kuliner

10 Variasi Sandwich yang Bikin Ngiler, Gak Cuma Ham dan Keju

Penulis:   | 

Sandwich bukanlah makanan asing baik di luar negeri maupun di Indonesia. Sejenis roti lapis ini kerap dijadikan menu untuk sarapan karena cara membuatnya simpel dan mudah.

Tak hanya sarapan, roti ini juga kadang hadir sebagai camilan santai saat sore hari sambil minum kopi.

Sandwich sendiri diartikan sebagai makanan yang terdiri dari sayuran, daging yang diapit oleh dua buah roti. Untuk isiannya pada umumnya ada ham daging, keju, dan sayuran.

Namun ada juga aneka sandwich lainnya yang tak hanya berisi ham atau keju. Ada yang mencampurkan salmon di dalamnya.

Variasi sandwich ini bisa banget dibuat sendiri di rumah. Kamu bisa meniru salah satu variasi di bawah ini yang sesuai dengan seleramu.

Baca juga: Asal Usul Cuka, Beragam Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Isian babi panggang ala China populer juga di Vietnam. Untuk sayurannya tambahkan ketimun segar serta kemangi untuk aromatik

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

2. Tiram goreng dengan pelengkap sayur kale dan saus tar tar pasti menggoda selera. Biar cepat tiram gorengnya beli aja ya

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

3. Tampak tebal dan menggiurkan, isian dari roti lapis ini adalah tiram goreng. Untuk pelengkapnya ada mentega, saus pedas, lemon, tomat serta selada

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

4. Rasa unik khas Denmark dengan campuran buat bit yang dipotong seperti potato wedges dan bawang merah. Jangan lupa tarragon mayones sebagai pelangkap

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

5. Sehat dan simpel yang cocok untuk anak kos. Roti lapis tomat yang ditambah dengan mayones serta perasa garam dan lada

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

6. Roti ini hanya menggunakan 3 jenis isian, tapi memiliki rasa yang mengejutkan. Susunan keju pecorino, peterseli, dan ikan asin

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

7. Dengan menggunakan roti gandum hitam, isian roti ini adalah kubis fermentasi ala Jerman disebut sauerkraut, kornet serta keju swiss

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

8. Mirip dengan nugget, roti lapis isi keju mozzarella ini digoreng dengan tepung panir terlebih dahulu. Agar keju meleleh sebelum disajikan

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

9. Walaupun nampak seperti roti lapis klasik, tapi memberikan cita rasa kepiting kulit lunak bisa menambah rasa. Beri selada dan kubis serta saus tartar sebagai pelengkap

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

10. Cocok untuk vegetarian nih. Ubi jalar yang dipanggang dengan pelengkap raja salsa yang nikmat

Gak Cuma Ham dan Keju, 10 Campuran Sandwich yang Bikin Ngiler

(foto: saveur)

Baca juga: 10 Makanan Enak yang Ternyata Terbuat dari Kesalahan

Itu adalah 10 macam isian sandwich, selain daging ataupun keju. Bisa diisi dengan kepiting, sayuran, bahkan ubi sebagai pelengkap yang tak kalah enak dibanding daging dan keju.