kuliner

Beda Cake Emulsifier: TBM, SP, dan Ovalet untuk Adonan Kue

Penulis:   | 

Apakah kamu suka makan kue atau cake yang manis? Mungkin kamu juga punya hobi untuk membuat kue sendiri di rumah? Ketika membuat kue, di dalam resepnya mungkin akan menyebut beberapa bahan pengembang.

Selain pengembang, ada lagi bahan yang disebut pengemulsi kue (cake emulsifier) untuk menyatukan air dan minyak pada adonan agar lebih halus dan lembut.

Pengemulsi yang umum di pasaran adalah TBM, SP, dan Ovalet. TBM, SP, dan Ovalet memang ketiganya sama-sama bertekstrur seperti jeli yang berwarna kuning. Lalu apa saja perbedaan di antara ketiganya? Yuk cari tahu dulu di sini.

Baca juga: Favorit Anak Muda, 10 Menu Starbucks yang Banyak Dipesan

TBM

Beda Cake Emulsifier: TBM, SP, dan Ovalett untuk Adonan Kue

(foto: freepik)

TBM pada umumnya dipakai untuk menghaluskan atau menjaga tekstur adonan supaya tidak akan pecah ketika ditambahkan tepung ke dalam adonan.

TBM memiliki komposisi yang mirip Ovalet tapi, lebih kadarnya lebih tinggi dibanding dengan Ovalet. Adonan yang sudah bercampur gula dan mentega yang, dikocok dengan telur sampai mengembang kemudian ditambahkan Ovalet.

Untuk menggunakannya dalam adonan, cukup satu sendok teh per lima butir telur. Contoh kue yang cocok untuk ditambah SP pada adonannya adalah kue lapis dan bolu kukus.

SP

Beda Cake Emulsifier: TBM, SP, dan Ovalett untuk Adonan Kue

(foto: tokopedia)

SP pada umumnya bisa ditambah ke adonan dengan telur yang harus dikocok sampai mengembang dan juga kaku. SP punya fungsi untuk menyatukan adonan supaya tidak gampang turun setelah mengembang.

Kandungan SP adalah gula ester atau ryoto ester seperti palmitic, sterat, dan oleic. SP sering dipakai untuk membuat berbagai macam kue dengan teksturnya yang cenderung kering.

SP bisa ditambahkan pada adonan yang sudah bercampur mentega, gula, dan telur. Contoh kue yang cocok untuk ditambah SP pada adonannya adalah donat, cake, dan bolu panggang.

Baca juga: 10 Kreasi Hiasan Tumpeng yang Cantik, Jadi Gak Tega Dimakan

Ovalet

Beda Cake Emulsifier: TBM, SP, dan Ovalett untuk Adonan Kue

(foto: instagram/altitudenood)

Pada dasarnya, Ovalet punya komposisi atau kandungan bahan yang hampir sama seperti TBM, tapi tidak lebih kompleks dari TBM.

Kegunaannya justru hampir sama dengan SP supaya adonan tidak mudah turun atau menyusut setelah mengembang. Kamu boleh memakai Ovalet jika tidak ada TBM pada berbagai resep kue.

Ovalet bisa menghasilkan tekstur kue yang lembut dan cenderung basah, seperti pada kue lapis. Ovalet memiliki kandungan monogliserida dan digliserida yang sudah campur dengan kandungan lemak hewani.

Sebaiknya untuk yang muslim bisa lebih teliti dengan ada tidaknya sertifikasi halal di kemasan Ovalet.

Ketiganya bersifat menyempurnakan adonan kue, namun TBM, SP, dan Ovalet berbeda

Beda Cake Emulsifier: TBM, SP, dan Ovalett untuk Adonan Kue

(foto: pixabay)

Beberapa orang yang masih pemula akan bertanya, apakah TBM, SP, dan Ovalet bisa menggantikan backing powder?

Kita perlu ingat kembali fungsi emulsifier adalah meratakan adonan sehingga lebih lembut, tidak terlalu encer, tidak terlalu padat, dan tidak berubah karena kondisi lingkungan.

Ketiganya bersifat pelengkap atau penyempurna, sehingga boleh saja jika tidak dipakai. Sedangkan baking powder fungsinya menjadikan adonan kue lebih mengembang.

Yang pasti, pemakaian TBM, SP, dan Ovalet memiliki perbedaan. TBM digunakan sebagai emulsifier pada beberapa jenis kue basah.

Kandungannya mirip Ovalet tapi komposisinya lebih kompleks. SP digunakan untuk membuat kue yang bertekstur kering seperti bolu panggang, donat, dan cake.

Fungsinya untuk menyatukan adonan supaya tidak gampang turun atau menyusut setelah mengembang.

Untuk Ovalet, sebenarnya ada kemiripan komposisi dengan TBM, tapi kadarnya tidak lebih kompleks dari TBM. Ovalet juga biasa dipakai untuk kue basah seperti kue lapis dan bolu kukus.

Setelah mengetahui ketiganya, tentunya kue yang dibuat akan lebih aman dari risiko kegagalan. Di antara bahan cake emulsifier TBM, SP, dan Ovalet, mana yang sudah pernah kamu pakai?