. 5 Fakta Seputar Hari Valentine yang Wajib Kamu Ketahui | Dailysia

inspirasi

5 Fakta Seputar Hari Valentine yang Wajib Kamu Ketahui

By  | 

Menapaki bulan februari, sudah seharusnya kamu punya persiapan istimewa untuk menyambut hari-hari istimewa yang ada di bulan ini.

Salah satu hari istimewa yang paling umum diketahui bahkan ditunggu-tunggu oleh seluruh orang di dunia adalah Hari Valentine.

Hari Valentine adalah festival dimana seluruh orang di dunia melambangkannya sebagai hari penuh kasih sayang.

Festival yang dilaksanakan pada tanggal 14 Februari ini kerap dilakukan oleh seluruh orang bersama orang yang dicintai dengan saling mengungkapkan perasaan, memberikan hadiah atau bahkan pergi merayakannya bersama yang melambangkan kasih sayang di antara keduanya.

Hal tersebut tentu saja dinantikan oleh seluruh orang dimana momen spesial ini hanya terjadi sekali setiap tahunnya. Namun, siapa sangka jika dibalik hari spesial tersebut terdapat sejumlah fakta tentang kehadiran hari kasih sayang ini.

Berikut ini adalah lima fakta Valentine yang wajib kamu ketahui.

Baca juga: Layaknya Kota Mati, 10 Potret Suasana Kota Shanghai Pasca Wabah Corona

1. Terbentuk akibat festival lupercalia

5 Fakta Seputar Hari Valentine yang Wajib Kamu Ketahui

(foto: pexels)

Festival Valentine tidak berbeda dengan festival lainnya, selalu ada sejarah yang mengawali terjadinya suatu peristiwa menjadi sebuah festival rutin yang dirayakan oleh masyarakat.

Hari Valentine dianggap terjadi akibat beberapa peristiwa, peristiwa pertama yaitu muncul dari masyarakat Romawi Kuno yang kerap melaksanakan pemujaan kepada Dewi Juno sebagai Dewi Pernikahan.

Pemujaan tersebut dinamakan dengan Festival Lupercalia yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dari roh jahat dan juga meningkatkan kesuburan.

Festival Lupercalia dilakukan dengan cara yang cukup aneh dan bernilai tidak bermoral dimana terdapat penyiksaan dan pergaulan bebas dalam perayaannya. Namun, pada masa ini festival tersebut sudah tidak diberlakukan lagi.

2. Dianggap sebagai hari penghormatan seorang uskup Romawi

5 Fakta Seputar Hari Valentine yang Wajib Kamu Ketahui

(foto: pexels)

Peristiwa selanjutnya yang menjadi anggapan terjadinya hari Valentine adalah kematian dari Uskup di Romawi Kuno bernama Santo Valentino. Kematian tersebut disebabkan oleh pernikahan para pemuda – pemudi yang dilakukan oleh Santo Valentino.

Pada masa itu, pernikahan atas kaum pemuda dilarang sebab dapat mengganggu tingkat loyalitas yang dimiliki oleh para pemuda tersebut dimana membuat mereka tidak akan bergabung dan fokus pada pasukan tentara.

Sebab dari kematian Santo Valentino yang terjadi pada tanggal 14 Februari membuat anggapan bahwa Hari Valentine juga dirayakan sebagai sosok penghormatan tokoh tersebut.

Baca juga: 10 Hewan Langka di Dunia yang Hampir Punah, Ada dari Indonesia

3. Cokelat sebagai snack favorite hari Valentine

5 Fakta Seputar Hari Valentine yang Wajib Kamu Ketahui

(foto: pexels)

Tema kasih sayang yang dihadirkan dari Festival Valentine tersebut tidak akan sempurna tanpa kehadiran cokelat.

Cokelat yang merupakan makanan manis populer di dunia ini hadir menjadi simbol snack Valentine berkat Richard Cadbury yang merupakan bapak pendiri perusahaan cokelat yang tidak asing lagi di telinga kita semua yaitu Cadbury.

Penemuan ini dimulai akibat Festival Valentine yang sudah berkembang di Inggris pada abad ke-18 dan membuat orang-orang saling tertukar kado berupa makanan, bunga, atau benda – benda lainnya.

Hal ini menjadi kesempatan bisnis bagi Cadbury untuk mendirikan bisnis cokelat yang dibungkus dengan dekorasi unik bertema Valentine sehingga sangat laku di pasaran. Hal tersebutlah yang mendasari beredarnya cokelat – cokelat dengan bungkus menarik untuk hadiah Valentine.

4. Mawar merah sebagai hadiah kasih sayang

5 Fakta Seputar Hari Valentine yang Wajib Kamu Ketahui

(foto: pexels)

Selain dari cokelat yang menjadi pelengkap Hari Valentine, tentunya terdapat komponen lain yang melengkapi keistimewaan festival ini yaitu mawar merah (red rose). Mawar merah menjadi hadiah populer yang diberikan pria kepada wanita pada saat merayakan festival ini.

Penyebab dari hal ini timbul dari pria asal Swedia bernama Charles II yang mengungkapkan bahwa bunga dapat melambangkan kasih sayang atau pesan dari hati yang tersirat. Hal ini tentunya diterima oleh masyarakat dan menjadikan tanaman tersebut sebagai hadiah Valentine.

5. Kehadiran kartu Valentine

5 Fakta Seputar Hari Valentine yang Wajib Kamu Ketahui

(foto: pexels)

Cokelat dan mawar merah merupakan hadiah yang tepat untuk kamu persembahkan kepada orang tercinta, tetapi jangan lupa pula sertakan kartu Valentine sebagai pemanis dan kenangan indah untuk disimpan. K

ehadiran kartu Valentine di awali dari surat seorang tawanan Inggris kepada isterinya. Surat tersebut berisikan puisi yang bertemakan cinta dari tawanan bernama Charles kepada isterinya. Surat tersebut bahkan dijadikan koleksi di sebuah perpustakaan London.

Dibalik fakta-fakta tersebut, tentunya Valentine tetap menjadi perayaan menarik untuk dilakukan. Nah, Apakah kamu tertarik untuk merayakan Hari Valentine dengan pasanganmu? Jika tertarik, kado apa yang akan kamu berikan?