang datang dan membunuh semua anggota keluarganya menggunakan pedang katana. Tikam Samurai dirilis pada tahun 2011.

Sebelum mati, sang ibu berpesan pada Bungsu agar tak lagi berkhianat dan berhenti berjudi. Tikam Samurai juga mengambil latar di Minang saat penjajahan Jepang.

Cerita film pendek animasi ini sendiri juga diadaptasi dari novel karya Makmur Hendrik yang berjudul sama. Tikam Samurai dibuat oleh Radhian Rahim, Lilik Sumantoro, M Assarudin dan kawan-kawan.

6. Sekotak Harapan

Sekotak Harapan

(foto: tribun pontianak)

Ini adalah anime pendek yang menceritakan kisah seorang siswa untuk menggapai cita-citanya. Anime ini merupakan karya mahasiswa Politeknik Negri Pontianak yang tergabung dalam klub aniasi Potion Animation. Sekotak Harapan rilis pada tahun 2018 lalu.

7. Vatalla – Sang Pelindung

Vatalla – Sang Pelindung

(foto: youtube)

Vatalla merupakan serial anime karya studio Kampoong Monster yang menceritakan kisah lima remaja, Vinetta, Jaka, Arya, Fionna, Yudha dan seekor anjing Siberian Husky bernama Wolfie.

Mereka tergabung dalam band ALIENS FIVE. Vatalla rilis tahun 2016 lalu.

Mereka menemukan keris purba yang di dalamnya bersemayan 5 roh gunung api yang menjaga sebuah legenda purba.

Legenda itu menceritakan kisah dunia bernama Cyodyayalla yang sedang dilanda kehancuran. Demi menyelamatkan dunia tersebut, mereka terlibat dalam petualangan berbahaya.

Melibatkan 6 studio animasi berpengalaman, animator, illustrator, musisi, sineas, designer, dan profesi lainnya, anime Vatalla sukses ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta di Indonesia lho.

Nah, itu tadi 7 anime Indonesia karya para animator lokal. Kamu sudah nonton yang mana nih!

TULIS KOMENTAR

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.